Penyebab Sakit Migrain dan Cara Mengatasinya

Herbal TV – Sakit kepala migrain banyak kita jumpai pada banyak kalangan. Migrain sendiri merupakan jenis sakit kepala berdenyut yang cukup menyakitkan. Penyakit ini biasanya hanya menyerang sebagian sisi kepala saja. Adapun penyebab sakit migrain ini bermacam-macam mulai dari kondisi psikologis, kondisi hormon, lingkungan dan lain sebagainya. Penyakit migrain diderita oleh kebanyakan kaum perempuan. Penyakit ini akan cukup mengganggu aktivitas sehari-hari anda.

penyebab sakit migrain

Gejala-Gejala Migrain

Sakit kepala migrain sendiri memiliki gejala-gejala yang khusus seperti sakit yang berdenyut-denyut, biasa terjadi pada sebelah kepala dan membuat penderita kesulitan mengerjakan pekerjaannya sehari-hari. Penyakit sakit kepala yang terasa pada migrain dapat menyebar sampai ke mata, bagian dahi bahkan dapat menyerang bagian pelipis penderta. Migrain juga dapat menyebabkan gangguan penglihatan, mual-mual serta muntah.

Penyakit kepala migrain terbagi menjadi beberapa kategori yaitu migrain dengan aura dan migrain tanpa aura. Migrain dengan aura disebut juga dengan migrain klasik merupakan penyakit migrain yang diawali dengan gejala-gejala seperti adanya gangguan penglihatan. Gangguan penglihatan dapat berupa munculnya cahaya kilat maupun pandangan kabur dan bergelombang. Gejala ini biasanya muncul sekitar satu jam sebelum penderita mengalami sakit kepala berdenyut. Ada sekitar 20% penderita migrain yang disertai dengan aura. Selain itu, adapula penderita migrain yang tidak disertai dengan aura atau gejala-gejala. Bahkan ada juga yang hanya mengalami aura migrain tapi tidak mengalami sakit kepala.

Faktor Penyebab Sakit Migrain

Adapun penyebab dari munculnya penyakit kepala migrain belum pasti diketahui namun ada beberapa faktor yang diduga memicu timbulnya penyakit ini. Faktor-faktor penyebab sakit migrain antara lain :

  1. Cahaya Silau / Cahaya Kilat

    Salah satu penyebab migrain yang sering dialami yaitu saat penderita terkena kilatan cahaya yang sangat silau. Contohnya bila seseorang melihat cahaya yang terus-terusan berkedip secara kuat maka hal ini bisa memicu migrain datang. Lampu neon yang sudah rusak misalnya, dapat menyebabkan cahaya berkedip dan hal ini memicu terjadinya migrain. Contoh lain misalnya pantulan sinar matahari yang bergerak di gelombang ombak atau riak air danau. Hal ini juga bisa memicu migrain datang.

  2. Stress dan Kelelahan

    Stress, kecemasan berlebih dan kelelahan juga dapat memicu terjadinya migrain. Untuk menghindari terpicunya migrain, penderita harus mengurangi tingkat stress dan kelelahan dalam kesehariannya. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menarik nafas dalam-dalam, Yoga maupun dengan cara beribadah pada Tuhan.

  3. Kekurangan Tidur dan Nutrisi Makanan

    Pada sebagian orang, mereka dapat menghindari munculnya migrain hanya dengan memaksimalkan kualitas tidur dan makan secara teratur. Bila tidur terganggu ataupun seseorang kekurangan cairan maupun nutrisi makanan, ini dapat memicu datangnya migrain.

  4. Perubahan Hormon

    Pada sebagian wanita, migrain dapat dipicu karena terjadinya perubahan hormon saat berada dalam periode menstruasi. Kekurangan maupun kelebihan hormon sama-sama dapat memicu timbulnya sakit kepala migrain.

  5. Makanan Yang Memicu Sakit Kepala

    Meskipun belum ada penelitian yang meyakinkan mengenai hal ini, namun beberapa pasien migrain mengaku bahwa migrain mereka muncul sesaat setelah mengkonsumsi makanan-makanan tertentu. Adapun makanan yang diyakini dapat memicu munculnya migrain pada sebagian orang yaitu coklat dan keju, monosodium glutamat atau MSG, minuman beralkohol, dan minuman yang mengandung banyak kafein.

Penyakit migrain sendiri terjadi tiga kali lebih sering pada wanita dibanding pada pria. Penyakit sakit kepala migrain juga sering menyerang orang orang yang memiliki kelelahan dan stress berlebih dalam kesehariannya. Setelah mengetahui faktor-faktor penyebab sakit migrain yang dapat memicu terjadinya migrain, maka seyogyanya kehadiran migrain dapat diminimalisir.

Penyebab Sakit Migrain dan Cara Mengatasinya Penyebab Sakit Migrain dan Cara Mengatasinya
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Herbal TV – Sakit kepala migrain banyak kita jumpai pada banyak kalangan. Migrain sendiri merupakan jenis sakit kepala berdenyut yang cukup menyakitkan. Penyakit ini biasanya hanya menyerang sebagian sisi kepala saja. Adapun penyebab sakit...
Penyakit - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *