Sarapan Pagi Dapat Mencegah Risiko Terkena Penyakit Jantung

Makanan merupakan hal yang sangat penting bagi manusia. Oleh karena itu, bila seseorang memiliki pola makan yang teratur, maka ia akan terhindar dari berbagai penyakit. Sarapan merupakan salah satu waktu makan yang mulai ditinggalkan banyak orang karena alasan waktu. Padahal, sarapan merupakan hal yang sangat penting demi mencegah timbulnya beragam penyakit serius. Berdasarkan beberapa penelitian disebutkan bahwa seseorang yang rutin melakukan sarapan akan terhindar dari penyakit jantung, diabetes, kolesterol dan juga darah tinggi. Sebaliknya, orang yang sering melewatkan sarapan dapat mengalami berbagai gangguan metabolisme tubuh termasuk kenaikan badan berlebih.

sarapan baik untuk jantung

Bagi orang-orang yang sedang melakukan diet menurunkan berat badan, sarapan tidak boleh dilewatkan. Dengan rutin melakukan sarapan pagi, maka berat badan akan terjaga dengan baik. Seseorang yang tidak sarapan biasanya akan makan terlalu banyak di siang hari atau malam hari dan tidak terkontrol sehingga dapat menaikkan berat badannya. Pemilihan jenis makanan saat sarapan juga sangat penting. Pilihlah makanan yang mengandung serat larut yang cukup agar pencernaan tetap sehat dan terjaga dengan baik. Selain makanan yang mengandung serat, makanan yang mengandung lemak sehat juga sangat penting. Dan jangan lupa menambahkan protein ke dalam menu sarapan untuk awal pagi yang penuh energi.

Memilih menu sarapan yang memiliki kandungan serat larut sangatlah mudah. Anda bisa menyiapkan oats, sayur-sayuran dan juga buah-buahan kedalam menu sarapan anda. Makanan yang mengandung serat larut ini sangat baik untuk melarutkan kolesterol jahat yang ada dalam tubuh. Selain itu, makanan juga akan lebih mudah dicerna dan lebih mudah diserap didalam usus. Untuk sumber protein, anda bisa memilih antara sumber protein hewani maupun sumber protein nabati. Anda bisa menambahkan daging putih pada menu sarapan anda atau anda bisa menyiapkan roti dan telur. Selain itu, tahu dan tempe juga bisa menjadi alternatif menu sarapan sehat anda.

Bila anda tidak sempat menyiapkan sarapan porsi besar setiap harinya, maka anda bisa memakannya sedikit demi sedikit sepanjang pagi hari. Contohnya bila jam 7 anda hanya bisa makan roti, maka jam 8 anda bisa melanjutkannya dengan menambahkan menu makanan lain seperti buah-buahan. Jangan lewatkan sarapan sehat anda untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Sarapan Pagi Dapat Mencegah Risiko Terkena Penyakit Jantung Sarapan Pagi Dapat Mencegah Risiko Terkena Penyakit Jantung
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Makanan merupakan hal yang sangat penting bagi manusia. Oleh karena itu, bila seseorang memiliki pola makan yang teratur, maka ia akan terhindar dari berbagai penyakit. Sarapan merupakan salah satu waktu makan yang mulai ditinggalkan...
Gaya Hidup - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *