Stress Salah Satu Penyebab Sakit Maag

Stress Salah Satu Penyebab Sakit Maag – Stress adalah salah satu penyebab dari terjadinya penyakit maag. Stre merupakan reaksi peringatan bahaya pada tubuh baik secara fisik maupun secara psikologis, secara fisik stres berifat objektif yaitu hampir sama semua orang mengalaminya, namun secara psikologis stres bersifat lebih subjektif yaitu tergantung pada masing masing orang.

maag

Stres dalam kadar tertentu diperlukan oleh tubuh sehingga tubuh dapat berespon dengan benar untuk mengantisipasi bahaya. Respon ini dikenal sebagai respon bertahan dan berjuang atau melarikan diri dari bahaya.

Banyak sekali orang yang mengalami sakit maag lebih buruk ketika mengalami stress atau bahkan faktor penyebab maag utama bagi mereka adalah faktor stress itu sendiri. Stress itu sendiri dibagi menjadi 2 bagian yaitu ?

  • Stres psikologis/emosional/ mental/fisik yaitu dimana kondisi yang dirasakan tidak nyaman, tertekan atau kecewa akan sesuatu atau peristiwa yang sangat menekan perasaan sehingga beban terasa berat dan menekan secara psikologis. Tidak jarang kondisi ini akan membuat seseorang mengalami perubahan prilaku dan mengakibatkan dalam jangka waktu yang pendek akan menderita sakit maag karena metabolisme tubuh terganggu.
  • Stres akibat penyakit berat yaitu stres yang muncul akibat menderita penyakit berat yang membutuhkan perawatan khusus. Penyakit berat seperti ini akan menyebabkan stress pada tubuh sehingga mengurangi aliran darah kedalam dinding lambung dan akibatnya ada bagian lambung kekurangan pasokan darah sehingga terjadi kerusakan pada lambung, dan jika tidak ditangani dengan segera akan menimbulkan stres yang berkepanjangan dan berujung pada kematian.

Stres sangat berpengaruh besar terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan , termasuk ia dapat mempengaruhi asam lambung. Jadi stress adalah menjadi penyebab sakit maag atau kekambuhan karena stress dapat meningkatkan produksi asam lambung.

Dan para ahli menemukan bahwa stress dapat merangsang aera tertentu pada otak yang meningkatkan sensitifitas terhadap nyeri dan termasuk nyeri ulu hati, meskipun lambung tidak begitu meningkat namun bagi orang yang lagi stres itu akan lebih terasa sakit.

Stres bisa menyebabkan sakit maag karena stres dapat menurunkan kadar hormon prostaglandin yang memiliki fungsi membantu memperkuat barrier yang melindungi lapisan lambung dari Asam lambung.

Cara untuk pengobatan sakit maag karena stres bisa dengan minum minuman yang dapat mengurangi kadar keasaman pada lambung seperti obat maag golongan antasida dan setelah direncanakan untuk terapi jangka panjang agar sakit maag tidak terulang semakin parah. Dan untuk mengatasi stress dengan cara memanjakan stres itu sendiri dan jangan mengonsumsi alkohol, obat obatan dan merokok dan perhatikan pola makan supaya tetap teratur sehingga maag tidak terjadi.

Di samping itu, kita dapat melakukan hobi atau hal-hal yang sangat kita sukai. Misalnya berolah raga maratho, main futsal, berenang, dan lain-lain. Kegiatan-kegiatan yang dapat mengalaihkan perhatian kita juga bisa membantu meringankan beban pikiran, misalnya berkebun, menyiram tanaman, bermain dengan anak-anak, dan sebagainya yang tentunya Anda lebih mengetahui sesuai minat Anda.
Stress Salah Satu Penyebab Sakit Maag Stress Salah Satu Penyebab Sakit Maag
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Stress Salah Satu Penyebab Sakit Maag – Stress adalah salah satu penyebab dari terjadinya penyakit maag. Stre merupakan reaksi peringatan bahaya pada tubuh baik secara fisik maupun secara psikologis, secara fisik stres berifat objektif...
Gaya Hidup Informasi Kesehatan Penyakit - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *