Tes Cegah Kanker Serviks Bagi Wanita Sudah Menikah

Cegah Kanker Serviks Bagi Wanita Sudah Menikah – www.herbaltv.co.id – Kesadaran bagi para wanita dalam mencegah akan bahaya kanker serviks atau kanker leher rahim harus ditingkatkan. Karena pada dasarnya kanker serviks ini masih bisa disembuhkan jika terdeteksi sedini mungkin.

Cegah Kanker Serviks Bagi Wanita Sudah Menikah

Lantas bagaimana Cegah Kanker Serviks Bagi Wanita Sudah Menikah? caranya itu dengan kita mendeteksinya. Sebenarnya ada dua metode yang populer digunakan guna mendeteksi kanker serviks yaitu PAP Smear dan Inspeksi Visual Asesat atau IVA. Tujuan dari kedua pemeriksaan ini adalah untuk screening atau juga mendeteksi dini kanker serviks. Adapun langkah yang dilakukan yaitu dengan bantuan alat speculum / cocor bebek yang akan dimasukan kedalam vagina guna menampakakan mulut rahim/ serviks.

Perbedaan IVA dan PAP Smear

Kemudian apa perbedaan dari kedua pemeriksaan deteksi dini kanker serviks ini.

– IVA

Pemeriksaan yang dilakukan dengan metode IVA. Cegah Kanker Serviks Bagi Wanita Sudah Menikah dengan IVA memiliki sensitifitas yang tinggi, akan tetapi spesifitas dan akurasinya cukup rendah. IVA ini dilakukan oleh tenaga medis yang sudah mendapatkan pelatihan IVA sendiri, dengan cara mengoles serviks dengan asam cuka. Selanjutnya dilihat apakah bekas olesan tersebut akan tetap berwarna merah atau bahkan berubah warna menjadi putih

Normalnya yaitu bekas olesan tersebut akan tetap warna merah. Dan jika ada perubahan warna menjadi putih, yang mana ini dikenal dengan Acetowhite lesion, maka bisa disimpulkan bahwa telah adanya sel sel pada serviks yang telah berubah bentuk atau telah mengalami kelainan.

Pemeriksaan IVA sendiri memang jarang dipakai diluar negeri, karena tingkat spesifitasnya yang rendah itu. Dan hal ini berpengaruh terhadap pertimbangan program terapi yang tepat untuk kanker serviks. IVA memang dirancang untuk daerah yang tengah mengalami keterbatasan SDM dan juga fasilitas kesehatannya. Maka dari itu tidak membutuhkan dokter spesialis khusus guna melakukan tindakan pemeriksaan IVA.

IVA juga tidak mempunyai rekaman dan informasi pasien sehingga kondisi pasien kurang bisa dipantau dengan baik dan maksimal. Namun kini sedang dilakukannya perkembangan DoIVA yaitu IVA dokumentasi. Adapun dokumentasi tersebut berupa foto yang akan diberikan kedapa pasien, foto tersebut diambil menggunakan kamera dan printer yang sederhana. Menggunakan foto tersbeut pasien bisa melakukan kontrol mengacu pada hasil pemeriksaan IVA sebelumnya.

– PAP Smear

Metode pemeriksaan deteksi kanker serviks kedua yaitu PAP Smear. Cegah Kanker Serviks Bagi Wanita Sudah Menikah dengan PAP Smear yang memiliki tingkat sensitifitas, spesifikasi serta akulasi yang tinggi. PAP Smear ini dilakukan oleh seorang dokter atau tenaga medis yang berkompeten dalam mengambil sampel sel dengan cara mengusap mulut rahim dan sedikit leher rahim menggunakan sikat kecil yang halus. Lantas selanjutnya hasil usapan tersebut dipulas kesediaan kaca objek. Dan setelah itu diberikannya pewarna khusus sediaan tersebut diperiksa, menggunkaan mikroskop guna melihat apakah sel sel epitel mulut rahim tersebut masih dalam batas normal atau malah sudah mulai ada perubahan.

Dari hasil ini akan adanya beberapa derajat dari tanda tanda kanker serviks yang pada nantinya akan dipaparkan dalam hasil pemeriksaan. Dan jika ternyata tidak terdapatnya kelainan, maka pasien dapat mengulangi PAP Smear nya kembali dalam 1-2 kali setahun sebagai langkah guna mewaspdai terdapat penyakit kanker serviks. Dan jika terdapatnya kelainan yang ringan, maka terapi bisa diberikan sesuai dengan derajat tersebut.

Apabila hasilnya sudah muali ada curiga akan adanya kanker serviks, maka akan diberikannya sebuah rekomendasi guna melakukan Kolposkopi, yaitu sebuah pemeriksaan lanjutan pada serviks guna mengkonfirmasi bagaimana sifat serta derajat kanker tersbeut.

Bagi wanita yang sudah aktif dalam berhubungan seksual, maka sangat dianjurkan untuk melakukan deteksi dini kanker serviks ini secara rutin dan berkala 1 – 2 tahun. Berdasarkan penelitian mengatakan bahwa pasien kanker serviks yang sebeleumnya rutin melakukan screening, maka kesempatan untuk pulih kembali akan semakin tinggi. Dan untuk kunci keberhasilan dari program pengendalian kanker serviks ini adalah screening disertai dengan pengobatan yang akurat.

Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti, di bawah bimbingan dr Reza Aditya Digambiro, M.Kes, M.Ked(PA), Sp.PA. – Dan Titin Suhartini, SKM.MARS. K.TU Klinik Universitas Siliwangi Tasikmalaya

Tes Cegah Kanker Serviks Bagi Wanita Sudah Menikah Tes Cegah Kanker Serviks Bagi Wanita Sudah Menikah
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Cegah Kanker Serviks Bagi Wanita Sudah Menikah – www.herbaltv.co.id – Kesadaran bagi para wanita dalam mencegah akan bahaya kanker serviks atau kanker leher rahim harus ditingkatkan. Karena pada dasarnya kanker serviks ini masih bisa...
Gaya Hidup Informasi Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *