Tips Agar Tulang Kuat dan Padat & Cara Menjaganya

agar tulang kuat dan padat

Tulang merupakan salah satu bagian penting dalam tubuh kita. Tulang bekerjasama dengan otot demi menunjang segala aktivitas kita. Pentingnya peran tulang membuat kita harus menjaganya dengan baik. Memiliki tulang yang baik tentu saja akan membuat hidup kita lebih mudah dan bahagia. Layaknya sebuah bangunan, tulang harus emiliki unsur dan elemen yang kokoh. Untuk itu kita dapat melakukan tips-tips berikut ini agar tulang kuat dan padat. Menjaga kesehatan tulang selagi muda akan menghindarkan resiko terkena osteoporosis di masa depan. Osteoporosis sendiri merupakan penyakit degeneratif yang perlahan-lahan merusak struktur tulang. Berdasarkan data dari International Osteoporosis Foundation (IOF) menyebutkan bahwa 1 dari 4 wanita di Indonesia terkena penyakit ini.

Osteoporosis juga dapat menyerang pria namun lebih banyak diderita oleh para wanita. Ini disebabkan karena wanita kekurangan hormon estrogen pada saat menopause nanti sedangkan tulang selalu membutuhkan hormon ini. Namun jangan khawatir kita dapat mencegah penyakit osteoporosis dengan menerapkan gaya hidup sehat dan menghindari penyebab-penyebabnya. Penyebab penyakit degeneratif ini bermacam-macam mulai dari gaya hidup yang tidak sehat, kekurangan asupan kalsium dan vitamin D, faktor genetik, sering meminum minuman beralkohol, jarang terpapar sinar matahari, kurang berolahraga, sering merokok dan efek samping obat tertentu.

Tips-Tips Agar Tulang Kuat dan Padat

Untuk menghindari penyakit tersebut maka kita harus menghindari faktor resikonya. Berikut ini tips agar tulang kuat dan padat yang mudah sekali untuk dilakukan.

1. Rajin Berolahraga

Berolahraga merupakan kunci utama hidup sehat. Dengan berolahraga secara rutin maka kita dapat meningkatkan kepadatan massa tulang. Olahraga juga dapat memacu proses osteoblas (proses pembentukan massa tulang). Tulang akan terpacu untuk membentuk massa bila kita melakukan banyak aktivitas atau berolahraga. Bila kita malas berolahraga, maka proses osteoblas tulang akan terhambat dan resiko penyakit osteoporosis semakin tinggi.

2. Penuhi Kebutuhan Kalsium

Memenuhi kebutuhan kalsium harian sangatlah penting. Jika tubuh kekurangan kalsium maka ia akan mengambil dari bagian tubuh lain seperti tulang dan gigi sehingga kepadatan tulang akan terus berkurang. Oleh karena itu cukupi kebutuhan kalsium harian sekitar 1000mg per hari bagi orang dewasa.

3. Rajin Berjemur di Pagi Hari

Sinar matahari pagi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya, sinar matahari ini dapat merubah pro vitamin D yang ada dibawah jaringan kulit kita menjadi vitamin D sehingga ini dapat membantu kita memenuhi kebutuhan vitamin D harian. Minimal kebutuhan vitamin D bagi orang dewasa sebesar 200IU per hari.

4. Kurangi Konsumsi Kopi dan Alkohol

Sering mengkonsumsi kopi maupun alkohol dapat membuat tulang menjadi keropos. Ini dikarenakan dua minuman tersebut dapat menghambat proses pembentukan massa tulang (osteoblas). Dua jenis minuman ini juga dapat membuat kalsium terbuang secara sia-sia bersama air seni.

5. Hentikan Kebiasaan Merokok

Rokok memiliki ribuan senyawa berbahaya yang merugikan tubuh. Salah satunya adalah nikotin yang dapat menyebabkan penyerapan tulang menjadi lebih cepat akibatnya tulang akan cepat menjadi keropos. Merokok juga dapat menghambat hormon estrogen yang dibutuhkan oleh tulang.

Memiliki gaya hidup sehat sebenarnya cukup mudah selama kita mau dan telaten menjalaninya. Itulah beberapa tips agar tulang kuat dan padat yang dapat kita praktekkan sehari-hari. Untuk menjalani gaya hidup sehat, baca juga manfaat lemon untuk kesehatan berikut ini.

Tips Agar Tulang Kuat dan Padat & Cara Menjaganya Tips Agar Tulang Kuat dan Padat & Cara Menjaganya
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tulang merupakan salah satu bagian penting dalam tubuh kita. Tulang bekerjasama dengan otot demi menunjang segala aktivitas kita. Pentingnya peran tulang membuat kita harus menjaganya dengan baik. Memiliki tulang yang baik tentu saja akan...
Informasi Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *