Tips Cara Atasi Sembelit Saat Menjalan Puasa Ramadhan

Cara Atasi Sembelit Saat Menjalan Puasa  – www.herbaltv.co.id – Menggangu, itulah kata yang pas untuk mengungkapkan hadirnya sembelit saat menjalankan puasa ramadhan. Mengalami sembelit saat berpuasa tentunya membuat kondisi perut anda tidak nyaman. Lantas apa sebenarnya yang menyebabkan terjadinya sembelit saat berpuasa?

Pada dasarnya dalam menahan makan dan minum selama sehari, maka tidak sedikit orang yang berniat untuk balas dendam ketika berbuka puasa. Dan pada akhirnya semua makanan yang dihidangkan telah dilahap habis tanpa tersisa. Akibatnya perut kita dipenuhi dngan makanan dan minuman yang telah melampaui kapasitas. Dan ternyata dari sinilah awal mula adanya sembelit atau kontsipasi.

Melakukan cara berbuka puasa yang salah ini akan membuat tubuh anda terlampau banyak dalam menyaring makanan. Padahal selama puasa tubuh ini sedang kekurangan cairan. Dan hasilnya sisa metabolisme dalam tubuh anda menumpuk dan mengeras.

Inilah salah satu yang mengakibatkan hadirnya konstipasi feses menjadi lain dari biasanya, tekstur yang lebih keras dan padat. Konstipasi atau adanya bentuk feses seperti inilah yang pada akhirnya anda akan merasakan kesulitan bahkan kesakitan saat mengalami buang air besar.

Cara Atasi Sembelit Saat Menjalan Puasa

Lantas sebenarnya bagaimana Cara Atasi Sembelit Saat Menjalan Puasa atau konstipasi dan bebas dari sembelit saat menjalan puasa. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda coba:

1. Perbanyak minum air putih

Hal ini memang tidak mudah untuk anda lakukan ketika berpuasa. Dan jika pada hari biasanya anda kurang cairan, pastinya bisa menahannya dengan minum air atau makan makanan yang mengandung banyak airnya. Akan tetapi ketika seseorang sedang menjalankan puasa, tentunya makan dan minum ini dilarang terlebih disiang harinya.

Nah supaya anda tidak mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, maka perbanyaklah minum air saat anda berbuka puasa. Kemudian perbanyak minum juga setelah nantinya beres menjalankan ibadah sholat tarawih dan setelah santap sahur. Pada ketiga waktu tersebut setidaknya anda membutuhkan 2 liter asupan cairan yang masuk dalam tubuh anda. Air yang masuk dalam tubuh anda ini menjadi pertahanan tubuh selama sehari anda berpuasa.

2. Mengkonsumsi makanan berserat

Bisa dibilang banyak sekali makanan yang tersedia saat anda menjalankan waktu berbuka puasa. Maka dari itu anda harus jeli dalam memilih makanan yang akan anda jadikan sebagai santapan berbuka puasa anda. Dan ingat makanan yang banyak mengandung serat ini akan sangat baik dalam membantu anda mengatasi sembelit.

Kandungan serat banyak kita temui pada buah dan sayuran seperti kol, jagung, brokoli, kacang polong kacang hijau dna juga kacang kacangan pada umumnya. Jadi mulai saat ini, jangan hanya makan nasi saja dengan lauk pauknya. Sertakan juga pilihan makanan yang bisa memenuhi kebutuhan serat anda.

3. Melakukan olahraga secara teratur

Meksipun sedang berpuasa, bukan berarti anda harus berhenti menjalankan olahraga. Ada baiknya bila anda melakukan beberapa olahraga kecil saat menjalankan ibadah puasa. Tidak harus melakukan olahraga berat, lakukan saja beberapa olahraga ringan yang efektif dalam mencegah anda dari sembelit.

Bagi anda tipe orang yang mudah untuk mengeluarkan cairan tubuh atau keringat, maka berjalan kaki atau naik tangga selama beberapa menit ibi cukup untuk membantu anda melancarkan metabolisme dalam tubuh.

4. Jangan menunda BAB

Cara Atasi Sembelit Saat Menjalan Puasa selanjutnya dalah jangan menunda BAB. Salah satu faktor yang sering kali pada akhirnya menyebabkan anda sembelit. kebiasan anda dalam menunda BAB ini akan menyebabkan timbunan sisa metabolisme menjadi memadat. Pada akhirnya feses menjadi lebih keras dari kondisi normalnya. Dibulan puasa tidak ada larangan untuk BAB disiang hari, jadi tidak ada alasan bagi anda untuk menunda rasa ingin BAB anda.

5. Kurangi asupan kafein

Satu hal lagi yang harus anda perhatikan guna bantu terhindar dari sembelit selama puasa. Kurangi konsumsi kafein saat berpuasa. Baik itu dari kopi atau juga bisa dari minuman atau makanan ringan yang mana mengandung kafein. Zat ini dapat merangsang syaraf, sehingga otak anda kaan terpacu untuk terus bekerja.

Tidak hanya itu kafein juga memaksa tubuh anda untuk bekerja lebih ekstra. Sehingga proses metabolisme ini menjadi meningkat. Dan meningkatnya metabolisme ini mengakibatkan sisa dari metabolisme semakin meningkat.

Tips Cara Atasi Sembelit Saat Menjalan Puasa Ramadhan Tips Cara Atasi Sembelit Saat Menjalan Puasa Ramadhan
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Cara Atasi Sembelit Saat Menjalan Puasa  – www.herbaltv.co.id – Menggangu, itulah kata yang pas untuk mengungkapkan hadirnya sembelit saat menjalankan puasa ramadhan. Mengalami sembelit saat berpuasa tentunya membuat kondisi perut anda tidak nyaman. Lantas...
Informasi Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *