Tips Cara Baik Mendidik Balita Disiplin Saat Dirumah

Cara Baik Mendidik Balita Disiplinwww.herbaltv.co.id – Tak sedikit orang tua yang mengeluhkan akan balitanya yang selalu menangis dan menjadi rewel saat sedang berada dirumah. Dan telah banyak cara yang dilakukan, namun tetap saja belum berhasil. Hasilnya ibu menjadi serba salah dan bingung. Dan terkadang apabila emosinya memuncak anak menjadi lebih mudah memukul dan terkadang mengamuk.

Ada baiknya bila kita sebagai orang tuang tetap menanganinya dengan penuh kesabaran dan tenang. Ibu tidak perlu untuk menggunakan kata kata yang kasar tinggi atau memberinya hukuman. Karena pada dasarnya anak memerlukan waktu untuk bisa memproses dan juga memahami apa yang seharusnya ia lakukan.

Apabila ibu saat ini memiliki anak yang berkemauan keras, maka ibu bisa menerapkan prinsip inti dari disiplin anak yang postif guna membantu ibu untuk tetap mengatur batasan serta mempertahankan kondisi rumah tetap kondusif dan aman berikut ini.

Cara Baik Mendidik Balita Disiplin

1. Beri anak lebih banyak lagi informasi

Pada saat batita melakukan tindakan yang diluar kendali, maka ia biasanya sedang berusaha untuk mengatasi situasi yang ia hanya ketahui. Jika ibu melihat bahwa ada perilaku dari anak yang menggangu, maka bisa menjadi pertanda bahwa ini merupakan sinyal untuk memberinya lebih banyak informasi.

Hal ini bukanlah tindakan untuk mengajari, memperbaiki atau mempertanyakan. Ini hanyalah berbagai lebih banyak lagi informasi.

Dan tujuan dari memberinya informasi ini adalah membiarkannya tahu bahwa kita sebagai orang tua memahami cerita menurut versi dia. Batita tidak akan mendengarkan selama langkah ini belum dilakukan. Karena begitu batita merasa didengarkan dan dipahami oleh kita, ia mampu mulai mendengarkan arahan dan tuntunan dari seorang ibu.

2. Bayangkan batasan yang diberikan seperti dinding dinding.

Anak akan belajar mengahadapi rasa frustasi dan batasan batasan. Mereka akan berusaha mengembangkan pengedalian diri. Dan pada saat ibu melihatnya sedang mengamuk, biasanya itu pertanda bahwa ibu harus lebih baik dalam mengajarkan anak anak mengatasi frustasi dan batas batasannya.

Kita sebagai orang tua bisa menyediakan waktu yang berkualitas untuk lebih banyak belajar memahami anak kita. Tidak peduli akan alasan  yang mendasari anak mengamuk, Ibu harus selalu kembali mengingatkan dan memberikannya informasi secara pelan.

3. Jangan sampai batasan yang diterapkan membuat Ibu emosi.

Pada saat anak mulai mengamuk,atau marah karena batasan yang telah ibu terapkan, maka ibu jangan terpancing dan tetaplah tenang. Karena anak yang tidak menurut bisa membuat ibu merasakan tidak berdaya. Dan ketika ibu merasa tidak berdaya . Kemungkinan ibu akan berteriak, terpancing untuk marah dan melemparkan benda benda. Dan biasanya itu dilakukan supaya ibu merasa mampu memegang kendali dari situasi tersebut.

Supaya tetap tenang, maka ingatlah, bahwa batasan ibu merupakan batasan yang telah dibuat oleh sendiri. Jadi apabila ibu sudah menetapakan batasan ini, maka ibu harus menetapkan bahwa tidak akan mengubah batasan ini hanya karena reaksi anak saja.

4. Menawarkan sebuah alternatif dan pilihan

Cara Baik Mendidik Balita Disiplin selanjutnya adalah dengan memberikannya pilihan. Pada saat sedang frustasi atau marah dengan batasan, anak tidak ingin mendengar tentang apa yang tidak bisa ia lakukan dan mengapa ia tidak boleh melakukan. Hal ini tentunya sangat bisa dipahami. Oleh karena itu beri dia kegitan alternatif untuk bantu mengembalikan keseimbangan kekuasaan Misalnya dengan membolehkan ia memilih kursi atau permainan yang ia inginkan

“Kamu punya pilihan .. ” merupakan frasa yang sangat membantu anak dan bisa membuat perbedaan besar dalam mendisiplinkannya.

5. Terapkan batasan fisik dengan cara damai pada saat dibutuhkan.

Apabila ibu berusaha menjadi orang tua yang lebih praktis dan postitif, ada mitos yang mengatakan bahwa ibu tidak bisa menggunakan batasan batasan fisik dengan cara yang damai.

Dalam menerapkan batasan fisik, tidak harus menggunakan cara kekerasan. Jika ibu melihat salah satu dari anak yang mencoba untuk memukul orang lain, maka lerai mereka dengan merentangkan tangan. Jika diperlukan, maka tariklah salah satu dengan lembut supaya mereka tidak berkelahi.

Selalu terapkan untuk meminimalkan intervensi fisik. namun jika diperlukan, ibu masih bisa menerapkannya dengan batasan fisik dan cara damai dan lembut.

Jika kata yang ibu sampaikan dianggap angin lalu oleh anak, maka gunakanlah bahasa tubuh seperti menggunakan tangan dan posisi tubuh yang baik untuk memperjelas apa yang ibu sampaikan.

Tips Cara Baik Mendidik Balita Disiplin Saat Dirumah Tips Cara Baik Mendidik Balita Disiplin Saat Dirumah
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Cara Baik Mendidik Balita Disiplin – www.herbaltv.co.id – Tak sedikit orang tua yang mengeluhkan akan balitanya yang selalu menangis dan menjadi rewel saat sedang berada dirumah. Dan telah banyak cara yang dilakukan, namun tetap...
Anak - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *