Tips Cara Mengatasi Rasa Takut Menjelang Melahirkan

Cara Mengatasi Rasa Takut Menjelang Melahirkan – www.herbaltv.co.id – Proses persalinan bagi sebagian wanita memang mengundang kecemasan, terutama untuk yang pertama kalinya. Akan tetapi jangan sampai ketakutan dan kecemasan ini melemahkan perjuangan Bunda untuk bisa bertemu dengan sikecil. Sebaiknya simak beberapa tips berikut ini supaya kamu bisa kuat untuk melahirkan.

Merupakan suatu hal yang wajar bila kamu diserang berbagai kekhawatiran dalam menghadapi persalinan. Seperti adanya rasa takut selama persalinan, rasa takut harus menjalani operasi, bahkan mengalami kekhawatiran lain seperti dengan terlambatnya sampai dirumah sakit dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Rasa Takut Menjelang Melahirkan

Berikut ini ada beberapa jawaban dari ketakutan dan kekhawatian yang mana sering kali dipertanyakan kala menjelang persalinan. Namun jangan khawatir, karena bukan kamu saja yang merasakannya dan berikut ada tips yang bisa bunda terapkan.

1. Merasa takut bila harus menjalani operasi caesar

Sebagaian ibu ada yang takut merasakan nyeri pasca operasi, serta lamanya waktu dalam pemulihan serta bahaya dari operasi. Dan resiko operasi caesar ini memang bukan tidak ada, dan biasanya resiko yang dikhawatirkan ini tergolong rendah. Sebaliknya tanya apakah ada cara alternatif lain selain melakukan oeprasi caesar. Dan jika jawabannya tidak, maka percayakan semuanya pada dokter bahwa ini merupakan jalan terbaik dan langkah yang direkomendasikan.

2. Takut kalau operasi melairkan terlalu cepat.

Cara Mengatasi Rasa Takut Menjelang Melahirkan selanjutnya adalah anda cukup tenang saja karena proses persalinan pada umumnya tidaklah berlangsung secepat itu. Terutama untuk persalinan pertama. Dan kecil kemungkinan untuk bayi lahir sebelum sampai dirumah sakit atau sebelum dokter kandungana anda datang. Namun jika hal ini menjadi perhatian, maka bunda bisa mengantisifasinya dengan mengetahui atau mengenali tanda tanda persalinan sudah dekat.

3.Takut merasakan sakit saat persalinan

Merupakan sebuah hal yang wajar apabila ibu hamil merasa cemas terhadap nyeri yang akan dihadapi saat proses persalinan. Namun hal ini bisa kita antisipasi dengan berdiskusi dengan dokter kandungan mengenai pilihan untuk obat obatan anti nyeri.

Seorang ahli mengatakan bahwa kita jangan semata mata hanya mengandalkan serangkaian dari rencana persalinan yang sudah terperinci mengenai Cara Mengatasi Rasa Takut Menjelang Melahirkan. Sebab nantinya sang bayilah yang mengendalikan hampir seluruh proses persalinan. Lebih baik bila bunda hanya membayangkan kebahagiaan saat bertemu dengan bayi anda.

Tips Cara Mempersiapkan Diri Menjelang Melahirkan

Selain kita menerapkan rasa optimis dan selalu berpikir positif, maka beberapa tips berikut bisa membantu anda lebih kuat dalam melahirkan.

– Menciptakan lingkungan yang membuat anda nyaman.

Sebagai salah satunya contohnya yaitu dengan membawa bantal sehat sprei kesukaan, atau memutarkan lagu kesukaan yang sesuai dengan anda. Dan jika bunda nyaman melahirkan bersamaan dengan pasien lain dan sebagainya. Jika kondisi kita rileks, maka tahap proses persalinan bisa berjalan lebih cepat.

– Mencoba mendiskuasikan pemasangan infus dan alternatifnya dengan dokter.

Infusan tidak selalu diperlukan dalam proses persalinan normal. Sebagai alternatif infus, obat akan dimasukan melalui keteteintravena khususnya yang telah dipersiapkan jika nantinya anda memerlukan obat untuk suntikan. Dan jika anda merencana sebuah suntikan epidural, kemungkinan besar akan dipasangi dengan infusan.

– Makan dan minumlah sebelum kerumah sakit.

Tubuh yang cukup cairan dan nutrisi akan menjadikan anda lebih kuat dalam melalui persalinan.

– Mandi atau berendam.

Cara ini bisa anda lakukan untuk bantu meredakan nyeri kontraksi melahirkan. Rumah sakit biasanya menyediakan kamar mandi didalam kamar inap yang mana bisa anda gunakan. Bahkan ada juga yang menyediakan kamar mandi untuk berendam.

– Menyediakan semangkuk es batu.

Sediakan semangkuk es batu dengan handuk yang telah direndam. Dan bila kamu sudah memasuki tahap persalinan aktif, kemungkinan anda akan merasakan kegerahan. Maka mintalah suster atau pasangan anda untuk mengompreskan kening, dada atau tengkuk dengan handuk dingin tersebut. Dan langkah ini bisa sangat membantu anda lebih kuat berjuang kala sedang mengejan.

Tidak sampai disitu saja Cara Mengatasi Rasa Takut Menjelang Melahirkan, supaya nantinya tubuh anda kuat maka jalanilah serangkaian tahap persalinan, dan siapkan tubuh anda sejak dini dengan melakukan senam hamil. Bahkan mempersiapkan tubuh untuk lebih kuat saat menjalani persalinan bisa juga dimulai dari sebelum hamil dengan selalu melakukan olahraga yang akan bantu proses persalinan dan olahraga yang memfokuskan pada kekuatan otot dan perut. Dan olahraga yang bisa membantu anda kuat saat mengejan salah satunya adalah senam pilates.

Tips Cara Mengatasi Rasa Takut Menjelang Melahirkan Tips Cara Mengatasi Rasa Takut Menjelang Melahirkan
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Cara Mengatasi Rasa Takut Menjelang Melahirkan – www.herbaltv.co.id – Proses persalinan bagi sebagian wanita memang mengundang kecemasan, terutama untuk yang pertama kalinya. Akan tetapi jangan sampai ketakutan dan kecemasan ini melemahkan perjuangan Bunda untuk...
Ibu Hamil - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *