Tips Memilih Bantal Yang Sehat Untuk Tidur

Tidur merupakan rutinitas alami yang tidak boleh terlewatkan setiap harinya. Tidur memberikan waktu bagi tubuh kita untuk meregenerasi sel-sel yang rusak dan mengambalikan vitalitas tubuh kita. Namun ada kalanya saat bangun tidur tubuh tidak menjadi lebih segar melainkan sakit. Sakit yang timbul saat bangun tidur biasanya berupa sakit punggung maupun leher. Hal ini biasa terjadi jika bantal yang digunakan tidak sesuai dengan postur tubuh yang kita miliki. Pemilihan bantal yang benar sangatlah penting karena akan menentukan kualitas tidur kita semua. Jika bantal yang dipilih salah, maka tidur pun tidak akan berkualitas sehingga badan akan sakit dan pegal-pegal saat bangun tidur.

tips memilih bantal yang sehat

7 Tips Memilih Bantal Yang Sehat

Bantal yang baik adalah bantal yang tetap menjaga posisi leher lurus paralel terhadap alas tidur. Jika bantal yang kita gunakan membuat leher miring kebawah atau miring ke atas maka dapat dipastikan bahwa bantal tersebut tidak baik untuk tidur harian anda. Untuk memilih bantal yang sehat, anda dapat menggunakan tips memilih bantal yang sehat berikut ini :

1. Pilih Bantal Yang Dapat Menyesuaikan Posisi dan Bentuk Leher Anda

tips memilih bantal yang sehat

  bantal busa berbentuk cervical

Jenis bantal yang baik untuk kesehatan tulang leher adalah bantal yang dapat mengikuti kontur leher. Bantal yang paling bagus untuk tidur yaitu bantal yang memiliki kontur cervical atau disebut juga dengan cervical pillow. Bantal ini dirancang khusus untuk membuat leher sehat dan nyaman saat anda tidur. Selanjutnya, bantal yang terbuat dari busa atau foam juga merupakan bantal yang baik untuk kesehatan leher kita.

2. Gunakan Bantal Berbahan Latex Foam

Tips Memilih Bantal Yang Sehat Untuk Tidur

Bantal berbahan busa latex merupakan bahan yang sangat bagus dikarenakan bahan ini dingin dan tidak memanas saat malam hari. Saat bantal dapat mempertahankan suhu dinginnya maka tidur pun akan menjadi lebih dalam dan berkualitas. Namun sebagian orang alergi terhadap bahan ini. Sebagai alternatifnya, dapat digunakan bantal berbahan busa Memory.

3. Jangan Gunakan Bantal Berbahan Dasar Bulu

Tips Memilih Bantal Yang Sehat Untuk Tidur

Bantal yang berbahan dasar bulu hewan memang akan terasa nyaman saat pertama kali digunakan. Namun setelah beberapa saat bulu-bulu akan berpindah-pindah sembarang arah sehingga membuat posisi leher saat tidur tidak stabil. Bantal jenis ini adalah bantal yang paling banyak membuat sakit leher saat bangun tidur.

4. Bantal Berbahan Soba/Buckwheat Dapat Mengganggu Tidur Anda

Tips Memilih Bantal Yang Sehat Untuk Tidur

Bantal berbahan biji soba merupakan bantal yang baik untuk kesehatan tulang leher namun bantal ini cukup berisik. Sedikit bunyi akan mengganggu kualitas tidur anda.

5. Bantal Campuran Belum Tentu Lebih Baik

Sebagian bantal diproduksi menggunakan bahan campuran. Namun sampai sekarang tidak ada penelitian yang menyebutkan bahwa bantal campuran lebih baik dari bahan yang lain. Malahan, jika terlalu banyak campuran dalam satu bantal dapat membuat bantal tersebut penuh dan membuat tidak nyaman pada leher anda.

6. Penggunaan Guling dan Body Pillow Dapat Membantu Tidur Anda

Tips Memilih Bantal Yang Sehat Untuk Tidur

Untuk orang-orang yang tidur bertumpukan lambungnya (tidur menghadap sisi) maka penggunaan body pillow maupun guling akan membantu memperbaiki postur tidur. Penggunaan body pillow juga baik digunakan oleh ibu hamil karena akan menambah kenyamanan saat tidur.

7. Sesuaikan Jenis Bantal Dengan Kasur Anda

Jika anda memiliki kasur yang tegas atau solid maka anda membutuhkan bantal yang lebih tebal untuk menjaga posisi leher tetap paralel terhadap kasur. Jika anda memiliki kasur busa yang lembut maka bantal yang digunakan harus tipis dikarenakan bahu akan tenggelam kedalam kasur tersebut sehingga penggunaan bantal yang tipis dapat menjaga postur tidur tetap ideal.

Setiap jenis bantal memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pilihlah bantal yang menurut anda paling nyaman dan tidak menimbulkan nyeri pada leher serta tidak menimbulkan suara. Itulah 7 tips memilih bantal yang sehat dari Herbal TV kali ini.

Tips Memilih Bantal Yang Sehat Untuk Tidur Tips Memilih Bantal Yang Sehat Untuk Tidur
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tidur merupakan rutinitas alami yang tidak boleh terlewatkan setiap harinya. Tidur memberikan waktu bagi tubuh kita untuk meregenerasi sel-sel yang rusak dan mengambalikan vitalitas tubuh kita. Namun ada kalanya saat bangun tidur tubuh tidak...
Gaya Hidup Informasi Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *