Tips Memilih Obat Mata Yang Benar

Memilih obat mata yang benar sangatlah penting karena bila kita salah dalam pemilihan obat mata, maka bisa saja berakibat hal yang tidak diinginkan. Penyakit mata sendiri merupakan penyakit yang seringkali dijumpai di kalangan masyarakat. Sakit mata biasanya berlangsung beberapa hari. Ada penyakit mata yang berlangsung sebentar dan ada juga yang sampai bertahun-tahun. Keadaan sakit mata yang umum terjadi biasanya disebabkan oleh debu, alergi, bakteri maupun virus. Memiliki sakit mata tentu tidak menyenangkan, maka dari itu perlu untuk segera diobati. Namun, banyaknya jenis penyakit mata membuat obat mata beragam pula. Saat kita mencoba membeli obat diapotek, maka kita akan mendapati beragam jenis obat mata mulai dari obat tetes sampai salep.

Tips Memilih Obat Mata

Tips Memilih Obat Mata Yang Benar

Nah, saat kamu sudah tau jenis sakit mata apa yang menyerang mata kamu, maka kedepannya kamu akan mampu mengetahui jenis obat mata apa yang kamu perlukan. Pada artikel kali ini, kami akan mengupas tentang tips memilih obat mata yang benar :

1.  Konjungtivitis Karena Iritan (Infeksi Selaput Mata)

Penyakit mata konjungtivitis merupakan penyakit mata yang paling banyak ditemukan dan paling sering dialami oleh masyarakat. Konjungtivitis sendiri bisa diakibatkan oleh partikel kecil seperti debu, pasir maupun benda kecil lainnya. Saat seseorang terkena konjungtivitis, secara umum matanya akan terasa gatal. Mengucek mata sangat tidak direkomendasikan karena bisa membuat infeksi semakin meradang. Untuk mengatasi konjungtivitis jenis ini, maka anda dapat menggunakan obat mata berbentuk cair/tetes yang mengandung tetrahydrozoline. Umumnya obat mata jenis ini sangat mudah ditemukan di warung-warung terdekat. Obat mata tersebut dapat melegakan rasa gatal pada mata anda dan menurunkan rasa terbakar akibat mata kering.

2. Konjungtivitis Karena Alergi

Selain bisa disebabkan oleh partikel-partikel kecil, infeksi selaput mata merah/konjungtivitis juga bisa disebabkan karena alergen. Alergen bisa bermacam-macam mulai dari serbuk sari bunga, bulu binatang, debu dan alergen lainnya. Bila anda yakin alergen penyebab mata merah anda maka obat mata yang paling cocok untuk sakit mata jenis ini adalah obat tetes mata yang mengandung antihistamin. Namun, obat tetes mata jenis ini tidak boleh digunakan lebih dari tiga hari. Selain menggunakan obat luar, kamu juga bisa mengonsumsi obat alergi andalan kamu untuk membantu mengurangi gejala konjungtivitis.

3. Konjungtivitis Karena Virus

Ciri-ciri infeksi mata yang disebabkan oleh virus diantaranya adalah mata menjadi merah dan bengkak serta terdapat cairan mata encer bening (sekret). Sakit mata yang disebabkan oleh virus dapat menular dan ditularkan. Pada dasarnya, jenis sakit mata ini bisa sembuh dengan sendirinya tanpa bantuan obat-obatan. Kecuali jika sakit mata kamu disebabkan oleh virus Herpes Simplex, maka akan diperlukan obat antivirus dari dokter.

4. Konjungtivitis Karena Bakteri

Jenis penyakit mata yang satu ini merupakan yang paling berbahaya karena bisa menyebabkan kerusakan permanen pada mata. Oleh karena itu, jika kamu mendapatkan ciri-ciri konjungtivitis bakteri maka kamu harus bergegas memeriksakan diri ke dokter. Ciri utama yang menyertai konjungtivitis bakteri ialah keluarnya cairan mata yang berwarna kuning kehijauan (belek yang banyak dan mengganggu). Saat tertidur, mata bisa dipenuhi oleh kotoran sehingga agak sulit untuk membuka mata. Sakit mata karena bakteri juga bisa menular.

Untuk pengobatan sakit mata karena bakteri maka kamu akan memerlukan obat tetes mata yang memiliki antibiotik seperti gentamisin ataupun chloramfenikol atau bahkan campuran antibiotik dengan kortikosteroid. Namun pastikan kamu sudah berkonsultasi pada dokter maupun apoteker sebelum menggunakan obat tersebut.

Itulah tips memilih obat mata yang tepat untuk sakit mata anda. Memilih obat yang tepat dapat membantu sakit mata kamu sembuh lebih cepat.

Tips Memilih Obat Mata Yang Benar Tips Memilih Obat Mata Yang Benar
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Memilih obat mata yang benar sangatlah penting karena bila kita salah dalam pemilihan obat mata, maka bisa saja berakibat hal yang tidak diinginkan. Penyakit mata sendiri merupakan penyakit yang seringkali dijumpai di kalangan masyarakat....
Informasi Kesehatan Penyakit - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *