Trypophobia atau Tangan Bolong Dan Cara Mengatasinya

Trypophobia atau Tangan Bolongwww.herbaltv.co.id – Trypophobia merupakan salah satu rasa takut yang berlebihan terhadap lubang lubang yang berukuran kecil dan berdekatan. Baik itu terhadap benda mati ataupun benda hidup misalnya lubang yang terdapat pada kulit tangan, lidah serta bagian tubuh manusia lainnya. Banyak diantaranya kita yang menyebutkan Trypophobia ini sebagai salah satu “penyakit kulit tangan bolong”, padalal sebutan tersebut kurang tepat

Orang yang mengalami trypophobia akan mengalami kondisi takut, gelisah bahkan sampai adanya gejala fisik berupa mual atau gatal gatal saat meilhat suatu objek yang berlubang yang sangat banyak. Seperti contohnya sarang lebah, biji bunga matahari, sumsum tulang, spons dan lainnya sebagainya.

Penyebab Trypophobia atau Tangan Bolong

Meskipun penyebab Trypophobia atau Tangan Bolong sebenarnya dari kondisi ini belum bisa dipastikan, akan tetapi diyakini bahwa kelainan ini terjadi mulai dari usia anak anak sampai remaja, lantas secara perlahan akan menghilang.  Penyakit tangan bolong ini hadir sebagai akibat dari adanya pengaruh faktor eksternal dan internal tertentu, atau mungkin dari beberapa peristiwa traumatis dimasa lalu, seperti pada kebanyakan kasus fobia lainnya.

Untuk seorang penderita trypophobia, biasanya akan memiliki dua kemungkinan reaksi yang berbeda kala mereka melihat objek yang berlubang. Pertama  mungkin anda melihatnya dengan santai untuk sementara waktu lantas ia akan memikirkannya terus dan timbullah rasa takut tersebut. Kedua pada saat melihat benda yang berlubang banyak, ia seketika langusng mengalami pusing, mual bahkan gatal gatal.

Bagaimana cara menentukan diagnoisis penyakit trypophobia

Tidak banyak diperoleh mengenai asal usul dan penyebab penyakit trypophobia ini. Itulah mengapa tidak adanya tes diagnostik yang bisa memastikannya. Namun untuk mudahnya jika seseorang yang melihat gambar gambar yang berlubang banyak dan  membuatnya merasa tidak nyaman dan mengalami gejala gejala yang disebutnya sebelumnya, biasanya kondisi tersebut dinyatakan sebagai trypophobia.

Cara Mengatasi Trypophobia

Apabila salah satu dari anda ada yang mengalami trypophobia dan itu ternyata mempengaruhi kehidupan sehari hari anda, ada baiknya bila anda mencari bantuan seseorang yang profesional mengenai kesehatan mental (psikolog) sesegera mungkin. Guna bantu mengatasi kondisi tersebut kita bisa terapkan beberapa tips berikut ini :

1. Memahami apa itu trypophobia.

Dengan cara ini anda akan yakin bahwa kondisi yang anda lihat ini tidaklah wajar. Tidak semestinya anda merasa khawatir dan takut akan lubang lubang tersebut. Dan mungkin apa yang anda lihat sekedar buatan dan tentunya itu tidak akan membahayakan bagi anda.

2. Mencoba menemukan penyebab ketakutan

Cobalah untuk mengetahui penyebab ketakutan anda, apakah itu disebabkan oleh adanya pengalaman buruk, kesal atau bahkan menjijikan semata. Dengan demikian maka anda mampu untuk bisa mengendalikan diri.

3. Menghadapi rasa takut

Pada saat anda melihat pola lubang yang berkerumun mungkin anda akan berusaha untuk menjauh dan tidak melihatnya dan berusahan untuk memikirkan sesuatu hal yang lain. Padahal hal ini hanya akan memperkuat rasa takut anda. Sebaliknya anda cobalah untuk memaksa diri mengahadapi sumber ketakutan anda dengan cara membuat anda lebih berani.

4. Menjaga dirimu baik baik.

Latihan olahraga secara rutin, makanlah makanan yang sehat dan memadai adalah komponen terpenting dari kesehatan mental yang baik.

5. Mencari bantuan psikolog

Jika typophobia yang anda alami sampai menggangu kemampuana anda untuk melakukan aktifitas sehari hari, maka hal ini diperlukan untuk pemeriksaan lanjut kedokter. Dan beberapa metode terapi kemungkinan akan diterapkan.

Baca Juga : Cara Menghentikan Kecanduan Gula atau Makanan Manis

 

Trypophobia atau Tangan Bolong Dan Cara Mengatasinya Trypophobia atau Tangan Bolong Dan Cara Mengatasinya
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Trypophobia atau Tangan Bolong – www.herbaltv.co.id – Trypophobia merupakan salah satu rasa takut yang berlebihan terhadap lubang lubang yang berukuran kecil dan berdekatan. Baik itu terhadap benda mati ataupun benda hidup misalnya lubang yang...
Informasi Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *