Waspadai Kanker Retinoblastoma yang Ditandai Mirip Mata Kucing

Waspadai Kanker Retinoblastoma – www.herbaltv.co.id – Selain leukimia atau kanker darah ternyata retinoblastoma juga banyak dijumpai pada anak anak. Penyakit yang sering tanpa kita sadari ini juga merupakan tumor ganas yang tumbuh diretina serta akan menyabar keorgan lainnya.

Retinoblastoma sendiri merupakan kanker yang pada umumnya dialami oleh sebagian anak anak, namun hal ini juga bisa dialami oleh orang dewasa. Retinoblastoma biasanya menyerang selaput dalam mata atau rertina yang mana terletak pada dinding mata sebelah dalam. Retinoblastoma bisa menyerang salah satu dari kedua mata. Dan kebanyakan penyakit ini umumnya terjadi pada anak anak dibawah usia 5 tahun.

Waspadai Kanker Retinoblastoma, Penyebab  Dan Gejala

Retina pada manusia dibentuk oleh sel sel yang mana disebut dengan retinoblas. Dan kanker ini terjadi karena adanya genetik yang mana membuat retinoblas terus berreproduksi hingga tumor ini tumbuh pada retina. Kanker ini bisa tumbuh keseluruh bagian mata hingga akhirnya menyebar kebagian tubuh lain, seperti otak, jantung dan tulang belakang

Dr. Edi Setiawan Tehuteru SpA (K) yang merupakan salah seorang ahli ankologi anak mengatakan bahwa retinoblastoma bisa dialami oleh seorang anak yang berusia dibawah 5 tahun. Dan seperti apa sajakah gejalanya ? menurut dokter Edi menuturkan, gejala yang khas dari rertinoblastoma seperti adanya mata yang mirip seperti mata kucing.

Hal ini tampak bintik bintik pada bagian hitam bola matanya, dan nampak matanya seperti mata kucing. Adapun bintik putih tersebut adalah tumor yang tumbuh pada mata anak. Tidak hanya itu mata anak juga akan tampak merah, mengalami gangguan penglihatan atau mata juling. Maka waspadai bila terjadi mata merah pada anak yang tidak mengalami kesembuhan dan waktu kurang lebih 3 hari.

Dan jika muncul gejala seperi yang disebutkan tersebut pada anak anda, maka jangan ragu untuk segera memeriksakan kedokter. Terlebih sebelumnya ada riwayat bagi orang tua atau anak yang terkena Retinoblastoma. Karena Retinoblastoma pada dasarnya dipengaruhi oleh faktor genetik.

Ada baiknya bila kita tidak menunggu gejala tersebut muncul, melainkan mulai sekarang rajinlah periksakan mata sampai usia 5 tahun. Dan dokter Edi mengatakan, Retinoblastoma merupakan satu satunya jenis kanker pada anak yang bisa dideteksi sejak dini. Namun sayangnya hingga detik ini kanker pada anak belum bisa untuk dilakukan pencegahan.

Salah satu alat yang bisa mendeteksi penyakit ini adalah alat ophtalmoscop dengan pemeriksaan lihat merah apda mata anak. Namun apabila tidak terlihat pantulan warna merah dari mata anak melalui ophtalmoscop, maka anak memerlukan pemeriksaan mata lebih lanjut.

Baca Juga : Waspadai Penyakit Mata Sebagai Komplikasi Dari Diabetes

Waspadai Kanker Retinoblastoma yang Ditandai Mirip Mata Kucing Waspadai Kanker Retinoblastoma yang Ditandai Mirip Mata Kucing
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Waspadai Kanker Retinoblastoma – www.herbaltv.co.id – Selain leukimia atau kanker darah ternyata retinoblastoma juga banyak dijumpai pada anak anak. Penyakit yang sering tanpa kita sadari ini juga merupakan tumor ganas yang tumbuh diretina serta...
Informasi Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *