3 Cara Alami Mengobati Batuk Berdahak

Batuk merupakan salah satu jenis penyakit yang lazim kita temui pada berbagai kalangan masyarakat. Mulai dari anak-anak, remaja sampai orang tua lazim terkena batuk. Batuk sendiri sebenarnya tidak termasuk kategori penyakit karena hanya merupakan gejala dari sebuah penyakit saja. Misalnya, batuk merupakan gejala adanya infeksi virus influenza, bronkitis, alergi, TBC, gejala infeksi saluran pernafasan, radang tenggorokan dan masih banyak lagi. Batuk sendiri adalah suatu mekanisme yang dilakukan oleh tubuh untuk menjaga sistem pernafasan (terutama paru-paru) dari benda-benda asing. Seperti yang umum diketahui, batuk bisa dibedakan menjadi dua jenis yaitu batuk kering dan batuk berdahak.

3 Cara Alami Mengobati Batuk Berdahak

Bila batuk menghasilkan lendir sputum atau lebih dikenal dengan dahak, maka batuk tersebut adalah batuk produktif atau batuk berdahak. Sedangkan batuk yang tidak menghasilkan sputum atau dahak disebut dengan istilah batuk tidak produktif atau batuk kering. Batuk berdahak biasanya sangat mengganggu pernafasan dan juga cukup menyiksa. Batuk kering juga cukup menyiksa dikarenan banyak gerakan otot dada dan perut saat batuk. Bagi anda yang sedang terkena batuk berdahak, maka anda bisa mencoba 3 cara lami dalam mengobati batuk berdahak. Beberapa cara alami untuk menyembuhkan batuk berdahak ini sangat mudah dilakukan karena bahan-bahannya biasanya sudah tersedia di dapur rumah anda. Nah, apa saja sih bahan alami yang bisa digunakan untuk membantu menyembuhkan batuk berdahak? Mari kita simak !

1.  Obat Batuk Berdahak Jahe

Manfaat jahe untuk kesehatan pernafasan memang sudah tidak diragukan lagi. Jahe diketahui mengandung senyawa bernama gingerol yang dapat memberikan rasa hangat pada sistem pernafasan sekaligus melegakan pernafasan anda. Jahe juga bisa mengeluarkan lendir-lendir tersebut dari dalam tubuh karena jahe memiliki sifat antioksidan yang tinggi serta anti-peradangan. Untuk menggunakan jahe sebagai obat batuk, anda bisa membuat wedang jahe yang enak.

Cara pembuatannya sangat mudah, pertama-tama siapkan jahe kemudian keprek dan masukan kedalam panci bersama 2 gelas air serta gula merah. Kemudian masak menggunakan api kecil hingga berkurang airnya setengahnya. Minum 2 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Obat Batuk Berdahak Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung minyak atsiri yang dapat berfungsi sebagai penetral dahak. Ramuan jeruk nipis untuk mengobati batuk sudah digunakan secara turun-temurun. Cara membuatnya pun sangat mudah. Cukup campurkan air perasan jeruk nipis, 2 sdm madu dan 1 gelas air hangat lalu aduk hingga merata. Konsumsi ramuan ini 1 sendok teh sehari dua kali. Atau kamu juga bisa langsung mencampurkan 1 sdt madu dan 1 sdt air jeruk nipis dan langsung dikonsumsi.

3. Obat Batuk Berdahak Daun Sirih

Daun sirih juga bisa digunakan sebagai cara alami menyembuhkan batuk berdahak. Caranya cukup ambil 5 lembar daun sirih, kemudian bisa ditambahkan cengkeh dan kapulaga serta kayu manis. Rebus dalam panci dengan 2 gelas air, tunggu hingga air tersisa setengahnya saja. Konsumsi kira-kira 1 sendok makan sebanyak 3 kali dalam sehari.

Nah itulah beberapa ramuan yang bisa anda gunakan untuk membantu menyembuhkan batuk berdahak. Anda juga bisa menggunakan bahan alami lain seperti kunyit, madu dan lada putih, daun asam muda, daun kemangi dan bunga belimbing wuluh. Terakhir, jangan lupa untuk memperbanyak minum air putih hangat untuk membantu mengeluarkan dahak dari tenggorokan.

herbaltv
Diposkan dalam kategori Informasi Kesehatan, Penyakit, tanggal April 19, 2018
  • Baru-baru ini :

    Luar Biasa! Inilah Manfaat Mengonsumsi Tauge Untuk Kesehatan

    Manfaat tauge untuk kesehatan memang tidak heran lagi. Sayuran...

    Inilah Buah Penurun Kolesterol Paling Ampuh

    Bagi anda yang saat ini sedang menderita kolesterol tinggi,...

    Wajib Tahu Minuman Sehat Penangkal Flu dan Demam

    Minuman Sehat Penangkal Flu dan Demam  – www.herbaltv.co.id –...

    Gejala Kanker yang Umum Terjadi Namun Sering Diabaikan

    Gejala Kanker yang Umum Terjadi Namun Sering Diabaikan  –...

    Ini Manfaat Tertawa Untuk Kesehatan Jantung, Mental dan Fisik

    Manfaat Tertawa Untuk Kesehatan Jantung, Mental dan Fisik  –...