3 Manfaat Kersen Untuk Kesehatan

Manfaat tanaman kersen atau talok sangat banyak bagi kesehatan. Bahkan, beberapa penelitian tentang manfaat kersen untuk kesehatan telah dilakukan oleh banyak akademisi. Pohon kersen atau talok biasanya dapat dengan mudah ditemukan di berbagai daerah. Tanaman ini memiliki buah-buah kecil berwarna merah yang manis. Pohon talok memiliki nama latin Muntingia Calabura. Buah, daun dan kulit pohon kersen memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Hal ini terjadi karena pohon kersen memiliki senyawa-senyawa penting seperti flavonoid, senyawa polifenol, tannin dan senyawa triterpene serta saponin. Secara umum, tanaman ini memiliki senyawa antioksidan yang sangat bagus. Tanaman ini dapat melindungi sel-sel tubuh manusia dari kerusakan akibat radikal bebas. Sebenarnya apa saja manfaat kesehatan dari pohon talok? Simak penjelasan berikut ini !

manfaat kersen untuk kesehatan

Daun Kersen Obat Diabetes Mellitus Tipe 2

Berdasarkan berbagai penelitian, para akademisi kesehatan telah menemukan bahwa daun kersen dapat digunakan untuk pengobatan diabetes mellitus tipe 2. Air rebusan daun kersen dapat membantu penderita diabetes mellitus untuk menurunkan kadar gula darahnya. Hal ini telah terbukti secara eksperimen melalui sebuah penelitian yang ditemukan dalam sebuah jurnal pada Journals of Ners Community. Adapun senyawa aktif daun kersen yang berfungsi sebagai antidiabetes ialah saponin dan juga flavonoid. Kedua senyawa tersebut dapat menghambat penyerapan gula berlebih pada usus sehingga penderita diabetes dapat mengontrol kadar gulanya dengan mudah.

Daun Kersen Untuk Menurunkan Kolesterol Jahat

Berdasarkan beberapa penelitian disebutkan bahwa air rebusan daun kersen sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena daun kersen mengandung senyawa bernama saponin dan flavonoid. Untuk cara pengolahannya bisa dengan cara merebus daun kersen seperti biasa.

Buah Kersen Untuk Menurunkan Kadar Asam Urat Darah

Selain daun dan kulitnya, ternyata buah kersen juga memiliki manfaat yang tak kalah hebat. Buah kersen yang berwarna kemerahan itu dapat digunakan untuk membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Hal ini dikarenakan buah kersen mengandung kadar purin yang terbilang rendah. Selain itu, buah kersen memiliki kandungan air yang dapat membantu melarutkan purin yang telah mengendap dalam tubuh.

 

herbaltv
Diposkan dalam kategori Tanaman Obat, tanggal August 2, 2017
  • Baru-baru ini :

    15 Manfaat dan Khasiat Buah Belimbing Untuk Kesehatan Tubuh

    15 Manfaat dan Khasiat Buah Belimbing Untuk Kesehatan Tubuh...

    Luar Biasa! Inilah Manfaat Mengonsumsi Tauge Untuk Kesehatan

    Manfaat tauge untuk kesehatan memang tidak heran lagi. Sayuran...

    5 Kondisi Tubuh Ini Membuat Urine Berbau Menyengat

    Kondisi Tubuh Ini Membuat Urine Berbau Menyengat  Рwww.herbaltv.co.id...

    Kenali 8 Penyebab Bau Mulut Akut

    Bau mulut bisa menyebabkan kurangnya rasa percaya diri terutama...

    Mari Kenali Gejala Anemia Secara Umum

    Gejala anemia pada anak maupun orang dewasa perlu diwaspadai...