4 Cara Mengobati Batuk Secara Alami dan Mudah

Batuk merupakan penyakit yang umum dijumpai pada berbagai kalangan masyarakat. Ada banyak jenis batuk mulai dari batuk kering, batuk rejan, batuk berdahak hingga batuk yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Untuk mengobati batuk, bisa dilakukan dengan cara mengolah ramuan yang terbuat dari 100% bahan alami yang mudah ditemukan dirumah. Setiap jenis batuk memerlukan pengobatan yang berbeda pula. Maka dari itu, ramuan-ramuan yang akan kami bahas akan berbeda satu sama lain tergantung apa jenis batuk yang dialami. Mari kita simak 4 cara mengobati batuk secara alami dan mudah di bawah ini.

4 Cara Mengobati Batuk Secara Alami dan Mudah

1. Batuk Untuk Anak-Anak

Bunga belimbing wuluh (Averrhoa Bilimbi) memiliki rasa yang khas. Selain bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit tifus, sariawan, pegal linu dan gondongan, belimbing wuluh juga baik untuk pengobatan batuk pada anak terutama batuk yang disebabkan oleh adanya infeksi bakteri, antimikroba dan jamur. Untuk membuat ramuan herbal batuk pada anak-anak, bahan yang perlu disiapkan diantaranya :

  • 1 genggam bunga belimbing wuluh segar
  • 1 buah bawang merah
  • 1/4 biji buah pala
  • air secukupnya
  • gula atau madu untuk menambah rasa

Setelah semua bahan disiapkan, iris tipis-tipis atau tumbuk bawang merah hingga halus lalu haluskan juga buah pala. Campurkan semua bahan dalam mangkok kecil kemudian kukus selama kurang lebih 1 jam. Saring air hingga bersih kemudian berikan pada anak di pagi hari serta malam sebelum tidur.

2. Batuk Asma

Bahan utama yang akan digunakan untuk menyembuhkan batuk asma ialah pegagan (Centella Asiatica L.). Berdasarkan paparan ilmiah dari Besung,2009 disebutkan bahwa tanaman pegagan dapat digunakan untuk berbagai macam pengobatan mulai dari radang, asma, rematik hingga TBC. Bahan Yang dibutuhkan diantaranya adalah :

  • 1 sendok makan pegagan yang sudah ditumbuk
  • air secukupnya
  • gula atau madu sesuai selera

Campurkan pegagan yang sudah ditumbuk dengan air matang kemudian saring. Hasil dari penyaringan ditambahkan madu atau gula sesuai selera. Ramuan ini diminum 1 kali sehari pada pagi hari sebelum makan.

3. Batuk Karena Masuk Angin

Jeruk nipis diketahui mengandung antioksidan yang cukup tinggi dan juga dapat membantu mengeluarkan dahak dari tenggorokan. Ramuan ini bisa diberikan pada anak-anak maupun dewasa. Adapun bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut :

  • 1 sendok makan air perasan jeruk nipis
  • air matang 4 sendok makan
  • madu secukupnya

Campur semua bahan dan aduk hingga merata. Untuk dewasa, bisa diminum 4 x 1 hari masing-masing 1 sdm sedangkan anak kecil 4 x 1 hari masing-masing 1 sendok teh.

4. Batuk Pilek Dengan Suara Serak

Bahan utama yang diperlukan dalam ramuan ini adalah pegagan dan jeruk nipis. Kedua bahan ini dipercaya dapat membantu meredakan batuk pilek yang juga diiringi suara serak. Adapun bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut :

  • Setengah genggam daun pegagan
  • 3 sdm air perasan jeruk nipis
  • Air matang 3 gelas

Rebus pegagan dengan air hingga tersisa setengahnya saja. Saring ramuan pegagan kemudian tambahkan air perasan jeruk nipis. Minum ramuan ini dua kali sehari masing-masing 1 gelas.

4 Cara Mengobati Batuk Secara Alami dan Mudah 4 Cara Mengobati Batuk Secara Alami dan Mudah
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Batuk merupakan penyakit yang umum dijumpai pada berbagai kalangan masyarakat. Ada banyak jenis batuk mulai dari batuk kering, batuk rejan, batuk berdahak hingga batuk yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Untuk mengobati batuk, bisa...
Informasi Kesehatan Penyakit - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *