3 Hal Berikut Ini Bisa Merusak Fungsi Hati Anda

Hati merupakan salah satu organ paling penting dalam tubuh yang memiliki berbagai macam fungsi dan tugas. Hal-hal yang dilakukan oleh organ hati merupakan proses-proses yang vital dalam tubuh. Beberapa fungsi vital pada hati diantaranya adalah mengatur metabolisme kolesterol dan gula dalam tubuh, mengatur pembekuan darah, membantu tubuh melawan berbagai macam infeksi, membuang berbagai macam racun yang ada dalam tubuh dan masih banyak lagi. Organ hati dalam tubuh manusia termasuk salah satu bagian tubuh yang istimewa. Bagaimana tidak, hati bisa meregenerasi dirinya sendiri ketika ada kerusakan kecil. Padahal, hati merupakan organ tubuh terbesar kedua setelah kulit. Menjaga fungsi hati agar tetap berjalan dengan baik sangat penting demi menjaga kesehatan tubuh anda.

3 Hal Berikut Ini Bisa Merusak Fungsi Hati Anda

Meskipun organ hati bisa meregenerasi dirinya sendiri, namun jika terkena kerusakan terus menerus, maka organ hati juga bisa mengalami rusak permanen sehingga fungsi hati kedepannya tidak akan berfungsi dengan baik. Ada beberapa hal bersifat eksternal yang bisa merusak hati secara permanen perlahan-lahan. Nah, apa saja hal yang bisa merusak hati tersebut ?

1. Minuman Beralkohol

Bila anda sangat menggemari minuman beralkohol, maka sebaiknya anda menghentikan kebiasaan ini. Selain buruk untuk kesehatan secara umum, minuman beralkohol juga berpotensi dapat merusak organ hati secara permanen. Saat seseorang minum alkohol, maka hati akab bekerja lebih keras dari biasanya untuk membuang cairan ini keluar dari dalam tubuh. Nah, saat melakukan proses ini, beberapa sel hati akan rusak dan bahkan mati. Maka dari itu, kosumsi alkohol dapat menyebabkan kerusakan permanen pada hati, selain itu juga bisa menyebabkan perlemakan hati hingga sirosis hati.

2. Merokok

Sudah bukan rahasia lagi bahwa rokok mengandung banyak sekali racun didalamnya. Adapun salah satu fungsi hati adalah untuk membuang racun dari dalam tubuh. Maka dari itu, saat seseorang merokok, hati juga akan bekerja keras mengeluarkan racun tersebut dari dalam tubuh. Sama halnya dengan alkohol, rokok juga berpotensi merusak sel hati. Rokok juga bisa meningkatkan risiko terkena virus Hepatitis dan kanker hati.

3. Virus / Lingkungan Kotor / Seks Bebas

Virus Hepatitis A dan Hepatitis E diketahui dapat merusak hati secara signifikan. Virus-virus ini bisa ditularkan melalui lingkungan yang kotor dengan sanitasi yang buruk. Bila virus Hepatitis A dan E bisa ditularkan melalui lingkungan yang kotor, maka lain halnya dengan virus Hepatitis B dan C. Hepatitis B dan C dapat dengan mudah menular melalui kontak cairan dan darah. Maka dari itu, seks bebas, tattoo dan penggunaan jarum suntik narkoba bisa menularkan virus ini dengan mudah.

Selain 3 hal diatas, beberapa minuman tertentu seperti soft drink dan makanan tinggi garam juga bisa membuat hati mengalami kerusakan. Jenis-jenis obat-obatan tertentu juga bisa mengakibatkan kerusakan pada hati.

herbaltv
Diposkan dalam kategori Informasi Kesehatan, tanggal May 22, 2018
  • Baru-baru ini :

    5 Tips Cara Ampuh Mengikis Lemak Secara Permanen

    Cara Ampuh Mengikis Lemak Secara Permanen  – Mempertahankan hasil...

    Ingin Tubuh Langsing Meski Suka Ngemil? Ini Tipsnya !

    Ingin Tubuh Langsing Meski Suka Ngemil? Ini Tipsnya !...

    Manfaat Daun Sirsak Untuk Pengobatan Penyakit Batu Ginjal

    Manfaat Daun Sirsak Untuk Pengobatan Penyakit Batu Ginjal- Penyakit batu...

    Tips Mengatasi Bintik – Bintik Berair Di Tangan dan Kaki Secara Alami

    Tips Mengatasi Bintik – Bintik Berair Di Tangan dan...

    Waspadai Tanda Gejala Kanker yang Sering Diabaikan Orang

    Waspadai Tanda Gejala Kanker yang Sering Diabaikan Orang –...