5 Jenis Olahraga yang Bisa Mencegah Osteoporosis

5 Jenis Olahraga yang Bisa Mencegah Osteoporosis

Bagi sebagian dari Anda mungkin sudah familiar dengan istilah osteoporosis. Penyakit yang ditandai dengan adanya kerapuhan tulang dan banyak dialami oleh orang berusia lanjut, dan sebagian besar pengindapnya ini adalah perempuan. Supaya terhindar dari kondisi osteoporosis, maka Anda perlu melakukan tindakan pencegahan sejak usia muda.

Seperti salah satunya mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin D dan juga kalsium. Akan tetapi melakukan olahraga secara rutin juga tidak kalah pentingnya dalam menjaga tulang untuk tetap kuat dan juga terhindar dari penyakit tulang dan sendi.

Kepadatan tulang seseorang biasanya akan mencapai tingkat maksimumnya pada usia 20-30 tahun. Dan setelah itu, maka kepadatan tulang akan berangsur angsur berkurang. Nah itulah mengapa menjaga kesehatan tulang ini perlu dilakukan sejak usia dini.

Tidak hanya dengan cara mengkonsumsi makanan bergizi saja, namun mencegah osteopororis berolahraga juga mempunyai peran penting dalam bantu meningkatkan kepadatan tulang. Olaharaga sendiri bisa memicu tumbuhnya jaringan tulang yang baru dan membangun masa pada otot, sehingga apabila dilakukan secara rutin, maka resiko untuk terkena osteoporosis bisa berkurang.

Pada dasarnya, ada dua golongan olahraga yang bisa menambah dan juga menjaga kepadatan tulang, diantaranya yaitu pertama bersifat weight-bearing (latihan beban) dan latihan kekuatan otot. Dan berikut ini kami sampaikan 5 jenis olahraga yang bisa mencegah osteoporosis.

Jenis Olahraga yang Bisa Mencegah Osteoporosis

1.Tenis

Olahraga yang satu ini masuk dalam salah satu latihan beban yang baik untuk dilakukan sejak masih berusia anak anak dan remaja. Penelitian menunjukan orang yang mulai bermain tenis secara rutin sebelum puber ini akan mengalami peningkatan pada kepadatan tulangnya sebanyak 20 persen, sedangkan untuk orang yang baru mulai rutin bermain teisnya setelah puber, hanya mengalami peningkatan kepadatan tulang sebanyak 10 persen.

2. Angkat Beban

Apabila Anda ingin mempunyai tulang yang kuat hingga usia senja, maka latihan angkat bebdan secara rutin ini merupakan jawabannya. American College Sports of Medicine Resource Manual telah merekomendasikan untuk melakukan olahraga angkat beban dengan intensitas sedang sampai tinggi guna membentuk dan juga menjaga kepadatan tulang. Dan untuk pemula, maka Anda bisa menggunakan dumbbell dengan menggunakan beban seberat 2-14 kg.

3. Yoga

Latihan yoga juga bisa menjadi pilihan saat Anda ingin merileksasikan tulang dan juga persendian. Yoga dapat meregangkan otot dan juga bantu meredakan rasa nyeri pada tubuh yang Anda alami. Tapi tidak hanya itu saja, yoga ini juga ternyata bisa mencegah osteoporoses dikarenakan gerakannya yang bisa mengandalkan kekuatan, keseimbangan tubuh, fleksibilitas dan relaksasi.

4. Berjalan Kaki

Tidak perlu menggunakan olahraga yang berat supaya tulang tetap kuat. karena hanya dengan berjalan kaki saja, Anda bisa melakukan tindakan pencegahan pada osteoporosis. Karena dilansir dari salah satu lamannya Buku Memahami Krisis Lanjut usia, berjalan kaki ini bisa membantu dalam memeliharan kepatana tulang. Anda juga bisa berjalan kaki setiap hari sebelum pukul 9 supaya bisa memperoleh manfaat baik dari sinar matahari, atau juga dengan berjalan kaki mengelilingi komplek perumahan waktu sore saat udara terasa sejuk.

5. Tai Chi

Meskipun olahraga ini lebih banyak digunakan oleh orang tua, tapi tidak ada salahnya apabila Anda mencobanya. Olahraga ini dipercaya bisa mencegah osteoporosis dikarenakan mampu melatih kekutana tubuh bagian bawah dan juga melatih keseimbangan.

5 Jenis Olahraga yang Bisa Mencegah Osteoporosis 5 Jenis Olahraga yang Bisa Mencegah Osteoporosis
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Bagi sebagian dari Anda mungkin sudah familiar dengan istilah osteoporosis. Penyakit yang ditandai dengan adanya kerapuhan tulang dan banyak dialami oleh orang berusia lanjut, dan sebagian besar pengindapnya ini adalah perempuan. Supaya terhindar dari...
Penyakit - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *