Mengenal Anatomi dan Fisiologi Mata Secara Lengkap

Anatomi dan fisiologi mata merupakan hal yang penting untuk diketahui. Mata merupakan salah satu panca indera yang luar biasa. Meski hanya berukuran kecil sekitar 24mm, namun mata dapat memberikan jutaan informasi secara bersamaan pada otak. Untuk dapat memperoleh informasi, mata sangat memerlukan cahaya walaupun sedikit. Normalnya, bola mata memiliki bentuk bulat dengan anterior bola mata memiliki lengkung yang lebih cembung sehingga bentuk dua kelengkungan akan berbeda. Secara umum, bola mata kita dilapisi oleh tiga lapis jaringan yaitu sklera, uvea dan retina. Pada bagian depan mata, kita akan dapati kornea (yang masih berhubungan dengan sklera),aqueous humor, iris, lensa, vitreous humor, pupil dan masih banyak lagi. Perhatikan gambar berikut ini.

Mengenal Anatomi dan Fisiologi Mata Secara Lengkap

Anatomi Bola Mata

Berikut ini penjelasan lebih lengkap mengenai anatomi bola mata :

1. Konjungtiva

anatomi konjungtiva

Pada bagian luar mata, selain ada kelopak mata ternyata ada juga selaput lendir / membran mukosa yang berfungsi melapisi bagian depan bola mata sampai limbus dan juga bersifat melaisi kelopak mata. Konjungtiva yang bersifat melapisi kelopak mata disebut konjungtiva palpebra sedangkan konjungtiva yang menutupi bagian depan bola mata disebut dengan konjungtiva bulbi. Konjungtiva ini mengandung banyak pembuluh darah sehingga saat ia terkena infeksi, mata akan terlihat sangat merah. Fungsi utama konjuntiva sendiri yaitu sebagai pelindung lapisan sklera dan melumasi bola mata.

2. Lapisan Sklera

Mengenal Anatomi dan Fisiologi Mata Secara Lengkap

Sklera sering disebut juga sebagai putih mata. Lapisan sklera sendiri memiliki ketebalan sekitar 1 milimeter yang terbuat dari jaringan fibrosa yang kuat. Sklera juga bertujuan untuk mempertahankan bentuk dari bola mata. Lapisan ini juga bersifat melindungi bagian-bagian mata dibawahnya. Pada bagian depan sklera, kita akan menemukan kornea transparan yang berfungsi memudahkan sinar masuk ke bola mata.

3. Kornea Mata

Mengenal Anatomi dan Fisiologi Mata Secara Lengkap

Kornea mata merupakan jaringan bening avaskular yang merupakan kelanjutan dari sklera. Bagian mata yang bening ini memiliki ketebalan sekitar 550 micrometer dan lebar diameter sekitar 11 milimeter. Pada pertemuan antara kornea dengan sklera disebut limbus. Kornea mata mendapatkan nutrisinya melalui air mata dan juga humor akuos. Bagian mata yang satu ini memiliki banyak sekali serabut saraf. Terdiri dari lima lapisan yaitu lapisan epitel, membrana bowman, membrana descemet, stroma dan juga endotelium.

4. Uvea / Traktus Uvealis

Mengenal Anatomi dan Fisiologi Mata Secara Lengkap

Setelah lapisan sklera, maka kita akan menemukan lapisan uvea. Uvea sendiri merupakan lapisan tengah bola mata yang pada dasarnya terdiri dari tiga bagian yaitu iris, koroid dan juga badan siliar.

  • Iris merupakan bagian depan mata yang memiliki warna khas seperti biru, hitam, coklat, abu dan masih banyak lagi. Bagian iris terletak ditengah antara kornea mata dan lensa mata. Pada pertengahan iris, kita akan menemukan lubang yang bisa membesar dan mengecil bernama pupil mata. Iris sendiri merupakan jaringan halus yang berisi pigmen, otot polos, saraf-saraf dan juga pembuluh darah. Bagian mata yang satu ini bersifat mengatur seberapa besar jumlah cahaya yang masuk pada mata.
  • Iris sendiri terhubung dengan koroid melalui badan siliar mata. Badan silir mata mengandung banyak saraf dan juga pembuluh darah yang memiliki fungsi untuk merubah tegangan kapsul lensa agar lensa dapat fokus saat menangkap objek jauh dan objek dekat.
  • Koroid sendiri merupakan membran coklat yang terletak dibawah sklera. Membran yang satu ini memiliki pembuluh darah yang banyak dan sel pigmen yang banyak sehingga warnanya cenderung gelap. Adapun fungsi utama koroid adalah menutrisi badan kaca serta retina mata dan mencegah terjadinya refleksi cahaya internal.

5. Lensa Mata

Mengenal Anatomi dan Fisiologi Mata Secara Lengkap

Lensa mata merupakan bagiam mata yang berbentuk cembung, bening dan lunak yang memiliki lapisan kapsul tipis yang homogen, terletak pada belakang iris dan didepan badan kaca. Posisi lenda tidak akan berubah-ubah dikarenakan adanya tekanan dari humor akuos dan humor vitreous serta zonula. Fungsi utama lensa mata ialah refraksi atau pembiasan cahaya untuk difokuskan pada retina.

6. Humor Akuos & Vitreous

Mengenal Anatomi dan Fisiologi Mata Secara Lengkap

Humor akuos merupakan cairan yang terletak dibelakang sklera mata dan diproduksi secara konsisten di dalam badan siliar. Sedangkan humor vitreos merupakan suatu badan gelatin jernih avaskular yang membentuk sekitar 2/3 berat mata. Humor viterous atau badan kca berfungsi mempertahankan bentuk bola mata serta retina. Badan kaca sendiri tidak memiliki pembuluh darah didalamnya. Humor Vitreous terdiri dari 99% air dan 1% kolagen serta asam hialuronat yang membuatnya memiliki bentuk seperti gel.

7. Retina Mata

Mengenal Anatomi dan Fisiologi Mata Secara Lengkap

Pada bagian dalam mata kita akan menemukan lapisan retina yang berfungsi untuk menerima cahaya. Retina ini memiliki ketebalan sekitar 0.4 milimeter di daerah sekitar saraf optik dan meiliki ketebalan sekitar 0.1 milimeter di saerah sekitar orra serata. Lapisan Retina pada mata memiliki bintik kuning dan memiliki warna merah keunguan yang disebabkan adanya rodopsin. Retina sendiri tersiri dari berbagai lapisan mulai dari pigmen epitel retina, fotoreseptor yang terdiri dari sel batang dan sel kerucut, membrana limitan eksterna, lapisan nukleus luar, lapisan pleksiform luar, lapisan nukleus dalam, lapisan pleksiform dalam, lapisan ganglion, serabut saraf dan membrana limitan interna. Sel batang berfungsi untuk menangkap intensitas cahaya rendah sedangkan sel kerucut berfungsi untuk menangkap chaya terang dan penglihatan warna.

Itulah anatomi bola mata yang utama. Setelah mengenal lebih jauh mengenail anatomi bola mata, maka sekarang kita akan mengenal lebih jauh mengenai fisiologi mata. Anatomi dan fisiologi mata merupakan kerdua hal yang berkaitan satu sama lain. Berikut ini penjelasan mengenai anatomi dan fisiologi mata.

Fisiologi Mata

Sumber utama penglihatan mata ialah cahaya. Saat cahaya masuk melewati kornea mata, maka cahaya tersebut akan diteruskan ke pupil mata untuk selanjutnya difokuskan oleh lensa mata secara presisi pada lapisan retina. Salah satu bagian retina mata yaitu fotoreseptor akan mengumpulkan informasi cahaya yang telah ditangkap oleh mata lalu mengirimkan informasi tersebut melalui saraf optik untuk diteruskan pada otak.

Saat cahaya tersebut datang pada media refrakta mata (kornea, lensa dan badan kaca) maka cahaya tersebut akan dibelokkan/dibiaskan. Dalam proses pembiasan cahaya, agar mata bisa melihat objek secara jelas maka mata akan melakukan akomodasi yaitu tingkat kecembungan lensa mata akan berubah secara otomatis supaya jarak fokus ikut berubah.

Selain faktor media refrakta, ketepatan jatuhnya cahaya pada retina juga dipengaruhi oleh faktor panjangnya sumbu optik mata. Bila proses pembiasan berjalan normal maka hal tersebut disebut emetropia sedangkan bila terjadi kelainan pada saat pembiasan, maka kejadian ini disebut sebagai ametropia. Ametropia sendiri dibagi menjadi beberapa jenis yaitu miopia/penglihatan dekat, hipermetropia/penglihatan jauh dan astigmatisma.

Miopia (rabun jauh) terjadi saat kekuatan optik mata terlalu tinggi sehingga sinar cahaya paralel akan jatuh di depan retina Sedangkan hipermetropia (rabun dekat) merupakan kebalikan dari miopia. Hipermetropia disebabkan karena kekuatan optik mata yang terlalu rendah sehingga sinar cahaya jatuh di titik belakang retina. Adapun astigmatisma (mata siliner) merupakan suatu kondisi cacat optik dimana kekuatan optik kornea pada bidang yang berbeda tidak sama sehingga sinar cahaya paralel yang telah melewati bidang berbeda menjadi jatuh ke titik fokus yang berbeda pula.

Itulah penjelasan singkat mengenai anatomi dan fisiologi mata. Mata merupakan panca indera yang memiliki teknologi canggih dan tinggi.

herbaltv
Diposkan dalam kategori Informasi Kesehatan, tanggal February 15, 2018
  • Baru-baru ini :

    Bahaya yang Timbul Jika Anda Minum Sambil Berdiri  –...

    Bahaya Bakteri Staphylococcus Aureus  – www.herbaltv.co.id – Salah satu...

    Trypophobia atau Tangan Bolong – www.herbaltv.co.id – Trypophobia merupakan...

    Mengetahui Ciri Ciri Madu Asli Dan Palsu – www.herbaltv.co.id...

    Kurma Baik Untuk Kesehatan Jantung  – www. herbaltv.co.id –...