Apakah Itu Penyakit Usus Buntu – Penyebab Dan Gejala

Penyakit Usus Buntu – Apendicitis atau penyakit usus buntu merupakan sebuah kondisi yang bisa menyebabkan peradangan pada usus buntu. Usus yang buntu ini merupakan sebuah organ yang berbentuk selang kecil dan tipis yang lantas menempel pada bagian awal usus yang besar.

Apakah Itu Penyakit Usus Buntu – Penyebab Dan Gejala

Usus buntu ini terletak pada perut bagian kanan bawah. Usus yang buntu tidak akan mempunyai fungsi tapi pada saat tersumbat, maka usus buntu ini bisa membahayakan dan dapat berakibat fatal apabila tidak segera ditangani.

Usus buntu merupakan sebuah kondisi yang umum dan bisa untuk terjadi pada semua usia. Akan tetapi kebanyakan dari penyakit ini akan terjadi pada usia 10-30 tahun. Penyakit ini dapat kita cegah dengan cara menurnkan faktor resikonya.

Tanda atau Gejala Penyakit Usus Buntu

Gejala usus buntu yang pertama yaitu mengalami nyeri perut yang mana ini diawali pada area perut tengah atas dekat pusar. Nyeri ini juga biasanya akan berpindah keperut bagian kanan bawah. Nyeri ini akan diperburuk dengan adanya pergerakan batuk dan mengejan.

Berikut ini gejala usus buntu diantaranya:

  • Mual dan muntah
  • Kehilangan nafsu makan
  • Konstipasi atau mengalami diare
  • Tidak dapat kentut
  • Perut yang membesar
  • Demam ringan

Dengan terlalu lamanya menunda terapi medis maka hal ini bisa menyebabkan gejala usus buntu semakin menjadi lantas pecah dan ini bisa menyebabkan infeksi berat yang akan membahayakan nyawa.

Tidak Semua Gejala Penyakit Usus Buntu Sama

Seperti yang dilansir dari salah satu halamannya Everyday Health, tidak semua pasien akan merasakan gejala yang sama. Karena ada beberapa orang yang mana tidak mengalami gejala secara menyeluruh.

Dalam sebuah penelitian yang telah diterbitkan pada tahun 2007 dalam The Journal of American Medical Association, gejala usus untuk bayi dan orang dewasa tentu tidaklah sama. Oleh sebab itu, orang tua ini haruslah paham betul mengenai gejala yang bisa muncul terlebih pada anak.

Untuk bayi yang berusia 2 tahun kurang maka akan sering menunjukan sebuah gejala seperti halnya :

  • Demam
  • Muntah
  • Perut yang terasa kembung
  • Dan juga keadaan perut yang membengkak, dan ketika ditepuk pelan akan terasa empuk.

Sedangkan untuk anak anak atau juga remaja maka akan cenderung mengalami

  • Mual
  • Muntah
  • dan Nyeri perut pada sisi kakak bawah perut

Pada ibu hamil maka gejala usus buntu ini mungkin akan terlihat sama seperti saat merasakan ketidaknyamanan selama kehamilan seperti morning sickness. Karena gejalanya sendiri bisa meliputi berkurangnya nafsu makan, kram pada perut, mual dan muntah.

Akan tetapi perlu kita tekankan bahwa usus buntu saat hamil dapat menyebabkan rasa nyeri bukan pada sisi kanan bawah perut, melainkan pada perut bagian atas.

Hal ini memang sedikit berbeda, yang mana posisi usus terdorong menjadi lebih tinggi yang akibatnya adanya janin pada rahim. Tidak hanya itu gejala lainnya bisa dirasakan seperti sakit ketika buang air. Gejala demam dan diare ternyata jarang terjadi pada ibu hamil yang mengalami usus buntu.

Penyebab Penyakit Usus Buntu

Pada dasarnya hingga saat ini, penyebab mengapa seseorang mengalami appendicitis belum diketahui. Akan tetapi para ahli mempercayai bahwa penyebab utama dari penyakit ini adalah penyumbatan. Penyumbatan ini bisa disebabkan oleh adanya feses, benda asing, atau juga kanker. Saat tersumbat inilah bakteri bisa bertumbuh dna berkembang.

Hal ini bisa menyebabkan usus yang buntu mengalami pembengkakan dan terisis nanah. Apabila usus ini pecah, maka bakteri akan menyebar dan menyebabkan infeksi pada seluruh tubuh. Pada beberapa kasus usus yang buntu ini akan meradang yang disebabkan oleh infeksi.

herbaltv
Diposkan dalam kategori Penyakit, tanggal June 21, 2018
  • Baru-baru ini :

    5 Tanaman Obat Yang Dapat Menurunkan Asam Lambung –...

    Bantu Pemulihan Operasi Caesar Dengan Permen Karet – www.herbaltv.co.id...

    5 Macam Tanaman Alami Untuk Pengobatan Sakit Tipes Ampuh – herbaltv –...

    Inilah Pantangan Makanan Bagi Penderita Penyakit Asma – Asama...

    Bahaya Bergadang dan Cara Untunk Mengurangi Resikonya – herbaltv – Bergadang...