Awas Ini Penyebab Wasir paling Umum yang Wajib Dihindari

Penyebab Wasir paling Umum – Merasakan sakit yang disebabkan oleh wasir atau ambeien dapat menghambat aktivitas harian Anda tentunya, bahkan untuk sekedar duduk saja bisa terasa tidak nyaman. Lantas apa sebenarnya penyebab wasir ?

Penyebab Wasir Paling Umum

Awas Ini Penyebab Wasir paling Umum yang Wajib Dihindari

Wasir atau ambeien merupakan benjolan didalam anus yang disebabkan oleh pembuluh darah vena yang membengkak dan juga meradang. Pada umumnya wasir ini disebabkan karena seringnya mengejan yang terlalu keras saat Buang air besar. Adanya tekanan yang terlalu banyak pada rektum dan juga anus bisa membuat pembuluh darah dalam anus mengalami pembengkakan.

Akan tetapi ada beberapa diantaranya penyebab wasir lainnya yang mungkin tidak akan pernah Anda sadari contohnya

1. Sembelit Kronis

Fases yang telah mengeras akibat dari sembelit akan membuat Anda harus mengeluarkan tenaga yang lebih banyak untuk mengejan. Tekanan ekstra inilah yang pada akhirnya dapat menyebabkan berkembangnya bengkak dan ambeien.

2. Kehamilan

Seiring dengan usia kehamilan yang semakin membesar, maka rahim akan ikut untuk berkembang mengikuti perkembangan janin. Tekanan rahim ini sendiri kemudian akan menekan pembuluh darah yang ada pada usus besar hingga bisa menyebabkan munculnya benjolan pada anus.

3. Duduk yang terlalu lama

Duduk yang terlalu lama dapat menjadi salah satu penyebab wasir, sebab pembuluh darah pada sekitar anus akan banyak terisi oleh darah. Dan aliran darah yang konstan ini pada akhirnya akan menekan dinding pembuluh darah hingga semakin membesar,

4. Mengangkat beban yang berat

Dengan berulang kalinya mengangkat benda yang berat maka bisa mengakibatkan wasir, hal ini karena adanya penumpukan tekanan pada bagian rektum yang akan mempengaruhi aliran darah dan bisa membuat pembuluh darahnya menjadi bengkak.

5. Faktor Usia

Kondisi tubuh yang semakin tua secara alami bisa menyebabkan jaringan pembuluh darah pada sekitar rektum dan anus ini semakin melemah dan meregang, sehingga rentan membengkak.

Cara Mencegah Wasir atau Ambeien

Kondisi wasir ini bisa untuk dicegah dengan mudah, asalkan Anda mampu melakukan cara cara berikut ini :

  • Rutinlah dalam mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat, misalnya adalah buah buahan, sayuran, dan juga whole grain atau biji bijian utuh.
  • Sebisa mungkin untuk dapat menghindari mengejan terlalu keras saat buang air besar.
  • Jangan juga membiasakan untuk menahan BAB. Maka segera tuntaskan usrusan dikamar mandi, begitu hasrat untuk BAB datang. Dengan menahan BAB maka bisa memberikan tekanan pada pembuluh darah diarea rektum.
  • Jangan pula berdiam diri untuk duduk yang terlalu lama, baik itu diatas toilet ataupun tempat duduk lainnya. Ada baiknya untuk bangkitlah sejenak guna berjalan jalan apabila Anda sudah kelamaan duduk dikursi kantor Anda,
  • Memperbanyak melakukan aktivitas fisik. Karena duduk dan berdiri dalam waktu yang lama ini akan memberikan tekanan pada pembuluh darah anus. Maka dari itu solusi yang baiknya yaitu dengan banyak melakukan aktifitas fisik sehingga bisa membantu fases bergerak melalui susu dan melancarkan BAB Anda.
  • Pertahankan berat badan yang sehat. Karena kelebihan berat badan bisa meningkatkan resiko anda untuk mempunyai riwayat penyakit wasir atau ambeien.
herbaltv
Diposkan dalam kategori Penyakit, tanggal October 20, 2018
  • Baru-baru ini :

    Ini Manfaat Tertawa Untuk Kesehatan Jantung, Mental dan Fisik

    Manfaat Tertawa Untuk Kesehatan Jantung, Mental dan Fisik  –...

    Awas ! Ini 7 Bahaya yang Timbul Jika Anda Minum Sambil Berdiri

    Bahaya yang Timbul Jika Anda Minum Sambil Berdiri  –...

    Beberapa Penyebab Demam Berulang Pada Anak Dan Cara Mengatasinya

    Herbal TV – Beberapa Penyebab Demam Berulang Pada Anak Dan...

    Ternyata Minyak Kelapa Ampuh Turunkan Resiko Penyakit Jantung

    Minyak Kelapa Ampuh Turunkan Resiko Penyakit Jantung  – www.herbaltv.co.id...

    Makanan – Makanan Sehat Bagi Penderita Penyakit Ginjal

    15 Makanan – Makanan Sehat Bagi Penderita Penyakit Ginjal...