Bahaya 5 Kebiasaan yang Beresiko Menyebabkan Osteoporosis

Osteoporosis kerap kali dianggap sebagai salah satu penyakit orang tua, karena kepadapat dari tulangnya ini biasanya akan semakin menurun dengan seiring bertambahnya usia. Itulah sebabnya banyak orang yang berusaha untuk mencegah osteoporosis dengan memenuhi kebutuhan akan kalsium, vitamin D, serta juga rutin berolahraga. Namun begitu, belum banyak yang mengetahui kalau kegiatan yang sering kita lakukan ini setiap hari justru bisa menjadi penyebab dari osteoporosis dilanjut usia. Nah apa sajakah itu ?

Kebiasaan yang Beresiko Menyebabkan Osteoporosis

Bahaya 5 Kebiasaan yang Beresiko Menyebabkan Osteoporosis

Pengeroposan tulang atau osteoporosis ini adalah hilangnya massa tulang yang bisa membuat tulang lebih tipis. Dan akibatnya tulang rentan rapuh, keropos dan juga mudah untuk patah. Dan kebanyakan orang mengira bahwa osteoporosis ini adalah penyakit alami, sebagai bagian dari proses penuaan. Padahal tanpa kita sadari, berbagai kebiasaan sehari hari di waktu muda mempunyai peran andil dalam kerusakan tulang.

1.Mengurung Diri Dirumah

Kebiasaan yang Beresiko Menyebabkan Osteoporosis yang pertama Seseorang yang senang berdiam diri dirumah dengan alasan takut sinar matahari yang menyengat sebenarnya secara tidak langsung ini dapat menyebabkan osteoporosis. Matahari dikenal sebagai salah satu sumber vitamin D alami yang baik untuk mendukung berbagai fungsi tubuh.

Dan uniknya vitamin D dari matahari ini mempunyai tugas penting lain dalam bantu penyerapan kalsium didalam tubuh. Kecukupan kalsium didalam tubuh ini nantinya akan dimanfaatkan guna membangun dan menjaga struktur tulang untuk tetap sehat.

Jadi usahakanlah untuk menyempatkan diri bertemu dengan matahari dipagi hari dan sore hari. Saat matahari sedang tidak terlalu terik.

2. Bermalasan Sepanjang Hari

Tulang dapat dikatakan sebagai suatu bagian penting dari tubuh yang berperan sebagai penyongkong dalam pergerakan tubuh. Dan ini artinya semakin sering digunakan maka struktur tulang tentunya akan semakin baik, sementara fungsi tulang akan melemah apabila jarang dimanfaatkan. Gaya hidup yang suka bermalas malasan dan cenderung menghindari pergerakan fisik, justru bisa membuat fungsi tulang menurun dikarenakan tidak diasah secara optimal.

Selain berolahraga secara rutin, Anda dapat mencegah pengeroposan tulang ini dengan memperbanyak aktivitas yang bisa melibatkan gerakan fisik. Dan ini misalnya naik turun tangga, jalan kaki, atau juga meluangkan waktu untuk membereskan rumah.

3. Senang Makan makanan Asin

Spesialis tulang dari Providence Saint John’s Health Center di Santa Monica, California, dr. Frederick Singer menjelaskan bahwa ternyata ada hubungan antara asupan garam yang tinggi dengan penurunan kepadatan tulang.

Untuk jumlah garam biasanya bisa dihitung dari jumlah natrium yang terkandung didalamnya. Dan ini ketika kadar natrium dalam tubuhnya meningkat, maka tubuh secara otomatis akan melepaskan lebih banyak kalsium melalui urine.

4. Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

Minum alkohol memang merupakan satu dari beberapa kebiasaan penyebab osteoporosis dikarenakan bisa menggangu kerja sistem pencernaan dalam menyerap kalsium.

Alkohol ini juga bisa mempengaruhi fungsi pankreas dan juga hati, sehingga mempengaruhi kadar kalsium dan vitamin D dalam tubuh. Bahkan hormon kortisol ini akan meningkat disertai dengan menurunkan hormon estrogen dan testoteron yang semakin melemahkan kepadatan tulang.

5. Kebiasaan Merokok

Menurut National Institute of Health Osteoporosis and Related Bone Diseases National Resource Center, menyatakan bahwa perokok punya tingkat kepadatan tulang yang jauh lebih rendah dibandingkan orang yang tidak merokok.

Hal ini karena rokok menghasilkan radikal bebas yang merupakan senyawa berbahaya penyebab penyakit. Radikal bebas ini dapat membunuh komposes sel yang mana seharunya membangun tulang yang sehat. Sama dengan alkohol merokok juga bisa meningkatkan produksi hormon kortisol yang bisa melemahkan kerja tulang.

Nah mulai dari sekarang usahakan untuk selalu menerapkan pola hidup sehat yang bisa menunjang fungsi tulang. Dan sebaliknya, menghindari berbagai kebiasaan yang bisa menyebabkan osteoporosis.

herbaltv
Diposkan dalam kategori Penyakit, tanggal March 11, 2019
  • Baru-baru ini :

    herbaltv – Tubuh Bungkuk atau kejadian yang dimana tulang...

    Manfaat dan Khasiat Kencur Bagi Kesehatan dan Kecantikan –...

    Kenali Penyakit Batuk Rejan Pada Remaja Dan anak –...

    Manfaat Tertawa Untuk Kesehatan Jantung, Mental dan Fisik  –...

    Herbal TV – Memiliki tubuh yang sehat merupakan dambaan...