Bahaya Darah Rendah Seperti Apa Yang Perlu Dicemaskan?

Selain penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi, seseorang juga beresiko terkena penyakit tekanan darah rendah atau hipotensi. Kondisi tekanan rendah merupakan suatu kondisi dimana besaran tekanan darah yang ada pada tubuh terlalu rendah sehingga aliran darah menjadi lambat yang bila dibiarkan bisa merusak berbagai organ yang sangat membutuhkan pasokan darah seperti jantung, otak, ginjal dan masih banyak lagi. Bahaya darah rendah memang tidak seekstrim darah tinggi namun bila sudah parah, maka tekanan randah juga bisa sangat berbahaya bahkan bisa menyebabkan kematian. Pada orang-orang yang terkena tekanan darah rendah terus menerus, risiko untuk mengalami kerusakan organ pun lebih besar. Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengetahui apa saja bahaya darah rendah yang bisa terjadi.

bahaya darah rendah

Pada kasus hipotensi atau tekanan darah ringan, hal ini biasanya tidak terlalu serius. Efek yang ditimbulkan biasanya hanyalah pusing, mual atau bahkan pingsan. Nah, pada saat anda mendapati terkena tekanan darah rendah, segeralah obati atau segera periksakan diri ke dokter kepercayaan anda. Hal ini untuk mencegah tekanan darah turun lebih jauh, karena bila tekanan darah terlalu rendah, maka bisa menyebabkan berbagai macam kasus gagal organ.

Penyebab Umum Bahaya Darah Rendah

Untuk menghindari kondisi tekanan rendah baik hipotensi ringan maupun berat, maka sangat disarankan untuk menjauhi beberapa penyebabnya. Penyebab yang paling umum mengakibatkan kondisi tekanan darah rendah adalah terjadinya dehidrasi atau kekurangan cairan pada tubuh. Dehidrasi bisa terjadi pada orang yang terkena diare, olahraga berlebihan, demam dan lainnya. Maka dari itu, disarankan untuk perbanyak minum cairan terutama air putih. Bila seseorang terkena dehidrasi ringan atau berat, maka ia akan beresiko terkena tekanan darah rendah ortostatik.

Selain dehisrasi, kondisi tekanan darah rendah yang berbahaya bisa disebabkan oleh perdarahan yang hebat. Seseorang yang mengalami perdarahan, maka cairan dalam tubuhnya akan menurun secara drastis dan bisa menimbulkan syok serta kematian bila tidak ditangani dengan serius. Kondisi perdarahan sendiri bisa diakibatkan oleh kecelakaan, tumor, adanya komplikasi saat operasi, dan lainnya.

Selain itu, adanya peradangan parah pada tubuh juga bisa mengakibatkan kondisi tekanan darah rendah. Contoh peradangan yang bisa mengakibatkan hipotensi adalah kondisi pankreatitis akut. Hal lain yang bisa mengakibatkan turunnya tekanan darah diantaranya adalah obat-obatan tertentu, penyakit jantung, sumbatan pembuluh darah di paru-paru, penyakit addison dan masih banyak lagi.

Bahaya Darah Rendah Seperti Apa Yang Perlu Dicemaskan? Bahaya Darah Rendah Seperti Apa Yang Perlu Dicemaskan?
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Selain penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi, seseorang juga beresiko terkena penyakit tekanan darah rendah atau hipotensi. Kondisi tekanan rendah merupakan suatu kondisi dimana besaran tekanan darah yang ada pada tubuh terlalu rendah sehingga...
Informasi Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *