Beberapa Ciri – Ciri Anak Terkena Penyakit Cacingan

Beberapa Ciri – Ciri Anak Terkena Penyakit Cacingan – Cacing cacing yang tinggal pada usus anak tidak akan menunjukan gejala apapun. Cacing cacing tersebut diam diam merampok vitamin dan mineral, serta gizi yang lainnya dan sebenarnya sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan anak.

Beberapa Ciri - Ciri Anak Terkena Penyakit Cacingan

Cacingan pada anak biasanya dapat menyebabkan kekurangan gizi, kekurangan zat besi, berat badan rendah dan mempengaruhi kesehatan fisiknya. Mengetahui secara dini ciri ciri anak terkena cacingan, dan melakukan pengobatan sedini mungkin akan mencegah anak terhindar dari kerugian akibat terinfeksi cacingan.

Beberapa Ciri – Ciri Anak Terkena Penyakit Cacingan dan tanda anak yang terkena penyakit cacingan, diantaranya sebagai berikut :

  • Nyeri Dibagian Perut

Nyeri dibagian perut ini adalah gejala yang umum jika anak terkena cacingan, akan tetapi nyeri dibagian perut bisa juga disebabkan oleh masalah kesehatan lainnya. Dan nyeri dibagian perut karena cacingan biasanya muncul berulang atau kambuh dan tidak parah, dan disamping itu sering kali disertai dengan gejala lainnya.

  • Tidur Terganggu

Ciri ciri yang lainnya tentu akan menciptakan kegelisahan dan semua ini dapat menyebabkan tidur anda terganggu di malam hari, dan banyak yang tidak menyadari bahwa ia merupakan satu dari sekian banyak yanda tanda anak cacingan.

  • Gatal Disekitar Anus

Gatal disekitar anus iniadalah gejala cacingan cacing kremi yang sering muncul dan gatal pada anus terjadi ketika cacing mencapai anus untuk bertelur terutama dimalam hari atau pagi hari sehingga dapat membuat iritasi dan gatal.

Tentu, gejla ini akan sangat menyebalkan bagi seorang anak anak, terutama balita dan taj jarang bisa membuat rewel sehingga mengganggu tidur anak anda.

  • Fesses Berbau Busuk

Kotoran yang keluar memang baunya tidak sedap, tetapi bau yang sangat busuk dari feses anak anda bisa jadi menunjukkan infeksi di dalam perut yang bisa disebabkan oleh cacing. Hal ini juga bisa terjadi akibat makan makanan yang tertentu atau bahkan infeksi bakteri.

  • Ruam Kulit

Dalam beberapa kasus yang sangat jarang cacing dapat menyebabkan ruam pada kulit atau bercak merah pada tangan dan kaki.

  • Sering Meludah

Jika anak anda mulai meludah banyak tanpa sebab, mungkin salah satu ciri adanya cacing diperut yang menyebabkan peningkatan air liur dalam mulut karena cacingan yang membuat anak sering meludah.

  • Anemia

Cacing yang di dalam usus akan menyerap zat besi yang seharusnya dibutuhkan oleh anak untuk memproduksi sel darah merah, sehingga apabila anak mengalami cacingan dalam kurun waktu tertentu maka bisa menyebabkan anemia yang ditandai dengan badan lemas dan pucat . Dan hal ini juga bisa terjadi karena pendarahan dalam saran cerna karena cacingan.

  • Badan Kurus

Ketika zat nutrisi yang seharusnya digunakan anak untuk pertumbuhan dicuri oleh cacing dan ditambah lagi gejala anak cacingan yang berupa tidak nafsu makan maka kondisi ini akan membuat berat badan anak sulit naik dan behkan cenderung sangat kurus.

  • Menempatkan Objek Dalam Mulut

Salah satu penyebab anak anak mendapatkan cacingan adalah karena memiliki kebiasaan menempatkan benda yang terinfeksi atau terkontaminasi dalam mulut mereka. Ketika anak nak mengalmi cacingan mereka cenderung melakukan hal ini lagi dan itu harus membuat anda menyadari mungkin saja itu gejala cacingan yang harus ditelusuri lebih lanjut disertai dengan penurunan nafsu makan.

jika anda ingin tahu Beberapa Ciri – Ciri Anak Terkena Penyakit Cacingan dan mengetahui apakah anak cacingan atau tidak adalah dengan melakukan pemeriksaan ke dokter dan dokter akan menggunakan beberapa pemeriksaan, diantaranya sebagai berikut :

  • Tes selotip. Tes ini dilakukan untuk cacing kremi dengan cara menempelkan sepotong pita dianus aanak untuk mengumpulkan telur cacing jika ada dan kemudian hasilnya dikirim ke laboratorium untuk pengujian.
  • Tes Cutton-bud. Tes ini sama dengan tes selotip tetapi tes ini menggunakan bahan cutton-bud.
  • Memeriksa Kuku. Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan ini dengan bertujuan untuk memeriksa telur di bawah kuku anak.
  • Pemeriksaan Tinja. Dalam tes ini dokter akan meminta sampel tinja anak yang dikirim ke laboratorium untuk memeriksa cacing atau telur cacing.
  • USG. Pemeriksaan ini biasanya dilakukan pada penyakit cacingan yang parah. Dengan bantuan USG dokter akan mencari tahu lokasi yang tepat dimana cacingan itu berkumpul.

Jika salah satu anak atau keluarga anda yang telah mengalami ciri ciri penyakit cacingan maka segeralah bawa pemeriksaan kedokter sedini mungkin, sebelum cacing cacing itu merebut masa depan anak anda.

Beberapa Ciri – Ciri Anak Terkena Penyakit Cacingan Beberapa Ciri – Ciri Anak Terkena Penyakit Cacingan
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Beberapa Ciri – Ciri Anak Terkena Penyakit Cacingan – Cacing cacing yang tinggal pada usus anak tidak akan menunjukan gejala apapun. Cacing cacing tersebut diam diam merampok vitamin dan mineral, serta gizi yang lainnya...
Informasi Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *