Beberapa Penyebab Demam Berulang Pada Anak Dan Cara Mengatasinya

Herbal TV – Beberapa Penyebab Demam Berulang Pada Anak Dan Cara Mengatasinya – Demam terjadi akibat suhu tubuh yang mengalami kenaikan yakni berada diatas 100,4 derajat Fahrenheit atau setara dengan 38 derajat Celsius. Demam yang tinggi dapat terjadi tidak disebabkan oleh infeksi yang mengancam jiwa dan bahkan beberapa anak mengalami demam tingi akibat penyakit ringan seperti batuk pilek biasa dan common cold.

 

Beberapa Penyebab Demam Berulang Pada Anak Dan Cara Mengatasinya

Pada kasus kasus tertentu kita harus ekstrak waspada karena bila terjadi demam panas pada anak berusia kurang dari 2 tahun atau jika terjadi demam berulang kita harus mengupas tuntas penyebab demam berulang pada anak dan cara bijak untuk mengatasinya.

 

Beberapa Penyebab Demam Berulang Pada Anak Dan Cara Mengatasinya

Beberapa kasus diantaranya demam yang berulang dapat disebabkan oleh penyakit yang serius dan jika hal ini terjadi pada anak maka sebaiknya secepatnya berkonsultasi dengan dokter dan juga demam yang disebabkan oleh beberapa penyakit yang sederhana. Dan berikut Beberapa Penyebab Demam Berulang Pada Anak Dan Cara Mengatasinya :

  • Sindrom Demam Periodik

Penyakit ini merupakan sindrom genetik yang diturunkan dari orang tua dan dapat menyebabkan demam pada anak tanpa adanya infeksi. Hal ini juga disebabkan karena adanya mutasi gen dan sindrom ini juga dapat mempengaruhi setiap anak secara individual dan bergantung pada lokasi tempat tinggal dan daerah tubuh yang terkena sindrom. Pengobatannya juga dapat disesuaikan dengan faktor faktor tersebut.

Gejala Sindrom Demam Periodik

  1. Demam Berulang
  2. Nyeri pada sendi
  3. Dada sakit
  4. Radang ginjal
  5. Sakit perut

Dan itulah beberapa gejala jika anak anda mengalami sindrom demam periodik.

  • Borrelia Burgdorferi

Borrelia adalah nama jenis bakteri yang dapat menyebabkan Lyme dan penyakit ini juga ditularkan pada manusia dan hewan yang melalui perantara kutu. Kutu tersebut juga biasanya ada pada hewan dan hutan yang lebat dan pengobatan ini harus dilakukan sesegera mungkin dengan memberikan antibiotik pada bagian yang diggit oleh kutu.

Gejala Borrelia Burgdorferi:

  1. Demam
  2. Nyeri otot
  3. Nyeri sendi
  4. Mual
  5. Kelelahan
  6. Sakit kepala
  7. Ruam
  8. Panas dingin
  9. Keringat malam

Dan itulah beberapa gejala-gejala penyakit Borrelia Burgdoferi yang akan dialami oleh anak yang demam tinggi

  • Limfoma

Limfoma yang merupakan penyakit kanker yang muncul dalam sistem limfatik yang merupakan sistem yang menghubungkan kelenjar getah bening di seluruh tubuh dan penyakit ini dapat menyebabkan demam berulang karena kanker yang menyerang sistem kekebalan tubuh.

Dan limfoma ini dibedakan menjadi dua jenis Limfoma Hodgkin dan Limfoma non-Hodgkin. Keduanya memengaruhi sel-sel darah putih. Kanker jenis ini dapat disebabkan oleh infeksi pada sistem kekebalan tubuh.

Gejala Limfoma:

  • Batuk dan Kelelahan
  • Sakit perut
  • Berat badan menurun
  • Keringat malam
  • Demam berulang
  • Kelenjar getah bening bengkak

Itulah beberapa penyebab yang mengakibatkan bayi demam berulang ulang dan kita harus mewaspadainya dan adapun cara mengatasi demam yang berulang pada anak.

Cara Mengatasi Demam Berulang Pada Anak

Mengatasi-Demam-Pada-Bayi

Demam yang berulang tidak selalu serius akan tetapi dapat menimbulkan kekhawatiran demam yang memang dapat membatu melawan infeksi namun apabila demam tinggi sekali maka anda harus melakukan beberapa tindakan untuk menurunkan suhu tersebut. Dan jika anak mengalami demam yang sederhana alangkah baiknya anda mencoba untuk membantu menurunkan demam berulang pada anak, Beberapa Penyebab Demam Berulang Pada Anak Dan Cara Mengatasinya :

  • Berikan Obat Demam

Jika terjadi infeksi yang dapat menyebabkan demam berulang pada anak maka segera berikan anak anda obat demam agar suhu tubuh anak anda menurun dan ada banyak obat demam yang dijual bebas di apotek tanpa harus memerlukan resep dokter seperti, parasetamol dan ibuprofen dan pastikan untuk mencermati setiap keterangan dosis dan cara pakai yang tertera pada paket.

  • Kompres Hangat

Sudah tak asing lagi dengan cara mengatasi panas anak dengan mengompres dahi nya menggunakan handuk hangat, karena hal ini akan memberikan informasi kepada otak bahwa suhu tubuh sudah tinggi sehingga tubuh akan merespon dengan menurunkan suhu panas.

  • Meningkatkan Cairan Tubuh

Demam yang disebabkan tubuh anak kehilangan cairan, dan oleh karena itu sangat penting untuk kita untuk meningkatkan asupan cairan ke dalam tubuh anak dengan rutin dan memberikan banyak asupan air putih dan cairan sehat lainnya. Yang dimaksud cairan tambahan yaitu minuman yang ber-ion dan juga yang dapat membantu menurunkan suhu pada tubuh dan minuman seperti jus buah, kuah sup atau kaldu bisa menjadi pilihan.

  • Hindari Pakaian Tebal dan Selimut

Dengan menggunakan pakaian yang tebal akan dapat menahan panas dan oleh karena itu hindari mengenakan seliput dan berbapakaian tebal guna untuk mengurangi turunnya panas dengan cepat.

  • Hubungi Dokter

Jika langkah langkah sederhana sudah dilakukan tetapi panas pada anak tidak menurun juga maka sebaiknya anak anda dibawa ke dokter dan jika demam berlangsung lebih dari beberapa hari atau berulang mungkin ada sesuatu yang serius yang dialami oleh anak anda sehingga memerlukan pemeriksaan lanjut.

Setelah memahami penyebab dan cara mengatasi demam yang berulang pada anak sebagai orang tua anda harus mewaspadai dan harus bijak dalam mengambil langkah langkah terbaik pada kasus ini dan harus selalu berkonsultasi dengan dokter tentang penyakit demam pada anak anda dan berkonsultasi dengan dokter tentang penyebab dan cara mengatasinya guna untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

herbaltv
Diposkan dalam kategori Informasi Kesehatan, tanggal August 26, 2017
  • Baru-baru ini :

    Manfaat Daun Sirsak Untuk Pengobatan Penyakit Batu Ginjal- Penyakit batu...

    Penyebab Haid Datang Lebih Awal – www.herbaltv.co.id – Bagi...

    Dampak Negatif Terlalu Sering Minum Teh Manis https://www.herbaltv.co.id Semua...

    Menu makanan untuk penderita anemia perlu untuk disiapkan secara...

    www.herbaltv.co.id – Apabila kolesterol dalam darah anda tinggi, maka...