Benarkan Makan Biji Buah Dapat Menimbulkan Usus Buntu

Makan Biji Buah Dapat Menimbulkan Usus Buntu  – Usus Buntu adalah sebuah peradangan yang mana diakibatkan karena adanya penyumbatan pada usus buntu, sebuah struktur berbentuk selang kecil yang menempel pada bagian awal usus bebsar. Dan penyumbatan ini biasanya diakibatkan oleh feses, benda asing atau bahkan juga sel kanker. Akan tetapi ada anggapan bahwa makan jambu biji atau biji buah apapun ini yang tertelan dapat menyebabkan usus buntu, apakah benar ?

Benarkan Makan Biji Buah Dapat Menimbulkan Usus Buntu

Benarkan Makan Biji Buah Dapat Menimbulkan Usus Buntu

Pada dasarnya makanan bukanlah salah satu penyebab peradangan usus buntu. Akan tetapi penyumbatan usus buntu ini yang kemudian meradangan dapat saja diakibatkan oleh adanya penumpukan makanan tertentu yang mana ini tidak hancur ketika dicerna. Misalnya saja, biji cabai atau juga biji popcorn yang mana umumnya berbentuk mini dan mungkin saja tidak ikut hancur bersama dnegan makanan lainnya sehingga bisa menyumbat pada usus dalam jangka waktu yang panjang, dan hingga akhirnya ini bisa menyebabkan radang usus buntu.

Potongan kecil dari makanan dapat memblokir permukaan rongga yang membentang pada sepanjang usus buntu. Penyumbatan ini kemudian bisa menjadi salah satu rumah bagi bakteri untuk terus berkembang biak. Dan hal ini lama kelamaan bisa mengakibatkan pembengkakan dan pembentukan nanah diusus buntu.

Akan tetapi menurut sebuah riset yang telah dipublikasikan di Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine, sangat kecil resikonya bagi biji buah yang bentuknya sama kecil seperti biji cabe atau biji buah kaunnya untuk bisa menyebabkan usus buntu. Studi ini juga dilakukan oleh Omer Engin bersama dengan timnya, menyatakan bahwa hanya dengan menemukan satu kasus radang usus buntu yang disebabkan oleh biji buah, yang mana ini dari total hampir 2000 kasus yang telah diteliti.

Maka ini artinya resiko untuk Anda mengalami usus buntu akibat makan jambu biji atau biji dari buah lainnya disengaja atau tidak disengaja hanyalah 0.5 persen. Hal ini dikarenakan sistem pencernaan manusia sudah mempunyai cara khusus untuk bisa melumatkan makanan yang telah masuk, yakni dengan enzim pencernaan yang sifatnya asam. Setelah dikunyah didalam mulut, makanan ini lantas akan dihancurkan oleh enzim, jadi secara teknis Anda pada dasarnya tidak bisa terkena usus buntu bila dikarenakan mangkonsumsi suatu makanan.

Diperlukannya banyak sekali makanan yang tidak  hancur yang lantas menumpuk atau telah tertimbun didalam usus, dan barulah bisa terjadi peradangan usus buntu. Dengan kata lainnya, sekali makan saja tidak akan langsung membuat seseorang usus buntu. Akan tetapi riset ini juga telah menyimpulkan bahwa dengan menghindari terlalu sering makanan yang sulit dicerna dapat mencegah penyakit usus buntu

Resiko Terkena Usus Buntu

Selain karena penyumbatan oleh feses atau juga benda asing, faktor resiko gentik ini ternyata turut ikut serta dalam kehadiran usus buntu. Basta dkk. menunjukan resiko usus buntu pada anak yang setidaknya mempunyai anggota keluarga yang mempunyai atau pernah mengalami usus buntu, dan ini kaan meningkat sepulu8h kali lipat bila dibandingkan dengan anak yang berasal dari keluarga bebas usus buntu.

Untuk lebih lanjutnya Basta dkk juga telah menemukan bahwa adanya keturunan usus buntu didlaam keluarga mungkin terkait dengan golongan darah yang berkaitan dengan warisansistem. Dan mereka menemukan bahwa golongan darah A mempunyai resiko lebih tinggi untuk mengalami usus buntu dari pada golongan O.

Benarkan Makan Biji Buah Dapat Menimbulkan Usus Buntu Benarkan Makan Biji Buah Dapat Menimbulkan Usus Buntu
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Makan Biji Buah Dapat Menimbulkan Usus Buntu  – Usus Buntu adalah sebuah peradangan yang mana diakibatkan karena adanya penyumbatan pada usus buntu, sebuah struktur berbentuk selang kecil yang menempel pada bagian awal usus bebsar....
Penyakit - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *