Kenali 4 Gejala Kanker Payudara yang Sering Terjadi

Gejala Kanker Payudara – Menurut WHO atau World Health Organization, penyakit kanker payudara ini merupakan salah satu kanker yang memang paling sering didiagnosis pada wanita di Indonesia. Kanker payudara ini juga terjadi ketika sel sel keanker tumbuh dari jaringan payudara yang lantas meliputi lobulus dan saluran pada payudara, bersama dengan lemak dna jaringan ikat.

Kenali 4 Gejala Kanker Payudara yang Sering Terjadi

Untuk beberapa kasus, hal ini tidak menimbulkan gejala kanker payudara yang spesifik terlebih untuk tahap pertama. Dan dengan semakin dini kanker payudara ini ditemukan, makan akan semakin memudakan kanker untuk segara ditangani. Dan inilah sebabnya mengapa dengan mendeteksi dini merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Gejala Kanker Payudara

Dan berikut ini merupakan beberapa Gejala Kanker Payudara. Mempunyai satu atau bahkan lebih gejala kanker payudara berikut ini akan menunjukan Anda postif mengalami kanker payudara. Akan tetapi, Anda disarankan juga untuk segera mengunjungi dokter apabila mnegalami beberapa gejala.

1. Benjolan Dipayudara

Untuk sebagian wanita, benjolan dipayudara ini merupakan salah satu gejala awal dari benjolan kanker payudara. Dan benjolan ini biasanya tidak diikuti dengan rasa sakit, meskipun beberapa orang justru merasakan sebaliknya. Sebagai langkah antisipasi, ada baiknya Anda memeriksakan kondisi payudara Anda sendiri untuk setiap bulannya guna mengenal jaringan pada payudara. Dengan demikian tentunya Anda akan mudah untuk mendeteksi benjolan asing yang hadir.

2. Perubahan Kulit Pada Payudara

Ada beberapa wanita yang telah menemukan perubahan pada kulit payudaranya. Dan ada beberapa subtipe kanker payudara langka yang mana ini menyebabkan perubahan kulit, sehingga akhirnya gejala dari kanker ini sering dianggap sebagai infeksi biasa saja. Perubahan kulit pada payudara ini diantaranya meliputi :

  • Iritasi
  • Kemerahan
  • Penebalan pada kulit
  • Lekukan pada jaringan
  • Dan juga tekstur kulit yang mirip jeruk.

3. Perubahan Pada Puting

Adanya kondisi puting yang berubah juga bisa menunjukan gejala dari kanker payudara. Maka datangilah dokter apabila Anda menemukan perubahan pada bentuk puting, seperti dibarengi dengan rasa nyeri, atau telah keluarnya cairan yang abnormal.

4. Adanya Benjolan diketiak

Gejala Kanker Payudara selanjutnya adalah terdapatnya benjolan diketiak. Jaringan payudara akan meluas sampai dengan kebawah lengan, sehingga sel sel kanker ini bisa untuk menyebar melalui kelenjar getah bening dibawah lengan. Dari kondisi ini periksakan kedokter apabila Anda telah menemukan benjolan atau pada daerah yang abnormal pada sekitaran payudara Anda.

5. Kanker Payudara metastasis

Kanker payudara yang telah menyebar sampai kebagian tubuh lainnya maka ini disebut dengan kanker payudara metastasis atau kanker payudara stadium 4. Dan meskipun jarang berhasil untuk disembuhkan, namun upaya guna menghentikan penyebarannya tetap harus dilakukan. Organ yang paling mungkin untuk terkena dari kanker payudara ini adalah otak, tulang, paru, paru dan juga hati atau liver. Dan gejalanya akan bervariasi tergantung dari organ yang terkena oleh penyebarannya.

Untuk gejala metastasis tulang diantaranya adalah nyeri dan rapuh pada tulang, sedangkan untuk gejala dari metatasis otak bisa meliputi gangguan pada penglihatan, mengalami kejang, mual, dan sakit kepala yang terus datang. Sementara itu untuk gejala metatasis hati sendiri gejalanya seperti :

  • Penyakit kuning pada kulit dan bola mata
  • Adanya ruam atau gatal pada kulit
  • Enzim hati yang abnormal
  • Kehilangan bafsu makan atau mengalami mual.

Untuk pasien yang mengalami metastasis paru paru mungkin akan mengalami nyeri pada dada, batuk yang kronis, atau mengalami kesulitan dalam bernapas

Dan jika Anda mengalami semua gejala gejala tersebut, belum tentu juga kanker Anda telah menyebar. Depresi atau mengalami kecemasan, infeksi dan penyakit lainnya bisa untuk menyebabkan beberapa gejala yang serupa. Dan untuk mendiagnosisnya maka hubungilah dokter Anda untuk menjalani pemeriksaan

Perlu Diingat !!
Apabila Anda mengalami gejala gejala diatas, namun bukan berarti Anda postif mengalami kanker payudara. Infeksi atau kista bisa saja terjadi, dna juga bisa menyebabkan gejala seperi yang telah disebutkan sebelumnya.

herbaltv
Diposkan dalam kategori Berita, Penyakit, tanggal September 21, 2018
  • Baru-baru ini :

    Makanan yang Dilarangan Saat Haid – www.herbaltv.co.id – Sebagian...

    Herbal TV, Saat ini jumlah anak-anak yang terkena obesitas...

    Manfaat Tertawa Untuk Kesehatan Jantung, Mental dan FisikĀ  –...

    Gejala anemia pada anak maupun orang dewasa perlu diwaspadai...

    Siapa yang tidak kenal penyakit batuk ? penyakit yang...