Hal yang Paling Sering Bikin Maag Kambuh

Penyakit maag adalah salah satu penyakit yang paling sering ditemui pada masyarakat Indonesia. Maag sendiri merupakan suatu masalah kesehatan yang disebabkan oleh adanya gangguan saluran pencernaan (lambung). Penyakit ini mayoritas muncul karena buruknya pola makan yang dijalani oleh seseorang. Selain pola makan yang keliru, faktor konsumsi obat-obatan tertentu dan faktor kebersihan juga bisa menimbulkan maag kambuh. Pada dasarnya, penyakit maag merupakan penyakit yang cukup mudah untuk ditangani asal penderita mau menjalani pola hidup yang sehat. Pada kasus terburuknya, bila terjadi komplikasi parah pada saluran pencernaan, maka dapat menyebabkan kematian. Maka dari itu, jagalah tubuh kita agar senantiasa sehat.

Hal yang Paling Sering Bikin Maag Kambuh

Berdasarkan data dari Badan Kesehatan Dunia WHO, disebutkan bahwa angka kejadian gastritis di Indonesia mencapai 40,8%. Hal ini menunjukkan bahwa ada banyak sekali masyarakat yang terkena penyakit tersebut. Penyakit ini dapat menjadi semakin parah bila kambuh terus menerus. Maka dari itu, sangatlah penting untuk menjaga agar penyakit maag yang diderita tidak kambuh terus menerus. Hal-hal yang bisa menyebabkan kekambuhan diantaranya ialah konsumsi makanan bercitarasa pedas, minuman bersoda, makanan yang mengandung tinggi lemak serta coklat. Bila penyakit maag terus kambuh, maka hal ini bisa menyebabkan stress berkepanjangan pada penderitanya. Maka dari itu, penting untuk menghindari faktor-faktor kekambuhannya.

Faktor Pemicu Maag Kambuh

Berdasakan penelitan yang dilakukan oleh Candra Bagus & M.Ikhwan pada jurnal AKP disebutkan bahwa faktor utama yang bisa menyebabkan kekambuhan penyakit maag adalah faktor stress. Hal ini dikarenakan orang yang sedang mengalami stres biasanya memiliki pola makan yang buruk serta lebih sering mengonsumsi minuman bersoda, merokok bahkan minum minuman beralkohol. Makanan dan minuman yang buruk tentu saja dapat menyebabkan kekambuhan pada penyakit maag tersebut. Faktor stress merupakan faktor tertinggi yang bisa menyebabkan penyakit maag kambuh.

Selain faktor stress, faktor lain juga bisa menyebabkan kekambuhan pada penyakit maag. Faktor-faktor tersebut diantaranya ialah faktor makanan dan juga obat-obatan. Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa makanan pedas, minuman bersoda dan juga makanan tinggi lemak dapat dengan mudah menyebabkan kekambuhan pada penyakit maag anda. Maka dari itu, untuk mencegah kambuhnya maag, stress harus dihindari sebisa mungkin. Selain itu, pola makan yang baik harus dijalani agar kondisi lambung semakin sehat dan kerja lambung menjadi ringan.

Hal yang Paling Sering Bikin Maag Kambuh Hal yang Paling Sering Bikin Maag Kambuh
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Penyakit maag adalah salah satu penyakit yang paling sering ditemui pada masyarakat Indonesia. Maag sendiri merupakan suatu masalah kesehatan yang disebabkan oleh adanya gangguan saluran pencernaan (lambung). Penyakit ini mayoritas muncul karena buruknya pola...
Penyakit - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *