Apakah Itu Hipertensi Atau Tekanan Darah Tinggi ?

Nama lain dari hipertensi adalah darah tinggi, yang mana tekanan darah itu sendiri merupakan kekuatan aliran darah dari jantung yang akan mendorong melawan dinding pembuluh darah atau arteri. Kekuatan tekanan darah ini dapat berubahan dari waktu ke waktu yang dapat dipengaruhi oleh aktifitas apa yang sedang dilakukan oleh jantung. Seperti halnya sedang berolahraga atau dalam keadaan normal dan istirahat dan juga daya tahan pembuluh darahnya.

Apakah Itu Hipertensi Atau Tekanan Darah Tinggi ?

Dan untuk tekanan darah tinggi yang mana merupakan kondisi tekanan darahnya lebih tinggi mulai dari 140/90 milimeter merkuri (mmHg). Untuk angka 140 mmHg merujuk pada bacaan sistolik, yaitu ketika jantung memompa darah keseuluruh tubuh. Sementara itu untuk angka 90 mmHg mengacu pada bacaan diastolik, yaitu ketika jantung dalam keadaan rileks sambil mengisi ulang bilik biliknya dengan darah.

Perlu untuk diketahui bahwasannya tekanan sistolik ini adalah tekanan maksimal dikarenakan jantung berkontrasksi, semnetara tekanan diastolik ini adalah tekanan terendah diantara kontraksi atau jantung beristirahat.

Ciri Ciri dan Gejala Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Untuk penderita hipertensi maka biasanya tidak akan menunjukan ciri apapun hanya bisa merasakan gejala ringan saja. Namun darah tinggi yang parah ini mungkin akan menyebabkan :

  1. Sakit kepala yang parah
  2. Pusing
  3. Penglihatan yang buram
  4. Mual
  5. Mengalami telinga yang berdenging
  6. Kebingungan
  7. Detak jantung yang tidak teratur
  8. Kelelahan
  9. Nyeri pada dada
  10. Mengalami sulit bernapas
  11. Adanya darah dalam urin
  12. Sensasi berdetak pada dada, leher atau juga telinga.

Mungkin masih ada gejala lainnya yang tidak kami cantumkan diatas. Untuk memastikannya anda bisa segera memeriksakan diri kedokter.

Penyebab Hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Hipertensi Atau Tekanan Darah Tinggi yang mana penyebabnya tidak jelas disebut juga sebagai hipertensi primer yang tidak dimengerti dengan benar mekanismenya. Tapi tekanan darah tinggi juga dapat disebabkan oleh gaya hidup dan juga pola makan yang buruk.

Kita ambil contohnya adalah merokok. Merokok satu batang saja dapat menyebabkan lonjakan langsung dalam tekanan darah dan bisa meningkatkan kadar tekanan darah sistoliknya sebanyak 4 mmHg. Dan nikotin dalam produk tembakau ini memacu untuk sistem saraf guna melepaskan zat kimia yang bisa menyempitkan pembuluh darah dan berkontribusi terhadap tekanan darah yang tinggi.

Banyak mengkonsumsi makanan yang asin, yang mana mengandung natrium yaitu makanan olahan, makanan kalengan, fast food dna juga makanan baik minuman yang mengandung pemanis buatan yang juga bisa meningkatkan kolesterol dan juga hipertensi.

Tekanan darah tinggi ini dapat muncul sebagai salah satu efek samping dari obat gagal ginjal dan juga penawar dari penyakit jantung. Dan kondisi ini disebut juga dengan hipertensi sekunder. Pil KB atau bahkan obat flu yang dijual ditoko obat juga dapat menyebabkan adanya tekanan darah tinggi. Wanita hamil atau yang menggunakan terapi pengganti hormon mungkin juga akan mengalami tekanan darah tinggi.

Hipertensi Atau Tekanan Darah Tinggi yang disebabkan oleh obat mungkin saja bisa menjadi normal setelah berhenti minum obat, akan tetapi dalam beberapa kasus, tekanan darah ini masih bisa untuk meningkat selama beberapa minggu setelah mengentikan penggunaan obat. Anda juga harus bertanya kepada dokter jika tekanan darah Anda abnormal terus terjadi.

Untuk Anak dibawah umur 10 tahun dan sering kali mengalami tekanan darah tinggi, bisa disebabkan oleh adanya penyakit lain mislanya adalah penyakit ginjal. Dalam kasus tersebut, tekanan darah anak akan kembali normal setelah mengkonsumsi obat darah tinggi.

herbaltv
Diposkan dalam kategori Penyakit, tanggal September 1, 2018
  • Baru-baru ini :

    Herbal TV – Kenali Penyakit Flu Singapura Yang Menyerang...

    Ini Dia Yang Menjadi Penyebab Anak Terkena Penyakit Polio...

    15 Manfaat dan Khasiat Buah Belimbing Untuk Kesehatan Tubuh...

    Herbal TV –┬áBeberapa Penyebab Demam Berulang Pada Anak Dan...

    Herbal TV – Memiliki tubuh yang sehat merupakan dambaan...