Mengenal Hipertensi Pulmonal, Gejala dan Penyebabnya

Sebagian dari kita mungkin asing dengan istilah hipertensi pulmonal. Nah, apa sih hipertensi pulmonal itu? Lalu apa saja gejala dan penyebab yang bisa menimbulkan penyakit ini datang? Sebenarnya, hipertensi pulmonal merupakan salah satu jenis hipertensi yang ada. Tekanan darah tinggi pulmonal sendiri merupakan satu dari beberapa jenis tekanan darah tinggi yang ada. Kondisi pulmonal ini hanya khusus terjadi pada pembuluh darah ateri yang terdapat di paru-paru serta bagian samping kanan jantung. Hipertensi dibagian spesifik ini terjadi karena adanya penyempitan pembuluh kapiler darah serta penyempitan arteri kecil di bagian paru-paru. Kondisi pulmonal ini juga bisa terjadi bila pembuluh kapiler serta arteri paru-paru mengalami kerusakan ataupun tersumbat sesuatu.

hipertensi pulmonal

Saat terjadi hipertensi pulmonal pada bagian tersebut, maka kondisi terburuknya adalah terjadinya tekanan pada arteri paru sehingga menimbulkan peningkatan tekanan bilik jantung sebelah kanan. Bila bilik kanan jantung ini bekerja terlalu keras dalam memompa darah ke paru-paru, maka dikhawatirkan hal ini bisa menimbulkan kondisi gagal jantung ataupun melemahkan otot pada jantung. Lalu apa saja gejala-gejala yang mungkin timbul saat terjadi kondisi ini?

Gejala Hipertensi Pulmonal

Pada kondisi ringan, biasanya penderita tidak mengalami gejala apapun yang berarti. Namun saat kondisi semakin parah, biasanya akan terjadi gejala-gejala seperti berikut ini :

  • Badan terasa lemah
  • Dada terasa nyeri dan jantung terasa berdebar
  • Timbulnya warna kebiruan pada kulit maupun bibir
  • Sesak napas
  • Bagian tungkai tubuh maupun perut terjadi pembengkakan
  • Pingsan

Nah itulah beberapa gejala yang mungkin muncul saat seseorang mengalami kondisi tekanan darah tinggi pulmonal. Nah, sebenarnya apa saja sih penyebab yang berpeluang besar menimbulkan kondisi penyakit ini? Mari kita simak penjelasan berikut ini :

Penyebab Hipertensi Pulmonal

Tahukah kamu bahwa saat jantung akan melakukan pemompaan darah ke seluruh tubuh, darah tersebut pertama-tama harus dipompa dahulu ke daerah paru-paru melalui pembuluh pulmonal atau pembuluh di bagian arteri paru. Hal ini dilakukan untuk melakukan pelepasan gas karbondioksida serta pengambilan gas oksigen untuk tubuh. Nah, pada konsisi tekanan darah tinggi pulmonal, proses tersebut tersendat atau bahkan terhambat sehingga baik oksigen maupun darah tidak bisa dialirkan dengan benar. Kondisi penghambatan ini membuat jantung bekerja lebih keras dan membuat tekanan darah di daerah pulmonal meningkat, tegang bahkan meradang.

Penyebab paling sering yang bisa menimbulkan kondisi hipertensi pada pulmonal adalah adanya penyakit jantung seperti sakit jantung bawaan, penyakit katup jantung, penyakit yang menyerang jaringan ikat, konsumsi obat yang bisa menekan nafsu makan, hipertensi biasa, penyakit paru-paru atau bahkan tumor. Adapun faktor risiko yang bisa meningkatkan peluang seseorang terkena penyakit ini adalah obesitas, penggunaan obat-obatan terlarang, riwayat keluarga dan penggunaan obat penahan nafsu makan.

Mengenal Hipertensi Pulmonal, Gejala dan Penyebabnya Mengenal Hipertensi Pulmonal, Gejala dan Penyebabnya
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Sebagian dari kita mungkin asing dengan istilah hipertensi pulmonal. Nah, apa sih hipertensi pulmonal itu? Lalu apa saja gejala dan penyebab yang bisa menimbulkan penyakit ini datang? Sebenarnya, hipertensi pulmonal merupakan salah satu jenis...
Informasi Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *