Ini Diantaranya Penyebab Darah Haid Berwarna Coklat

Meksipun namanya darah, namun darah haid tidak selalu berwarna merah terang. Warna darah menstruasi setiap wanita akan bervariasi, dan ini tergantung pada tingkat kekentalan atau volume darah. Akan tetapi banyak diantaranya wanita yang mengeluhkan darahnya justru berwarna coklat. Dan saat ini terjadi, pertanyaan utama yang biasanya muncul adalah apakah warna darah haid coklat ini normal ?

Normalkah jika darah haid coklat ?

Dalam kebanyakan kasus, darah haid yang coklat ini terhitung masih normal. Dan warna coklat menandakan darah yang sudah cukup lama berada didalam rahim sehingga warnanya tidak lagi segar. Dan darah coklat ini biasanya akan muncul pada awal akhir siklus menstruasi.

Dan jika ini darah coklat muncul diawal menstruasi Anda, maka ini bisa jadi merupakan sisa darah dari siklus sebelumnya yang dikeluarkan terlambat. Dan sedangkan darah yang berwarna coklat muncul diakhir mens maka menandakan darah sudah berada pada titik penghabisan yang disebabkan kerja rahim untuk meluruhkan dinding sudah melambat.

Penyebab Darah Haid Berwarna Coklat

Ini Diantaranya Penyebab Darah Haid Berwarna Coklat

Selain disebabkan oleh darah yang menua pada rahim, ada banyak hal lainnya yang bisa menyebab darah haid menjadi coklat. Dan beberapa diantaranya juga sama sama normal, sementara yang lainnya mungkin membutuhkan pemeriksaan kedokter. Dan berikut ini beberapa penyebab darah haid berwarna coklat

1.Efek Samping dari KB

Warna darah haid yang merah gelap kecoklatan biasanya menandakan tingkat estrogen berlebih, sehingga bisa menyebabkan lapisan dinding rahim menjadi sangat tebal. Maka saat mentsruasi volume darah haid Anda tentunya akan lebih banyak dan juga berwarna yang lebih pekat.

Dan pil KB ini mengandung hormon estrogen tiruan, sehingga menimbulkan efek dalam tubuh yang bisa mengacaukan kadar estrogen dan progesteron alami. Efek samping dari pemakaian pil KB juga bisa membuat darah haid Anda berubah coklat dan setidaknya 3 bulan pertama.

2. Kehamilan

Adanya bercak cokelat setelah Anda merasa telat menstruasi bisa menjadi salah satu tanda awal dari kehamilan. Bercak darah ini dikenal dengan nama pendarahan implamasi. Anda juga mungkin melihat hanya 1-2 tetes darah, dan ini biasanya hanya berlangsung sekitar beberapa jam atau maksimalnya 1-2 hari.

Kemudian apabila setelah tes kehamilan, pendarahan yang berwarna merah atau coklat ini terus berlangsung dan lebih dari 5-7 hari, maka itu adalah tidak normal. Dan ini bisa menjadi tanda keguguran, terlebih jika disertai dengan kondisi berikut ini :

  • Sakit perut dan kram
  • Sakit Bahu
  • Merasa Pusing dan lemah
  • Tidak mengalami mual dan gejala kehamilan normal lainnya.

3. Perimenopause

Perimopause merupakan fase sebelum menopause. Dan fase ini Anda akan menemukan warna darah haid yang coklat. Dan asalkan tidak disertai dengan abnormal dan lainnya, maka keluarnya darah haid coklat menjelang usia menopause ini termasuk aman.

Dan jika setelah menopause Anda masih mengalaminya yaitu pendarahan coklat dari vagina, maka ini mungkin menandakan adanya sebuah pembengkakak pada lapisan vagina, polip non kanker pada leher rahim, atau masalah lainnya dirahim Anda termasuk juga kanker.

4. PCOS

Sindrom ovarium polikistik (PCOS) merupakan hormon yang dapat menyebab darah haid Anda berwarna coklat. Tidak hanya itu PCOS juga ditandai dengan gejala lainnya seperti :

  • Siklus Haid yang tidka teratur
  • Adanya pertumbuhan rambut yang tidka normal pada tubuh dna wajah
  • Mengalami obesitas
  • Jerawat
  • Kista Ovarium
  • Dan juga masalah kesuburan

Jika warna darah haid coklat Anda dibarengi dengan gejala ini, maka segeralah konsultasikan pada dokter. Dan jika dibiarkan maka PCOS ini bisa meningkatkan resiko Anda untuk mengalmai sebuah penyakit diabetes tipe 2, infertilitas dna juga penyakit kardiovaskular.

5. Pelebaran Rahim

Seorang wanita yang mengalami pelebaran rahim setelah melahirkan maka beresiko untuk mengalami darah yang berwarna coklat selama siklus haid selanjutnya.

Dan hal ini seringkali terjadi disebabkan oleh rahim yang ikut membesar dan melebar setelah melahirkan terkadang juga tidak kembali ke ukuran aslinya. Rahim yang melebar ini membutuhkan lebih banyak waktu guna mengumpulkan dan menggumpalkan darah sebelum dikeluarkan.

Hal inilah yang menyebabkan aliran darah saat menstruasi deras dan ini biasanya dengan tekstur yang lebih kental dan darah berwarna gelap.

6. Endometriosis dan adenomiosis

Endometriosis dan adenomiosis adalah kondisi pertumbuhan jaringan abnormal di tempat yang tidak seharusnya. Endometriosis terjadi ketika jaringan terbentuk di luar rahim dan biasanya terjadi setelah menopause. Sementara itu, ademiosis terjadi ketika jaringan dinding rahim bertumbuh di dalam dinding otot rahim.

Kedua kondisi ini bisa menyebabkan menstruasi Anda berjalan lama karena karena rahim membutuhkan waktu untuk mengumpulkan dan menggumpalkan darah sebelum dikeluarkan. Mampetnya darah haid ini akan disertai oleh gumpalan darah haid coklat yang besar dan rasa sakit.

herbaltv
Diposkan dalam kategori Penyakit, tanggal December 12, 2018
  • Baru-baru ini :

    Ternyata Ini Penyebab Bau Kaki yang Sering Tidak Disadari

    Penyebab Bau Kaki yang Sering Tidak DisadariĀ  – www.herbaltv.co.id...

    Benarkan Rutin Konsumsi Kurma Baik Untuk Kesehatan Jantung

    Kurma Baik Untuk Kesehatan JantungĀ  – www. herbaltv.co.id –...

    Tips Cara Mudah Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah

    Tips Cara Mudah Mengatasi Bibir Kering Dan Pecah –...

    Wow! Inilah Manfaat Minum Kopi Hitam Bagi Kesehatan

    Kopi hitam tanpa gula merupakan sebuah minuman kopi yang...

    Bingung Cara Menambah Berat Badan, Ini Tipsnya

    Cara Menambah Berat Badan – Tahukah Anda, dimana sebagaian...