Ini Penyebab Mata Gatal – Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Mata Gatal – www.herbaltv.co.id – Mata yang sering merasa gatal merupakan gejala yang paling umum dari adanya alergi pada mata. Penyebab Mata Gatal dan juga kelopak mata bisa gatal dikarenakan paparan benda benda kecil misalnya debu, tangau, kotoran dan bulu binatang yang mana merupakan beberapa contoh bahwa ini merupakan reaksi alergi. Dadalam bahasa medisnya mata gatal ini seperti disebut dengan istilah konjungtivitis alergi.

Ini Penyebab Mata Gatal – Dan Cara Mengatasinya

Pada kebanyakan orang, untuk benda benda kecil sebagai Penyebab Mata Gatal tersebut bukanlah suatu benda yang berbahaya, akan tetapi pada sebagaian kecil orang yang sensitif terhadap benda inilah yang bisa mengalami reaksi yang tidak diinginkannya ketika benda kecil ini menyentuh konjungtiva atau selaput lendir yang melapisi bagian putih mata, yang mana sistem kekebalan tubuh akan bereaksi dengan melepaskan histamin dan juga senyawa alergi lainnya sehingga pada akhirnya mengalaami mata gatal dan berair  juga terasa gatal, kemudian sensitif terhadap cahaya, terasa sakit serta mata gatal bengkak dan berair

Lantas Apa Saja Penyebab Mata Gatal ?

Dan berikut ini beberapa Penyebab Mata Gatal, karena pada dasarnya mata gatal dan merah atau konjungtivis alergi ini bisa dibagi menjadi beberpa jenis berikut ini :

1. Konjungtivitis papilari raksasa
Kondisi ini merupakan konjungtivitas yang disebabkan oleh  penggunaan lensa mata kontak yang tidak bersih atau juga kotor.

2. Konjungtivitis dermatokontak
Merupakan konjungtivitis alergi yang disebabkan oleh adanya paparan dengan bahan bahan kosmetik.

3. Konjungtivitis alergi musiman
Ini adalah konjungivitis yang dipengaruhi oleh musim terutama pada saat awal musim kemarau yang mana banyak serbuk sari tumbuh dan jamur yang terus bertebaran diudara.

4. Konjungtivitis alergi kontiniu
Konjungtivitis ini memang tidak terpengaruh oleh musim, dan bisa terjadi kapan saja disepanjang tahun. Kondisi Penyebab Mata Gatal ini disebabkan oleh adanya debu tangau, bulu binatang, asap rokok, polusi udara dan juga parfum.

Bagaimana Cara Mengatasi Mata Gatal

Konjungtivitis alergi sebenarnya bukanlah sutau kondisi medis yang serius, akan tetapi apabila tidak segera untuk ditangi maka penyakit ini bisa menimbulkan rasa yang tidak nyaman sehingga menggangu kualitas hidup, bahkan bisa menyebabkan komplikasi. dan berikut ini beberapa cara kita untuk mengatasi mata gatal.

Menggunakan obat tetes mata
Obat tetes mata bisa digunakan sebagai cara mengobati mata gatal dan kering serta membantu mengecilkan pembuluh darah yang meradang sehingga bisa mengatasi mata merah, namun kita dianjurkan untuk tetap berhati hati pada saat pemakaianannya terlebih bagi penderita glaukoma. Untuk mengatasi penyebab mata gatal terus menerus atau mata gatal tak kunjung sembuh maka bisa kita gunakan tetes steroid yang bersifat sebagai antiperadangan dan alergi. Supaya lebih efektif dan aman gunakanlah obat tetes mata gatal sesuai dengan petunjuk yang diberikan.

√  Mengkonsumsi obat

Beberapa jenis obat untuk anti alergi bisa untuk Anda gunakan guna bantu mengurangi reaksi mata alergi tersebut.

√  Menghindari pemicu alergi dengan kita membatasi paparan mata terhadap debu yang bisa dilakukan dengan kita menggunakan kacamata.

√  Dianjurkan untuk tidak mengucek mata walaupun memang sangat gatal, hal ini dikarenakan dengan menggosok mata dapat melepaskan histamin yang membuat mata kita menjadi lebih gatal.

√  Mengompres mata menggunakan air dingin untuk bantu mengurangi mata dan kelopak mata yang gatal.

√  Mengkompres dengan air hangat, hal ini untuk kerak mata dan juga kelopak mata.
Menjaga kebersihan dengan kita menggunakan perlengkapan tidur seperti halnya sarung bantal, seprei, selimut yang dicuci dengan rutin.

Apabila Anda mempunyai hewan peliharaan dirumah, maka bersihkan juga hewan tersbeut beserta dengan kandangnya secara rutin. Dan juga hindari penggunaan karpet dan keset pada ruangan yang sering dimasuki oleh hewan perliharaan tersebut, hal ini karena bulu, tangau, bakteri atau juga kotoran binatang lebih mudah untuk terperangkap didalam karpet, yang mana sewaktu waktu bisa untuk terbang dan menuju mara Anda.

Untuk Anda yang telah mengetahui Penyebab Mata Gatal dan mungkin kini mengalami gejala dari mata gatal yang disebabkan oleh alergi,  maka sebaiknya segeralah memeriksakan mata Anda kedokter supaya bisa diketahui dengan pasti apa yang menjadi penyebab sehingga bisa segera untuk diberikan pengobatan yang tepat guna mencegah penyakit untuk berkembang dan menuju kondisi yang lebih parah.

herbaltv
Diposkan dalam kategori Penyakit, tanggal January 31, 2018
  • Baru-baru ini :

    Manfaat Daun Sirsak Untuk Pengobatan Penyakit Batu Ginjal

    Manfaat Daun Sirsak Untuk Pengobatan Penyakit Batu Ginjal- Penyakit batu...

    3 Cara Alami Mengobati Batuk Berdahak

    Batuk merupakan salah satu jenis penyakit yang lazim kita...

    Waspadai Penyakit Mata Sebagai Komplikasi Dari Diabetes

    Waspadai Penyakit Mata Sebagai Komplikasi Dari Diabetes   –...

    Efek Samping Bergadang dan Cara Untuk Mengurangi Resikonya

    Bahaya Bergadang dan Cara Untunk Mengurangi Resikonya – herbaltv – Bergadang...

    Benarkah Rutin Minum Air Jahe Bermanfaat Menurunkan Berat Badan ?

    Air Jahe Bermanfaat Menurunkan Berat Badan – www.herbaltv.coid –...