Inilah 3 Pantangan Ambeien Yang Harus Dihindari

Salah satu penyakit yang sering diderita oleh masyarakat Indonesia adalah penyakit ambeien. Penyakit ini biasanya datang pada orang-orang yang tidak menjaga pola makannya dengan baik. Penyakit wasir atau juga dikenal dengan penyakit ambeien adalah kondisi membengkaknya pembuluh pembuluh yang ada disekitar daerah anus. Pembengkakan pada rektum tersebut membuat penderitanya tersiksa saat buang air besar karena cenderung keras dan sulit untuk dikeluarkan. Selain itu, pembengkakan juga kadang terasa perih dan bila feses yang dikeluarkan keras, benjolan tersebut terkadang mengeluarkan darah. Untuk menyembuhkan penyakit ini sebenarnya kembali lagi pada pola makan dan pola hidup seseorang. Penderita penyakit wasir harus siap disiplin menghindari berbagai pantangan ambeien agar penyakitnya cepat sembuh.

Inilah 3 Pantangan Ambeien Yang Harus Dihindari

Nah, lalu apa saja pantangan yang sebaiknya dihindari oleh para penderita wasir tersebut ? Mari kita simak daftarnya berikut ini :

1. Hindari Makanan Tertentu

Salah satu penyebab datangnya penyakit wasir adalah karena buruknya pola makan yang dijalankan. Maka dari itu sangat penting untuk mengatur kembali pola makanan supaya kondisi pembengkakan wasir bisa cepat teratasi. Kunci keberhasilannya ada pada serat makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Bila seseorang tidak mencukupi kebutuhan serat yang cukup, maka feses yang dikeluarkan biasanya akan keras sehingga membutuhkan tenaga ekstra untuk mengeluarkannya. Sembelit adalah salah satu pemicu utama munculnya wasir. Oleh karena itu, bagi mereka yang ingin menghindari datangnya wasir, maka ia harus mencukupi kebutuhan serat hariannya.

Kelebihan serat makanan pada tubuh juga tidak baik, karena bisa memperbesar ukuran feses yang dikeluarkan. Oleh karena itu, disarankan untuk konsumsi serat secukupnya saja. Selain menghindari kekurangan serat, penderita wasir juga dianjurkan untuk menghindari makanan pedas, makanan terlalu asam dan makanan yang terlalu asin. Penderita wasir juga sebaiknya tidak boleh mengonsumsi alkohol.

2. Hindari Mengejan

Mengejan merupakan hal yang lumrah dilakukan, namun bagi para penderita wasir, hal ini sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan. Saat seseorang mengejan, maka tekanan pada daerah rektum maupun anus akan meningkat. Hal ini akan memperparah wasir dan menimbulkan benjolan baru. Selain mengejan, mereka yang menderita wasir juga tidak boleh mengangkat beban terlalu berat. Usahakan agar tidak terkena penyakit batuk berkepanjangan.

3. Hindari Berlama-lama saat BAB

Hal ini mungkin terdengar sepele, namun sangat dianjurkan untuk menghindari berlama-lama didalam toilet saat buang air besar. Hal ini bisa menyebabkan tekanan pembuluh darah diarea rektum meningkat. Oleh karena itu, hindarilah membawa ponsel ataupun koran saat buang air besar.

Nah itulah beberapa pantangan ambeien yang sebaiknya dipatuhi oleh para penderita Ambeien. Dengan disiplin menerapkan pantangan ambeien tersebut, maka perlahan-lahan kondisi akan membaik seiring dengan waktu.

Inilah 3 Pantangan Ambeien Yang Harus Dihindari Inilah 3 Pantangan Ambeien Yang Harus Dihindari
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Salah satu penyakit yang sering diderita oleh masyarakat Indonesia adalah penyakit ambeien. Penyakit ini biasanya datang pada orang-orang yang tidak menjaga pola makannya dengan baik. Penyakit wasir atau juga dikenal dengan penyakit ambeien adalah...
Berita Penyakit - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *