Inilah 5 Perubahan Vagina Setelah Anda Melahirkan

Inilah 5 Perubahan Vagina Setelah Anda Melahirkan  – www.herbaltv.co.id – Tubuh wanita adalah tubuh yang memang luar biasa. Dari tubuh Mama, maka akan tumbuh janin buah cinta dari Ayah dan Mama. Dari janin tersebut maka akan membesar, yang pada akhirnya akan keluar melalui vagina. Dan bayangkan bagaimana bayi yang terbilang cukup besar bisa melalui jalan vagina yang memang kecil.

Inilah 5 Perubahan Vagina Setelah Anda Melahirkan

Namun perlu untuk diketahui tubuh wanita kala akan menjalani persalinan akan mempersiapkan diri untuk menghadapi persalinan maupun juga pasca persalinan. Bagi wanita yang sudah melahirkan maka bersiaplah untuk menghadapi berbagai perubahan vagina anda setelah melahirkan yang mana bisa mempengaruhi kondisi psikis seorang wanita.

Inilah 5 Perubahan Vagina Setelah Anda Melahirkan

1. Meregang dan Mengerut Lagi

Vagina adalah organ yang sangat mudah untuk meregang, bisa untuk mengembang sampai 10 cm supaya bayi bisa untuk melewatinya, dan kemudian mengerut lagi, menurut Dr Roger Marwood, juru bicara Royal College of Obstetricians and Gynaecologists. Beliau memaparkan ” Meskipun bagitu, vagina ini dikelilingi oleh serangkaian otot yang disebut dengan otot dasar panggul, dan otot otot inilah yang dipengaruhi oleh kehamilan dan juga persalinan. ”

Untuk kemampunan peregangan vagina ini tergantung pada beberapa faktor, termasuk juga dengan gen bawaan, ukuran dari bayi dan berapa lama seorang wanita dalam mengejan, serta apakah peregangan ini dibantu dengan forcep yakni alat yang bisa membantu mengeluarkan bayi. Dengan melakukan latihan dasar panggul, maka bisa membantu mengetatkan otot vagina, yang secara efektif juga akan bantu mengencangkan dinding vagina, hal ini disampaikan oleh dokter yang juga merupakan pendiri DoctorandDaughter.co.uk .

2. Robekan yang Bisa Menyatu Lagi

Perubahan Vagina Setelah Anda Melahirkan selanjutnya dalah robekan yang bisa menyatu lagi.   Ada sekitar 50 persen ibu yang baru melahirkan membutuhkan jahitan untuk mengatasi perubahan vagina setelah melahirkan. Namun seorang ibu tidak usah khawatir, karena hal ini tidak sesakit yang dibayangkan. Karena jika anda belum pernah menjalani epidural, anda akan diberikan suntikan anetesi lokal, sementara itu dokter atau bidan juga akan merobek dan mengguntung episiotomi, yakni area kulit antara vagina dan anus.

Untuk diketahui juga benang yang digunakan untuk menjahitnya kembali robekan vagina ini lunak dan pada akhirnya akan menyatu dengan kulit. Oleh karena itu dokter tidak akan melepaskan jahitan ketika jaringan dibawah kulit ini telah menyatu. Namun seorang ibu masih bisa untuk merasakan apakah area tersebut terasa empuk, bengkak atau bakan memar. Hal ini juga memang terjadi meskipun ibu tidak mendapatkan jahitan setelah melahirkan normal.

Dokter juga biasanya akan memberikan obat untuk pereda sakit setelah menjalani persalinan. Apabila ibu merasa sulit untuk buang air kecil, yang diakibatkan oleh jahitan tersbeut, maka cobalah untuk menyiramnya dengan air hangat yakni pada kemaluan anda, atau juga bisa dengan pipis sambil mandi karena hal ini akan mengencerkan kadar asam pada urin anda.

3. Tidak bisa untuk menahan pipis

Terdapat lebih 40 persen perempuan akan mengalami inkotinensia yakni ketidakmampuan untuk buang air kecil, setelah mempunyai anak. Sering kali ada sedikit urin yang keluar, terutama ketika anda tertawa, batuk, atau juga bersin. nNmun itu masih bisa menghilang dalam beberapa minggu, setelah melahirkan sehingga anda tidak perlu untuk merasa khawatir.

4. Peranakan yang turun

Terkadang tekanan saat mengejan dalam proses persalinan ini bisa menyebabkan peranakan turun atau prolaps, yang artinya satu atau lebih dari organ organ panggul anda seperti diantaranya rahim, kantung kemih, atau juga dubur, turun kearah vagina. Hal ini pada dasarnya jarang untuk terjadi, hanya sekitar 10 persen perempuan. Kondisi ini bisa terasa berat, anda juga bahkan mungkin bisa untuk merasakan dan melihat tonjolan dari dalam vagina. Jika prolaps itu menekan kantung kemih, anda juga mungkin akan sering ke toilet.

Untungnya, adanya peranakan turun ini masih bisa pulih dengan seiring berjalannya waktu. Ibu juga bahkan tidak perlu untuk menjalani perawatan khusus, tergantng pada tingkat keparahannya. Jika setelah enam minggu kontrol dan tidak merasa baik, maka Ibu bisa mengunjungi dokter untuk dirujuk pada ahli fisioterapi panggul.

5. Vagina yang kering dan libido yang rendah.

Pada saat baru punya bayi, ibu akan mulai untuk kekurangan tidur. Perhatian ibu juga akan terfokus pada bayi. Dan adanya kadar estrogen yang menurun sehingga tubuh mulai bisa memproduksi ASI, tetapi hal ini juga bisa menyebabkan kondisi vagina setelah melahirkan menjadi kering lantas libido anda menurun. Dengan semakin lama anda menyusui, maka semakin rendah kadar estrogen maupun juga libido ibu. Hal ini akibatnya meski menyusui itu baik untuk bayi, akan tetapi hal ini bisa mempengaruhi kehidupan seks ibu.

Jika dalam kondisi seperti ini, maka Anda harus tetap memperhatikan kebutuhan suami anda. Jangan abaikan suami anda karena terlalu terfokus pada bayi. Dan gunakan cairan lubrikasi apabila vagina anda kering, karena hal ini bisa menyebabkan hubungan seks terasa nyeri. Berikan juga pengerian pada suami anda untuk tidak terburu buru memaksakan hubungan seks, karena walau bagaimanapun seorang wanitalah yang merasakan ketidaknyamanan tersebut.

Apapun kondisi Perubahan Vagina Setelah Anda Melahirkan , perempuan masih bisa diberikan kemampuan untuk memulihkan diri. Mudah mudahan mama masih bisa untuk menerima kondisi ini, karena ini sebagai bagian dari kehadiran seorang bayi, supaya nantinya bunda tidak stress berkepanjangan.

Inilah 5 Perubahan Vagina Setelah Anda Melahirkan Inilah 5 Perubahan Vagina Setelah Anda Melahirkan
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Inilah 5 Perubahan Vagina Setelah Anda Melahirkan  – www.herbaltv.co.id – Tubuh wanita adalah tubuh yang memang luar biasa. Dari tubuh Mama, maka akan tumbuh janin buah cinta dari Ayah dan Mama. Dari janin tersebut...
Informasi Kesehatan Skincare & Kecantikan - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *