Inilah Mitos dan Fakta Tentang Wasir

Siapa tidak kenal penyakit wasir atau ambeien. Jenis penyakit yang satu ini cukup banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Ada banyak hal yang bisa menjadi pemicu timbulnya wasir pada seseorang. Salah satu diantaranya adalah pola makan yang buruk, pencernaan sering sembelit, terlalu banyak duduk dan juga bisa disebabkan karena adanya kehamilan. Maka dari itu, dikalangan masyarakat pun, mitos mitos tentang penyakit ini terus berkembang.

Inilah Mitos dan Fakta Tentang Wasir

Meski ambeien atau wasir ini tidak membahayakan nyawa penderitanya, namun cukup banyak orang yang terganggu saat terkena penyakit ini. Meskipun sederhana, tetap tidak bisa disepelekan penyakit yang satu ini. Mengetahui pelbagai fakta dan mitos tentang wasir bisa membantu kamu menjaga agar bisa terhindar dari penyakit yang menyebalkan ini.

1. Mitos Penyebab Wasir Adalah Makanan Pedas

Nah, mitos yang satu ini merupakan salah satu mitos yang tidak benar mengenai penyakit wasir. Sebenarnya, mengonsumsi makanan yang bersifat pedas tidak bisa menjadi penyebab wasir. Terkecuali, bila seseorang sering diare sesaat setelah mengonsumsi makanan pedas. Terlalu sering terkena diare memang bisa memicu tumbuhnya benjolan wasir, karena banyaknya tekanan di anus.

2. Mitos Penderita Wasir Adalah Orang Tua

Mitos yang satu ini sepertinya juga keliru. Pasalnya, penyakit ambeien atau wasir ini bisa saja menyerang kalangan dari berbagai usia. Namun, memang semakin tua umur seseorang, maka risiko terkena wasir akan semakin besar.

3. Mitos Penyebab Wasir Adalah Duduk Pada Lantai Yang Dingin

Hal ini jelas tidak ada korelasinya dengan penyakit wasir. Duduk di lantai yang dingin tidak akan menjadi pemicu timbulnya wasir. Namun, jika kamu terus menerus duduk dalam waktu yang lama, hal itulah yang bisa menjadi pemicu timbulnya wasir. Terlalu lama duduk atau jongkok saat Buang Air Besar bisa meningkatkan tekanan pembuluh darah di anus sehingga bisa memicu timbulnya penyakit wasir.

4. Mitos Penanganan Wasir Tidak Bisa Dengan Herbal

Hal ini merupakan hal yang tidak sepenuhnya benar. Pasalnya, dalam beberapa penelitian, banyak herbal yang memiliki senyawa anti-radang dan anti-nyeri yang bisa membantu mengurangi benjolan pada wasir. Herbal-herbal tersebut diantaranya adalah daun wungu, temulawak, daun andong dan masih banyak lagi.

Nah itulah beberapa mitos dan fakta tentang penyakit wasir atau ambeien. Semoga kita dijauhkan dari penyakit ini.

Inilah Mitos dan Fakta Tentang Wasir Inilah Mitos dan Fakta Tentang Wasir
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Siapa tidak kenal penyakit wasir atau ambeien. Jenis penyakit yang satu ini cukup banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Ada banyak hal yang bisa menjadi pemicu timbulnya wasir pada seseorang. Salah satu diantaranya adalah pola...
Informasi Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *