4 Jenis Makanan Untuk Memperbanyak ASI

ASI ekslusif merupakan hal yang sangat penting bagi sang buah hati. Air susu ibu atau ASI memiliki segala macam nutrisi yang bayi butuhkan terutama pada 6 bulan pertama kehidupannya. ASI merupakan asupan terbaik untuk setiap bayi. Namun memang tidak semua ibu dikaruniai ASI yang melimpah. Banyak para ibu yang khawatir bahwa ASI mereka terlalu sedikit dan tidak akan cukup untuk sang bayi. Sebenarnya, jumlah produksi asi dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan tertentu. Bila para ibu memang merasa produksi ASI nya sangat sedikit, ibu bisa mencoba mengonsumsi makanan yang dapat memperbanyak jumlah ASI berikut ini.

4 Jenis Makanan Untuk Memperbanyak ASI

1. Adas

Sejak jaman dahulu, adas dipercaya dapat membantu memperbanyak produksi ASI. Adas dipercaya memiliki sifat galactagogue yaitu sebuah zat yang mampu memperbanyak produksi air susu Ibu. Namun untuk pemakaiannya tidak boleh dikonsumsi secara terus menerus. Paling lama hanya sekitar dua minggu berturut turut saja. Bila dikonsumsi secara terus menerus dalam jangka waktu panjang, dikhawatirkan hal ini akan berpengaruh buruk pada bayi.

2. Bayam

Air susu Ibu yang rendah sering dikaitkan dengan kadar zat besi yang rendah dalam tubuh pula. Maka dari itu, penting bagi para Ibu menyusui untuk memenuhi kebutuhan zat besi hariannya. Salah satu sumber makanan nabati yang mengandung tinggi zat besi adalah sayur bayam.

3. Ikan Lemak

Ikan lemak seperti salmon mengandung tinggi omega-3 yang kaya akan gizi yang dibutuhkan oleh para ibu menyusui. Ikan salmon telah dipercaya dapat mempengaruhi proses laktasi ibu sehingga produksi ASI akan menjadi lebih baik.

4. Asparagus

Salah satu makanan yang dapat mempengaruhi fungsi hormon ibu hamil ialah asparagus. Jenis makanan ini mengandung tinggi serat dan juga kaya akan vitamin seperti Vitamin A dan Vitamin K. Dengan mengkonsumsi asparagus, maka kualita produksi ASI akan meningkat menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Adapun makanan lain yang dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI ialah wortel, bawang putih dan juga oats. Selain mengonsumsi makanan yang baik, ibu menyusui juga diharuskan untuk memenuhi kebutuhan air putih hariannya. Hal ini dikarenakan air sangat berperan dalam proses pembentukan ASI.

4 Jenis Makanan Untuk Memperbanyak ASI 4 Jenis Makanan Untuk Memperbanyak ASI
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
ASI ekslusif merupakan hal yang sangat penting bagi sang buah hati. Air susu ibu atau ASI memiliki segala macam nutrisi yang bayi butuhkan terutama pada 6 bulan pertama kehidupannya. ASI merupakan asupan terbaik untuk...
Ibu Hamil - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *