Jenis Makanan yang Efektif Menurunkan Kolesterol Jahat

Didalam tubuh manusia terdapat adanya kolesterol, yang mana merupakan senyawa dengan sifat yang mirip dengan lemak, yang hidup secara alami hampir pada setiap tubuh Anda seperti halnya pada otak, saraf, otot, usus, hati dan jantung. Kolesterol datang dari 2 sumber, yang diproduksi oleh hati atau dari makanan yang telah kita konsumsi.

Jenis Makanan yang Efektif Menurunkan Kolesterol Jahat

Angka kolesterol normal yang disarankan oleh para dokter secara umum adalah dibawah 200. Dan jika Anda melakukan sebuah tes kadar kolesterol, maka pastikan Anda mencatatkan rincian HDL (Lemak baik) dan LDL (Lemak Jahat). Untuk kadar HDL yang baik adalah 60, akan tetapi dengan semakin tingginya angka justru semakin baik bagi Anda. Semantara untuk LDL yang aman adalah dibawah 100.

Jenis Makanan yang Efektif Menurunkan Kolesterol Jahat

Apabila Anda mempunyai kolesterol tinggi, maka apa saja makanan yang menjadi sumber penurunkan kolesterol yang bisa menjadi penyelamatnya. Oleh sebab itu marilah kita simak beberapa makanan penurun kolesterol dan sumber makanan yang efektif menurunkan kolesterol jahat berlebih dalam darah.

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun ini merupakan makanan penurun kolesterol dikarenakan kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dan juga vitamin E. Kedua nutrisi ini bisa menurunkan LDL kolesterol atau lemak jahat, dan mampu menaikan HDL kolesterol alias lemak baik.

2. Oatmeal dan makanan yang berserat tinggi

Siapa yang tidak kenal dengan oatmeal. Oatmeal memang baik untuk kesehatan dikarenakan mempunyai kandungan serat larut yang efektif menurunkan kadar LDL pada tubuh. Serat pada oatmeal berjenis serat yang bisa larut dan dapat mengurangi penyerapan kolesterol kedalam aliran darah. Cukup mengkonsumsi 10 gram serat dari oatmeal, maka bisa mengurangi total kolesterol termasuk untuk kolesterol jahat atau LDL.

3. Kacang Kedelai

Sumber makanan yang berasal dari kacang kedelai ataupun juga untuk kacang kedelai yang telah diolah seperti halnya tahu, tempe, susu kacang hijau, tentunya mengandung zat isoflavon yang berfungsi sebagai zat yang bisa menekan kolesterol jahat supaya tidak berkembang lebih banyak pada aliran darah

Namun ada hal yang harus dihindari. Pada saat mengolah bahan makanan dari kacang kedelai ini, yaitu hindari memasak atau menambahkan minyak goreng biasa. Dan gantilah dengan minyak zaitun. Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) telah menyarankan untuk setidaknya mengkonsumsi 25 gram protein kedelai perhari sebagai salah satu makanan penurun kolesterol.

4. Kacang Kacangan

Kacang adalah salah satu sumber makanan yang mempunyai kandungan serat larut tinggi. Mengkonsumsi serat larut merupakan cara yang efektif dalam mengurangi kadar kolesterol. Makanan kacang seperti buncis, kacang merah, kacang panjang atau almond secara teratur selama 6 minggu mampu menurunkan kolesterol hingga 10%

5. Ikan Salmon

Ikan salmon ini diperkaya dengan kandungan omega 3 yang dapat menjadi fungsi dalam menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dan juga mampu meningkatkan produksi kolesterol baik atau HDL. Selain mempunyai kandungan omega 3, ikan salmon ini juga mengandung FDA dan DHA yang akan sangat baik bagi kesehatan dan juga berfungsi untuk kerja organ jantung.

Dalam sebuah asosiasi kesehatan di Amerika telah menyimpulkan bahwa dengan mengkonsumsi ikan salmon, ikan tuna, sarden atau makarel, minimal 2 porisi dalam satu minggu bisa memberikan manfaat yang sangat optimal dalam bantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

6. Kunci Tawar
Siapa yang menyangka bahwa biji bunga matahari ini sering disebut juga dengan kuaci yang ternyata adalah makanan penurun kolesterol.

Kuaci ini mengandung zat tembaga yang baik bagi tubuh. Tubuh kita membutuhkan zat tembaga, dikarenakan pola makan yang rendah maka asupan tembaga akan lebih rentan mengalami kenaikan kadar kolesterol jahat HDL, dan juga terbatasnya kolesterol baik yang diserap ketubuh.

Maka jika Anda hobi makan cemilan kuaci ini, baik biji, atau biji matahari, terlebih untuk tawar tanpa tambahan garam, ini tentunya secara perlahan bisa menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh apabila dikonsumsi dengan pola makan yang sehat.

Jenis Makanan yang Efektif Menurunkan Kolesterol Jahat Jenis Makanan yang Efektif Menurunkan Kolesterol Jahat
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Didalam tubuh manusia terdapat adanya kolesterol, yang mana merupakan senyawa dengan sifat yang mirip dengan lemak, yang hidup secara alami hampir pada setiap tubuh Anda seperti halnya pada otak, saraf, otot, usus, hati dan...
Penyakit - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *