Kenali 7 Penyebab Tidak Menstruasi Juga, Padahal Tidak Hamil

Lamanya menuggu datang tamu bulanan bisa menjadi sebuah ritual yang memang bikin deg degan. Pada kebanyakan kasus, tidak menstruasi adalah tanda klasik bahwa Anda positif hamil. Namun jika setelah berulang kali tes kehamilan dan hasilnya negatif, maka absenanya haid dibulan ini bisa menjadi pertanda masalah kesehatan tertentu.

Apa saja Penyebab Tidak Menstruasi

Kenali 7 Penyebab Tidak Menstruasi Juga, Padahal Tidak Hamil

Apabila menstruasi Anda selama ini teratur, namun dalam 3-6 bulan belakangan ini Anda jadi jarang atau tidak menstruasi sama sekali, maka berikut ini penyebab yang memang paling mungkin untuk terjadi .

1. Stress

Apabila Anda sedang stres, maka siklus haid Anda bisa menjadi lebih lama atau bahkan bisa menjadi lebih cepat selesainya atau mungkin juga berhenti sama sekali.

Tenangkan pikiran Anda dan luangkan waktu untuk bersantai. Olahraga yang teratur seperti berlari, berenang, dan juga yoga, maka hal ini bisa membantu Anda rileks. Latihan pernapasanan juga bisa membantu Anda.

2. Berat Badan yang turun tiba tiba

Berat badan yang mengalami penurunan berlebihan atau secara tiba tiba ini bisa menjadi salah satu penyebab tidak haid dikarenakan adanya produksi hormon yang dibutuhkan untuk ovulasi menjadi menghambat.

3. Kelebihan Berat Badan

Mengalami kondisi berat badan atau obesitas juga bisa mempengaruhi siklus menstruasi Anda. Dan jika Anda kelebihan berat badan, maka tubuh Anda mungkin akan menghasilkan kelebihan estrogen, dan salah satu hormon yang mengatur sistem reproduksi pada wanita.

Estrogen berlebihan ini bisa mempengaruhi sebara seringnya Anda mengalami menstruasi, dan bisa menjadi salah satu penyebab Anda tidak menstruasi.

4. Olahraga yang berlebihan

Menjalani olahraga yang intens dan berlebihan bisa mempengaruhi hormon yang berperan dalam proses menstruasi. Dan kehilangan terlalu banyak lebak tubuh bisa melalui olahraga yang intens dan juga bisa menghentikan fase ovulasi.

5. Pil Kontrasepsi

Bagi Anda yang mengkonsumsi pil kontrasepsi atau KB maka hal ini bisa menyebabkan haid anda tidak teratur. Ada beberapa diantaranya jenis kontrasepsi lainnya yang bisa menyebabkan siklus mentsruasi terganggu seperti KB suntik, dan Kb Spiral atau IUD.

6. Menopause

Anda mungkin mulai tidak mengalami menstruasi saat mendekati menopause. Hal ini dikarenakan kadar estrogen akan mulai berkurang dan ovulasi akan menjadi kurang teratur. Dan setelah menopause, maka menstruasi ini akan berhenti sepenuhnya.

Menopause merupakan bagian alami dari adanya suatu proses penuaan pada wanita, yang biasanya terjadi berkisar usia 45-55 tahun.

7. PCOS atau Sindrom Ovarium Palikistik

PCOS atau Sindrom Ovarium Palikistik merupakan masalahan keseimbangan pada hormon wanita. Wanita dengan PCOS akan mengalami kelebihan hormon androgen yang mana ini bisa menghambat proses ovulasi.

Pada wanita dengan kondisi PCOS juga pada umumnya mempunyai kista kecil, atau kantong berisi cairan yang bisa membuat ovarium membesar. Dan kista ini tidak berbahaya, akan tetapi bisa menyebabkan tidak terjadinya ovulasi.

Kenali 7 Penyebab Tidak Menstruasi Juga, Padahal Tidak Hamil Kenali 7 Penyebab Tidak Menstruasi Juga, Padahal Tidak Hamil
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Lamanya menuggu datang tamu bulanan bisa menjadi sebuah ritual yang memang bikin deg degan. Pada kebanyakan kasus, tidak menstruasi adalah tanda klasik bahwa Anda positif hamil. Namun jika setelah berulang kali tes kehamilan dan...
Berita Penyakit - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *