Kenali 8 Penyebab Bau Mulut Akut

Bau mulut bisa menyebabkan kurangnya rasa percaya diri terutama bagi orang-orang yang sering berinteraksi dengan orang lain. Sebagian kasus bau mulut bisa diatasi dengan mudah namun sebagiannya lagi sangat sulit untuk diatasi. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan penyebab bau mulut. Bila pernyebabnya berbeda-beda maka penanganannya juga berbeda. Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengetahui apa saja yang membuat nafas kita bau busuk. Berikut ini kami informasikan 10 penyebab bau mulut yang paling sering dialami.

penyebab bau mulut akut

1. Alkohol, Kafein dan Rokok

Selain buruk untuk kesehatan, ternyata alkohol juga bisa menyebabkan baunya nafas anda. Hal ini disebabkan alkohol dapat membuat produksi air ludah menjadi sedikit sehingga mulut menjadi kering. Selain alkohol, mengonsumsi minuman yang memiliki kadar kafein serta merokok juga dapat menyebabkan mulut kering. Mulut yang kering dapat dipenuhi banyak bakteri sehingga dapat menyebabkan mulut anda semakin bau.

2. Diet Rendah Karbohidrat

Bila anda sedang melakukan diet ketat dan mendapati nafas memiliki bau yang tidak enak, maka dietlah penyebabnya. Diet rendah karbohidrat dapat menyebabkan ketosis. Ketosis yaitu cara otomatis tubuh untuk memberikan nutrisi pada otak menggunakan lemak bukannya karbohidrat. Efek samping dari ketosis ini ialah timbulnya senyawa kimia dalam tubuh yang disebut katones. Senyawa katones membuat setiap nafas yang kamu keluarkan berbau seperti acetone.

3. Infeksi Sinus, Bronkhitis dan Pilek Biasa

Saat tubuh terkena infeksi sinus, bronkhitis maupun pilek biasa, maka biasanya penderita akan bernafas melalui mulut. Hal ini dilakukan karena penderita mengalami kesulitan bernafas melalui hidung. Bernafas melalui mulut secara terus menerus dapat membuat mulut kering sehingga menimbulkan bau mulut.

4. Tukak Lambung

Salah satu penyebab terjadinya tukak lambung adalah infeksi bakteri Helicobacter pylori. Selain berasal dari mulut, sebagian orang mengalami bau mulut yang disebabkan oleh masalah pencernaan. Bakteri ini dapat membuat penderitanya mengalami luka pada lambung dan juga bau mulut.

5. Penggunaan Obat-Obatan Tertentu

Sebagian obat-obatan dapat menyebabkan kekeringan pada mulut. Mulut yang kering sangat disukai bakteri sehingga terjadilah bau mulut.

6. Buah-Buahan Yang Dikeringkan

Buah merupakan makanan yang menyehatkan. Namun, saat buah-buah tersebut dikeringkan, kadar gula dalam buah tersebut meningkat dengan drastis. Bakteri penyebab halitosis (mulut kering) sangat menyukai gula. Terutama karena buah-buahan kering ini biasanya sering melekat pada gigi.

7. Permasalahan Pada Gigi

Berbagai macam permasalahan pada gigi seperti gigi berlubang dapat menyebabkan bau mulut. Hal ini dikarenakan gigi terdapat pada mulut sehingga menjadi penyebab bau mulut paling sering.

8. Kurang Menjaga Kebersihan Mulut

Menggosok gigi dua kali sehari merupakan standar minimal untuk menjaga kebersihan gigi. Bagi kamu yang malas menjaga kebersihan mulut, maka bau mulut akan mengintai anda.

 

herbaltv
Diposkan dalam kategori Gaya Hidup, Informasi Kesehatan, tanggal November 30, 2017
  • Baru-baru ini :

    Mitos dan Fakta Tentang Usus Buntu

    Penyakit radang usus buntu merupakan salah satu penyakit yang...

    Makanan Untuk Penderita Radang Usus Buntu Paling Aman Dikonsumsi

    Makanan untuk penderita radang usus buntu perlu untuk diperhatikan...

    Resep Makanan Ibu Menyusui Untuk Meningkatkan ASI

    Resep Makanan Ibu Menyusui Untuk Meningkatkan ASI – www.herbaltv.co.id...

    Kondisi Kesehatan Tubuh Bisa Dilihat Dari Bentuk Dan Warna Kuku

    Herbal Tv Indonesia – Bagi sebagian wanita, penampilan merupakan...

    Inilah Deretan Makanan Untuk Tekanan Darah Rendah

    Pada umumnya, masyarakat biasanya lebih waspada terhadap kondisi tekanan...