Kenali Warna Feses Bayi dan Artinya Bagi Kesehatan

Banyak orangtua merasa khawatir akan warna feses bayinya yang terlihat berbeda dari biasanya. Warna feses bayi memang cenderung beragam dan berbeda dengan orang dewasa. Beberapa warna kotoran bayi ada yang terbilang normal, aman dan tidak aman.

Kenali Warna Feses Bayi dan Artinya Bagi Kesehatan

Warna Feses Bayi dan Artinya

Berikut ini beberapa jenis warna kotoran bayi berikut artinya bagi kesehatan :

1. Warna Feses Bayi Hijau Kehitaman

Sebenarnya bayi yang baru lahir sangatlah normal bila mengeluarkan kotoran berwarna hijau. Kotoran berwarna hijau yang cenderung kehitaman ini disebut sebagai mekonium. Hal ini menandakan bayi anda sehat, sistem pembuangan atau pencernaan bayi bekerja secara normal. Bahkan, bila anda tidak melihat mekonium ini pada dua hari masa kelahiran bayi, anda disarankan untuk membawa bayi anda ke dokter atau bidan kepercayaan anda. Mekonium ini teksturnya sangat lengket sehingga perlu beberapa kali dibersihkan.

2. Kuning Mustard

Feses bayi yang berwana kuning mustard dan beraroma manis merupakan hal yang sangat normal. Warna kotoran ini biasanya dimiliki oleh bayi yang menjalani ASI ekslusif. Bayi berumur satu minggu biasanya akan sering mengeluarkan pup bahkan setiap selesai disusui.

3. Kuning Tan

Bayi yang diberikan susu formula memiliki feses yang lebih padat dibanding bayi yang diberikan ASI. Warna kotorannya biasanya tan, namun bisa juga berwarna kuning ataupun kehijauan.

4. Hijau Kecokelatan

Seorang bayi dapat memiliki warna feses yang hijau kecokelatan bila ia sudah mulai diberikan makanan padat. Semakin banyak makanan padat yang diberikan, maka semakin bervariasi pula warna feses yang dikeluarkannya. Warna feses bayi bisa saja menjadi jingga dan kuning.

5. Kecoklatan

Saat bayi menginjak usia balita, maka tekstur fesesnya menjadi lebih padat. Warna coklat merupakan warna yang sangat wajar bagi balita. Aromanya menjadi lebih kuat dari biasanya.

6. Hijau Tua

Tidak ada yang perlu dikhawatirkan bila bayi memiliki feses berwarna hijau tua. Warna ini biasanya diakibatkan oleh suplemen zat besi yang dikonsumsi. Beberapa jenis susu formula diperkaya dengan zat besi. Warna ini tidak berakibat buruk apapun.

7. Hijau Terang dan Sedikit Berbusa

Bila bayi memiliki warna hijau terang seperti pucuk daun, anda tidak perlu khawatir. Kecuali bila bayi anda terlihat tidak nyaman. Hal ini biasanya terjadi pada bayi yang sering berpindah pindah posisi saat disusui sehingga lebih banyak mengonsumsi susu rendah lemak dibanding susu dengan lemak penuh. Solusinya, usahakan sang bayi menghabiskan dulu susu pada satu payudara sebelum beralih ke payudara yang lain.

8. Merah

Feses berwana merah merupakan hal yang tidak normal, maka dari itu hal ini perlu diwaspadai. Kecuali, sebelumnya bayi sempat memakan buah bit atau makanan yang mengandung pewarna merah atau memang sedang menjalani terapi pengobatan tertentu. Feses berwarna merah juga bisa berarti bahwa feses tersebut tercampur dengan darah. Bila darahnya sedikit, kemungkinan bayi mengalami sembelit namun bila darahnya banyak, maka kemungkinan ada masalah kesehatan lain yang terjadi.

9. Putih

Bila kotoran bayi berwarna putih, kemungkinan ia mengalami masalah pada liver maupun empedu.

10. Hitam

Warna feses yang kehitaman pada bayi yang baru lahir merupakan hal yang sangat wajar. Namun, bila hal ini terjadi pada bayi yang berusia lebih dari 1 minggu, hal ini bisa saja berarti darah telah memasuki saluran gastrointestinal bayi. Saluran ini berfungsi untuk menerima makanan dari luar bayi dan mempersiapkannya untuk diserap tubuh. Untuk itu, disarankan untuk segera memeriksakannya pada dokter kepercayaan anda.

Baca Juga : Inilah Yang Menyebabkan Anak Terkena Polio

Selain warna, tekstur feses bayi juga dapat menandakan sebuah penyakit. Normalnya, tekstur feses bayi itu sangat lembut dan sedikit encer. Namun, bila teksturnya sangat cair dibanding biasanya, hal ini menandakan bayi mengalami diare. Segera berikan penanganan agar bayi tidak mengalami dehidrasi. Itulah beberapa informasi mengenai warna feses bayi beserta artinya. Bila anda merasa ragu, anda bisa berkonsultasi dengan dokter kepercayaan anda.

Kenali Warna Feses Bayi dan Artinya Bagi Kesehatan Kenali Warna Feses Bayi dan Artinya Bagi Kesehatan
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Banyak orangtua merasa khawatir akan warna feses bayinya yang terlihat berbeda dari biasanya. Warna feses bayi memang cenderung beragam dan berbeda dengan orang dewasa. Beberapa warna kotoran bayi ada yang terbilang normal, aman dan...
Anak - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *