Ketahui Gejala Kanker Kulit Yang Harus Diwaspadai

Kanker kulit merupakan salah satu penyakit yang banyak terjadi. Kanker kulit sebagian besar disebabkan oleh terlalu seringnya terkena paparan matahari sedangkan dimana kulit tidak mampu untuk melindunginya lagi. Sinar matahari pada jam 10 sampai jam 4 sore memiliki gelombang  sinar ultraviolet yang sangat kuat. Sinar ultraviolet ini dapat menyebabkan mutasi DNA pada kulit yang dipaparnya. Adapun tanda tanda yang umum menjadi gejala peringatan kanker kulit ialah adanya bintik bintik kecil yang ada setelah kulit terpapar matahari yang intens.

Terdapat 3 jenis sinar ultraviolet yang berbeda yaitu sinar UV A, sinar UV B dan sinar UV C. SInar UV C merupakan sinar yang paling berbahaya bagi manusia namun, sinar UV C tidak dapat masuk ke bumi dikarenakan terpantul oleh lapisan ozon. Selanjutnya ada sinar UV B yang masuk ke bumi lebih sedikit. Sinar UV B ini dapat diredam oleh kaca ataupun tembok. Sinar UV B merupakan sinar yang dapat membuat kulit menghitam. Meski begitu, UVB juga memiliki peluang untuk menyebabkan kanker pada kulit. Terakhir ada UVA yang merupakan bentuk sinar terbanyak yang masuk pada bumi. Sinar UVA ini dapat masuk menembus jendela maupun tembok pada ketebalan tertentu. Gelombang UV A dapat menembus langsung permukaan kulit dan merusak struktur kulit. Sinar ini yang merupakan penyebab utama kanker kulit.

Gejala Kanker Kulit

Orang yang berkulit hitam mampu bertahan dari sinar UVA dan hanya sekitar 17 persen yang dapat menembus kulit. Sedangkan orang berkulit putih sangat rentan pada sinar UVA dimana sekitar lebih dari 50 persen dapat menembus kulit mereka. Sinar ultraviolet tersebut mengandung radikal bebas yang dapat meningkatkan resiko terkena penyakit kanker kulit. Radikal bebas dapat menyebabka kerusakan DNA pada sel kulit. Selain terdapat pada sinar matahari, radikal bebas juga dapat ditemukan pada polusi sehari-hari. Adapun gejala awal yang beresiko menjadi kanker kulit ialah sebagai berikut :

1. Sisik Keratosis (Actinic Keratosis)

Ketahui Gejala Kanker Kulit Yang Harus Diwaspadai

Bila sinar UV terlalu banyak masuk kedalam kulit, maka dapat menyebabkan timbulnya sisik keratosis. Jenis ini dapat menyebabkan kulit bersisik kemerahan serta muncul benjolan halus pada kulit yang terpapar sinar matahari. Sisik keratosis dapat menjadi pertanda akan adanya penyakit kanker kulit meskipun tidak semuanya akan menjadi kanker kulit. Tidak semua sisi akan berubah menjadi kanker kulit. Tanda ini biasanya sering didapatkan oleh orang orang berkulit putih.

2. Sisik Pada Bibir (Actinic Cheilitis)

Ketahui Gejala Kanker Kulit Yang Harus Diwaspadai

Kondisi prakanker lain yang dapat menjadi ciri awal datangnya penyakit kanker kulit ialah gejala sisik bibir. Ciri-cirinya antara lain garis bibir terdapat beberapa benjolan, bibir mulai bersisik dan juga menjadi kasar. Bila tidak segera diobati, maka dikhawatirkan akan berkembang menjadi gejala yang lebih serius yaitu menjadi kanker kulit. Sisik bibir biasanya muncul pada bibir bagian bawah dikarenakan bibir bawah lebih sering terpaar sinar matahari dibandingkan bibir bagian atas.

3. Benjolan Cutaneous Horns

Ketahui Gejala Kanker Kulit Yang Harus Diwaspadai

Benjolan ini terjadi akibat banyaknya penumpukan sel kulit mati. Gejala yang satu ini dapat terjadi di area rambut dan dekat kuku. Dasar dari benjolan ini dapat berupa kanker kulit, sisik kertosis maupun sel karsinoma. Untuk membedakan dasarnya, maka data dilakukan biopsi.

4. Tahi Lalat

Ketahui Gejala Kanker Kulit Yang Harus Diwaspadai Ketahui Gejala Kanker Kulit Yang Harus Diwaspadai Ketahui Gejala Kanker Kulit Yang Harus Diwaspadai

 

 

 

 

 

Tahi lalat banyak dimiliki oleh banyak orang. Banyak sedikitnya tahi lalat pada kulit dikaitkan dengan seberapa banyak seseorang terpapar sinar UV saat masih kecil. Tidak semua tahi lalat menjadi gejala prakanker kulit. Namun, pada sebagian kasus, tahi lalat merupakan gejala awal dari kanker kulit. Tahi lalat yang datar lalu kemudian menyebar secara perlahan sangat beresiko menjadi melanoma atau kanker kulit. Bentuk yang tidak beraturan juag bisa menjadi pertanda bahwa tahi lalat tersebut bukan tahi lalat normal. Selain itu, tahi lalat yang tidak normal memiliki pinggiran yang tidak rata dan kasar serta memiliki beragam warna dalam satu wilayah dengan ukuran lebih besar dari 6mm.

Selain dari ciri diatas, melanoma juga dapat memunculkan tanda seperti bintik yang menyakitkan dan terasa gatal maupun tahi lalat yang mengalami pelebaran dan pendarahan.

herbaltv
Diposkan dalam kategori Penyakit, tanggal October 31, 2017
  • Baru-baru ini :

    Makanan Untuk Penderita Diabetes Tipe-2

    Seorang penderita diabetes, terutama penderita diabetes tipe-2 tidak bisa...

    Inilah Makanan Terbaik untuk Pasien Kanker Payudara

    Kanker payudara merupakan salah satu jenis penyakit kanker yang...

    Ini Kebiasaan yang Menyebabkan Anak Campak dan Rubella

    Kebiasaan yang Menyebabkan Anak Campak dan Rubella – www.herbaltv.co.id...

    Waspada ! Berlebihan Menguap Menunjukkan Gangguan Kesehatan

    Waspada ! Berlebihan Menguap Menunjukkan Gangguan Kesehatan – Menguap merupakan...

    Mengapa Haid Datang Lebih Awal, Ini Kata Dokter

    Penyebab Haid Datang Lebih Awal – www.herbaltv.co.id – Bagi...