Ketahui Hubungan Antara Virus Hepatitis Dengan HIV

www.herbaltv.co.id – Bila orang dengan kesehatan normal saja bisa terinfeksi virus hepatitis, maka begitu pula dengan seseorang yang menderita penyakit HIV. Mereka yang sebelumnya telah terinfeksi virus HIV akan sangat rentan terinfeksi dengan virus hepatitis. Hal ini disebabkan karena lemahnya pertahanan tubuh penderita HIV.

Hal inilah yang menyebabkan virus hepatitis dengan hiv yang berkaitan satu sama lain. Bagi penderita HIV yang berhasil bertahan hidup, mereka akan sangat rentan terkena infeksi virus lainnya terutama virus hepatitis. Bahkan, diketahui ribuan penderita HIV juga menderita penyakit hepatitis. Saat ini, banyak orang penderita HIV lebih mengkhawatirkan risiko-risiko hepatitis yang akan dihadapinya, karena risiko tersebut bukanlah hal yang remeh.

Ketahui Hubungan Antara Virus Hepatitis Dengan HIV

Penularan Virus Hepatitis dengan HIV

Baik virus hepatitis dan virus HIV, keduanya menginfeksi atau menular melalui cara yang sama yaitu melalui cairan tubuh. Kedua virus tersebut dapat ditularkan melalui jarum suntik yang dipakai bersamaan, hubungan seksual, turunan dan lain sebagainya. Dibandingkan dengan virus HIV, ternyata virus hepatitis jauh lebih mudah menular satu sama lain.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk tidak memakai barang-barang bersamaan dengan penderita hepatitis. Kedua virus ini juga memiliki karakteristik yang cukup sama yaitu sangat sulit dihilangkan dari dalam tubuh. Bila virus hepatitis menyerang organ hati, maka virus HIV menyerang sistem kekebalan tubuh. Kombinasi dua virus ini didalam tubuh seseorang dapat memperparah kondisi kesehatannya secara drastis.

Akibat dari menurunnya sistem kekebalan tubuh pada penderita HIV/AIDS, disinilah risiko terbesar seseorang terinfeksi virus hepatitis. Saat seseorang terinfeksi kedua virus ini, maka proses kerusakan tubuh (terutama hati) akan berjalan lebih cepat dari yang seharusnya, mengingat penderita HIV tidak memiliki sistem imun yang mumpuni.

Beberapa obat untuk hepatitis tidak boleh diberikan bersamaan dengan obat untuk virus HIV, hal ini membuat sulitnya pengobatan untuk penderita yang terinfeksi kedua virus tersebut. Namun demikian, pengobatan harus tetap dilanjutkan, dokter akan menemukan pengobatan yang tepat bagii mereka yang telah terinfeksi kedua virus ini. Dengan pengobatan yang benar, maka kualitas hidup penderita bisa ditingkatkan dan rantai penularan pun bisa dihentikan.

Ketahui Hubungan Antara Virus Hepatitis Dengan HIV Ketahui Hubungan Antara Virus Hepatitis Dengan HIV
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
www.herbaltv.co.id – Bila orang dengan kesehatan normal saja bisa terinfeksi virus hepatitis, maka begitu pula dengan seseorang yang menderita penyakit HIV. Mereka yang sebelumnya telah terinfeksi virus HIV akan sangat rentan terinfeksi dengan virus...
Informasi Kesehatan Penyakit - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *