Macam-Macam Posisi Tidur Yang Baik dan Buruk Bagi Kesehatan

Tidur merupakan salah satu kebutuhan primer bagi semua manusia. Saat seseorang tidur, maka sel-sel yang rusak akan beregenerasi dan tubuh akan beristirahat dengan baik. Setiap orang memiliki gaya tidur yang berbeda-beda. Ada yang tidur terlentang, tengkurap bahkan menyamping. Namun, diantara banyaknya macam-macam posisi tidur, manakah yang baik untuk kesehatan dan mana yang terbilang buruk untuk kesehatan? Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai berbagai macam posisi tidur yang baik dan tidak baik bagi kesehatan. Bila seseorang memilih posisi tidur yang salah, maka biasanya orang tersebut akan mengalami sakit punggung maupun leher dan persendian lainnya. Selain itu, salah memilih posisi tidur dapat mempengaruhi kualitas tidur.

Macam-Macam Posisi Tidur Yang Baik dan Buruk Bagi Kesehatan

Macam-Macam Posisi Tidur

1. Tidur Tengkurap

Berdasarkan survei, ada sekitar 7 % manusia yang tidur dengan posisi tengkurang dengan perut sebagai tumpuannya. Posisi tidur seperti ini merupakan posisi yang buruk dikarenakan tulang belakang dan leher tidak dalam kondisi beristirahat. Selain tulang belakang dan leher tidak dapat beristirahat dengan baik, posisi ini juga bisa menyebabkan tekanan pada syaraf sehingga menyebabkan kesemutan maupun mati rasa pada bagian tubuh tertentu. Bagi anda yang telah terbiasa tidur dengan posisi ini, sebaiknya anda segera menggantinya perlahan-lahan dengan posisi tidur yang lain supaya tidur anda menjadi lebih berkualitas.

2. Tidur Terlentang

Posisi tidur terlentang memiliki sisi baik dan buruk bagi kesehatan. Sisi baiknya, saat anda memilih posisi tidur terlentang, maka tulang belakang, leher dan juga kepala berada dalam posisi netral sehingga tubuh bisa beristirahat dengan baik dan tidur pun lebih nyenyak. Sisi buruknya, posisi ini tidak baik dipakai untuk penderita sleep apnea. Selain itu, posisi ini tidak baik untuk penderita sakit pinggang karena akan memperparah keadaannya.

3. Tidur Menyamping

Sejauh ini, tidur menyamping merupakan posisi yang paling baik terutama bagi para ibu hamil karena dapat memperlancar sirkulasi pada ibu hamil dan janin. Sekitar 41% orang tidur dengan cara menyamping. Wanita lebih banyak tidur dengan posisi menyamping dibandingkan pria. Tidur dengan posisi menyamping juga baik untuk penderita sakit punggung karena tidak akan memperparahnya.

 

herbaltv
Diposkan dalam kategori Berita, tanggal November 25, 2017
  • Baru-baru ini :

    Manfaat Brokoli Mulai Lancarkan Pencernaan Hingga Cegah Kanker

    Manfaat Brokoli Mulai Lancarkan Pencernaan Hingga Cegah Kanker  –...

    Menu Makanan Untuk Penderita Darah Tinggi

    Penyakit tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang...

    5 Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

    Darah tinggi atau dikenal sebagai hipertensi merupakan penyakit yang...

    Ternyata Ini Penyebab Bau Kaki yang Sering Tidak Disadari

    Penyebab Bau Kaki yang Sering Tidak Disadari  – www.herbaltv.co.id...

    Efek Samping Bergadang dan Cara Untuk Mengurangi Resikonya

    Bahaya Bergadang dan Cara Untunk Mengurangi Resikonya – herbaltv – Bergadang...