Minuman dan Makanan Yang Harus Dihindari Saat Batuk Kering & Berdahak

Saat batuk melanda, terkadang aktivitas kita menjadi terganggu. Hal ini karena batuk biasanya membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Apalagi jika batuk yang diderita adalah jenis batuk kering. Batuk kering sendiri seringkali membuat tenggorokan dan dada penderitanya terasa gatal dan terkadang sakit saat batuk. Dalam proses penyembuhan batuk, selain diobati dengan obat batuk, minuman dan makanan yang harus dihindari saat batuk kering juga penting untuk diperhatikan.  Maka dari itu pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang makanan dan juga minuman yang sebaiknya anda hindari saat terserang batuk. Lalu apa saja sih makanan-makanan atau minuman-minuman yang harus dijauhi saat kita terserang batuk kering? Berikut ini kami paparkan lebih rinci dibawah ini.

Minuman dan Makanan Yang Harus Dihindari Saat Batuk Kering & Berdahak

1. Produk Olahan Susu

Mungkin banyak yang bertanya-tanya kenapa produk olahan susu seperti keju, yoghurt dan susu sebaiknya dihindari saat batuk. Hal ini disebabkan karena produk olah susu tersebut dapat merangsang atau memperbanyak produksi lendir atau dahak ketika batuk.

2. Goreng – Gorengan

Menjauhi makanan yang mengandung banyak minyak memang sangat disarankan saat anda terkea batuk kering. Hal ini karena apabila kamu mengonsumsi makanan gorengan saat terkena batuk kering, maka hal ini akan memperparah batuk kering kamu. Gorengan sendiri dapat memperkering tenggorokan, membuat tenggorokan sakit serta mempersering frekuensi batuk.

3. Makanan atau Minuman Dingin

Makanan ataupun minuman dingin seperti eskrim dan minuman yang mengandung es disarankan untuk dijauhi saat anda sedang terkena penyakit batuk. Hal ini karena makanan atau minuman dingin tersebut dapat membuat aliran darah sekitar tenggorokan meningkat sehingga dapat mempercepat frekuensi batuk.

4. Makanan Berlemak

Bagi kamu yang senang mengonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak, maka saat kamu batuk sebaiknya dihindari. Hal ini karena makanan berlemak bisa mengganggu pergerakan silia yang terletak ditenggorokan sehingga dapat menyebabkan peningkatan prosuksi lendir.

5 . Makanan – Makanan Manis

Saat anda terserang batuk, maka sebaiknya anda mengurangi konsumsi makanan – makanan yang mengandung pemanis. Hal ini disebabkan karena makanan yang memiliki rasa manis dapat merangsang produksi lendir sehingga membuat batuk menjadi lebih berat.

Nah itulah beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya anda hindari jika sedang terkena batuk. Selain makanan-makanan diatas, kamu juga harus menghindari makanan-makanan tang bisa mencetuskan alergi.

herbaltv
Diposkan dalam kategori Informasi Kesehatan, Penyakit, tanggal May 8, 2018
  • Baru-baru ini :

    Ini Kebiasaan yang Menyebabkan Anak Campak dan Rubella

    Kebiasaan yang Menyebabkan Anak Campak dan Rubella – www.herbaltv.co.id...

    Jenis Penyakit Mata – Ciri, Penyebab dan Gambarnya

    Herbal TV – Banyak orang mengabaikan tentang kondisi kesehatan mata...

    Bingung Cara Menambah Berat Badan, Ini Tipsnya

    Cara Menambah Berat Badan – Tahukah Anda, dimana sebagaian...

    Mengenal Anatomi dan Fisiologi Mata Secara Lengkap

    Anatomi dan fisiologi mata merupakan hal yang penting untuk...

    Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penyakit Maag dan Pantangannya

    Bila anda terkena sakit maag atau gastritis, maka anda...