Makanan Pantangan Penderita Hipotiroid

Salah satu dari sekian banyak faktor yang memengaruhi kesehatan kelenjar tiroid adalah faktor makanan, terutama bagi mereka yang telah terdiagnosa memiliki hipotiroid. Kondisi hipotiroid sendiri merupakan suatu kondisi dimana kelenjar tiroid seseorang tidak mampu memproduksi hormon tiroid yang mencukupi untuk tubuhnya. Hal ini bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan pada tubuh penderitanya mulai dari lemas, lesu, kulit kering, berat badan bertambah drastis, memori otak terganggu dan juga menjadi lebih sensitif terhadap suhu yang dingin.

Makanan Pantangan Penderita Hipotiroid

Makanan Pantangan Penderita Hipotiroid

Saat seseorang terkena hipotiroid, maka ia harus menjaga pola makanannya. Ada beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi dan ada pula beberapa makanan yang sebaiknya dihindari. Sebenarnya, keadaan  hipotiroid sendiri, tidak memerlukan penderitanya menghindari beberapa makanan namun memang ada beberapa makanan yang berpotensi memengaruhi keadaan tersebut. Nah, berikut ini kami akan paparkan mengenai beberapa makanan yang harus dihindari oleh para penderita hipotiroid.

1. Kacang Kedelai

Makanan yang satu ini merupakan salah satu makanan yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Namun, ada beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa kadar isoflavon pada kacang kedelai berkaitan dengan kondisi hipotiroid. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa terlalu banyak mengonsumsi kedelai bisa meningkatkan resiko terkena hipotiroid. Namun ada juga teori lain yang menyebutkan bahwa efek kacang kedelai berlaku pada mereka yang kekurangan yodium dan memiliki hipotiroid terlebih dahulu.

Penelitian lain juga menyebutkan bahwa konsumsi kedelai bisa memengaruhi penyerapan obat tiroid dalam tubuh. Maka dari itu, bila anda sedang mengonsumsi pengobatan tiroid, hindari konsumsi kedelai beberapa jam sebelum minum obat.

2. Brokoli

Sayuran seperti brokoli memang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Namun bagi mereka yang menderita kondisi kekurangan yodium, hal ini bisa mengganggu produksi hormon tiroid. Bila kamu sangat menyukai brokoli, maupun sayuran lain seperti kubis, bok chou dan kale, yang bisa kamu lakukan adalah mengurangi dosis konsumsi sayuran ini setiap harinya maksimal 5 ons dan harus di masak terlebih dahulu.

3. Makanan Dengan Gluten

Gluten dapat ditemukan pada beberapa roti, pasta dan juga biji-bijian. Bila kamu seseorang memiliki penyakit celiac dan hipotiroid, protein gluten ini bisa mengiritasi usus halus sehingga bisa menghambat penyerapan obat tiroid yang sedang dikonsumsi. Untuk mengatasinya, beri jeda waktu bila akan mengonsumsi makanan dengan gluten dan pengobatan tiroid kamu beberapa jam.

4. Gorengan

Makanan makanan yang digoreng seperti ayam goreng, gorengan, butter dan lainnya memiliki kadar lemak yang cukup tinggi. Lemak dalam gorengan dapat menghambat penyerapan obat pengganti hormon tiroid. Selain dapat menghambat penyerapan obat tiroid, gorengan-gorengan tersebut juga dapat memengaruhi kemampuan tiroid dalam memproduksi hormon seharusnya.

Nah itulah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari bila anda memiliki riwayat hipotiroid. Anda bisa tetap mengonsumsi makanan tersebut asal jangan setiap hari dan berlebihan.

Makanan Pantangan Penderita Hipotiroid Makanan Pantangan Penderita Hipotiroid
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Salah satu dari sekian banyak faktor yang memengaruhi kesehatan kelenjar tiroid adalah faktor makanan, terutama bagi mereka yang telah terdiagnosa memiliki hipotiroid. Kondisi hipotiroid sendiri merupakan suatu kondisi dimana kelenjar tiroid seseorang tidak mampu...
Penyakit - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *