Makanan Untuk Penderita Diabetes Tipe-2

Seorang penderita diabetes, terutama penderita diabetes tipe-2 tidak bisa leluasa mengonsumsi makanan sembarangan. Hal ini dikarenakan beberapa makanan mengandung gula yang cukup tinggi sehingga bisa memperburuk kondisi kesehatan penderita diabetes tipe-2. Namun untungnya ada beberapa makanan yang cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe-2. Makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes diantaranya ialah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, makanan yang memiliki indeks glikemik rendah dan makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh mereka. Adapun makanan yang direkomendasikan dikonsumsi olah para penderita diabetes diantaranya adalah sebagai berikut :

Makanan Untuk Penderita Diabetes Tipe-2

1. Makanan Yang Mengandung Karbohidrat Kompleks

Jenis makanan yang satu ini sangatlah penting untuk menggantikan sumber energi utama sehari-hari. Penderita diabetes pada kesehariannya dilarang mengonsumsi nasi putih maupun roti putih. Maka dari itu, karbohidrat kompleks merupakan solusi utama untuk menggantikan sumber karbohidrat sehari-hari. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks diantaranya ialah nasi merah, biji-bijian yang utuh, oatmeal, quinoa, kentang, lentils, beberapa sayuran dan lain sebagainya.

2. Makanan Sumber Protein

Jenis-jenis makanan yang menjadi sumber protein, terutama protein nabati dapat membantu kadar gula darah tetap stabil di dalam tubuh. Protein nabati merupakan sumber protein yang sangat baik dikarenakan tidak memiliki lemak jenuh didalamnya. Sumber proteinĀ  bisa kamu dapatkan dari makanan seperti telur, ikan, kacang-kacangan, kedelai beserta olahannya, kalkun, ayam dan juga produk olahan susu.

3. Sayur-Sayuran

Meski makanan yang bisa dikonsumsi dibatasi, namun penderita diabetes harus tetap mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral hariannya. Sayuran merupakan sumber vitamin yang sangat baik. Namun cara pengolahannya harus dikukus atau dikonsumsi secara mentah. Sayur bayam ataupun brokoli dapat menjadi pilihan makanan harian penderita diabetes tipe-2.

4. Ikan Lemak

Ikan lemak juga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Contoh ikan lemak yang bisa dikonsumsi seperti ikan salmon, ikan tuna dan juga makarel. Namun, hindari mengkonsumsi ikan yang memiliki kadar merkuri tinggi didalamnya seperti ikan tongkol.

Makanan lain yang direkomendasikan untuk dikonsumsi penderita diabetes diantaranya ialah kayu manis, lentils dan juga biji chia. Namun ingat untuk tidak mengkonsumsi makanan tersebut diatas secara berlebihan.

  • Baru-baru ini :

    Inilah Mitos dan Fakta Tentang Wasir

    Siapa tidak kenal penyakit wasir atau ambeien. Jenis penyakit...

    Inilah 5 Makanan Sehat bagi Penderita Penyakit Vertigo

    Inilah 5 Makanan Sehat bagi Penderita Penyakit Vertigo –...

    Kenali Apa Itu Penyakit GERD, Penyebab dan Cara Pencegahannya

    Penyakit GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease merupakan penyakit yang...

    Ternyata Minyak Kelapa Ampuh Turunkan Resiko Penyakit Jantung

    Minyak Kelapa Ampuh Turunkan Resiko Penyakit JantungĀ  – www.herbaltv.co.id...

    Mitos dan Fakta Tentang Usus Buntu

    Penyakit radang usus buntu merupakan salah satu penyakit yang...