Makanan Untuk Penderita Radang Usus Buntu Paling Aman Dikonsumsi

Makanan untuk penderita radang usus buntu perlu untuk diperhatikan mengingat kondisi usus yang tidak begitu bekerja dengan optimal. Saat seseorang mengalami penyakit radang usus buntu, maka orang tersebut biasanya akan mengalami gejala-gejala yang tidak nyaman seperti terasa sakit yang teramat sangat dibagian kanan perut, nafsu makan berkurang, sembelit, perut membengkak dan lain sebagainya. Maka dari itu, orang yang terkena radang usus buntu biasanya akan memilah makanannya secara teliti karena bila salah menentukan makanan, maka hal tersebut akan membuat penyakit radang usus buntu semakin parah. Makanan-makanan berikut ini harus tetap dikonsumsi terutama bila telah melakukan prosedur operasi agar cepat sembuh.

Makanan Untuk Penderita Radang Usus Buntu Paling Aman Dikonsumsi

Makanan Untuk Penderita Radang Usus Buntu

Nah, bagi anda yang telah terlanjur menderita penyakit radang usus buntu, berikut ini beberapa makanan yang dapat anda konsumsi secara aman :

1. Makanan Dengan Tekstur Yang Lunak

Bagi anda yang sedang menderita penyakit radang usus buntu, maka sebaiknya anda mulai mengonsumsi jenis makanan yang memiliki tekstur yang lunak. Hal ini tentu untuk mempermudah kerja usus sehingga tidak akan memberatkannya. Makanan lunak bisa mencegah radang usus buntu semakin parah. Makanan yang memiliki tekstur lunak juga diharapkan dapat menghindarkan penderita radang dari penumpukan feses karena sembelit. Adapun makanan yang bisa dipilih diantaranya ialah bubur oatmeal, bubur nasi, sup, telur rebus, tahu, kentang lembut dan masih banyak lagi.

2. Buah-Buahan

Meskipun anda sedang terkena penyakit radang usus buntu, kebutuhan nutrisi harian harus tetap dicukupi. Kebutuhan nutrisi harian ini dapat dipenuhi dengan mengonsumsi buah-buahan yang cocok untuk penyakit radang usus buntu. Selain mengandung nutrisi yang kaya, buah-buahan juga biasanya mengandung senyawa antiinflamasi dan antioksidan yang dapat membantu tubuh mempercepat pemulihan luka dan menyembuhkan radang. Konsumsilah buah yang tidak bersifat asam.

3. Makanan Tinggi Kolagen

Kolagen sendiri merupakan jaringan kumpulan dari protein yang terdapat hampir diseluruh tubu. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen tinggi, maka tubuh akan lebih cepat pulih dan otot-otot yang ada pada usus pun akan lebih kuat.

4. Sayur-Sayuran

Sayur-sayuran tidak diragukan lagi khasiatnya bagi kesehatan tubuh. Selain dapat melancarkan saluran cerna, sayuran juga biasanya mengandung antioksidan, antiinflamasi dan antiradang yang sangat baik untuk mempercepat penyembuhan penyakit radang usus buntu.

Selain mengonsumsi berbagai makanan diatas, kamu juga sangat disarankan untuk memperbanyak minum air putih untuk meringankan kinerja usus dan mencegah sembelit.

herbaltv
Diposkan dalam kategori Informasi Kesehatan, Penyakit, tanggal June 26, 2018
  • Baru-baru ini :

    Cara Buat Warna Bibir Cerah Alami dengan Buah-buahan

    Cara Buat Warna Bibir Cerah Alami – www.herbaltv.co.id –...

    Kenali Aktifitas yang Bisa Meningkatkan Resiko Kanker Serviks

    Aktifitas yang Bisa Meningkatkan Resiko Kanker Serviks – www.herbaltv.co.id...

    Bingung Cara Menambah Berat Badan, Ini Tipsnya

    Cara Menambah Berat Badan – Tahukah Anda, dimana sebagaian...

    5 Tanaman Obat Yang Dapat Menurunkan Asam Lambung

    5 Tanaman Obat Yang Dapat Menurunkan Asam Lambung –...

    Mengenal Manfaat Vitamin D Untuk Mencegah Diabetes dan Jantung

    Mengenal Manfaat Vitamin D Untuk Mencegah Diabetes dan Jantung ...