Inilah Deretan Makanan Untuk Tekanan Darah Rendah

Pada umumnya, masyarakat biasanya lebih waspada terhadap kondisi tekanan darah tinggi atau hipertensi daripada hipotensi atau tekanan darah rendah. Memang, kondisi darah tinggi pada seseorang bisa mengakibatkan banyak komplikasi dari mulai penyakit jantung, stroke, dan masih banyak lagi. Namun, efek dari tekanan darah rendahpun tidak bisa disepelekan karena selain bisa mengganggu kegiatan sehari-hari, penyakit tekanan rendah juga bisa mengakibatkan penyakit yang lebih serius kedepannya.

makanan untuk tekanan darah rendah

Orang yang disebut memiliki tekanan darah rendah biasanya adalah orang yang memiliki tekanan darah dibawah 90/60 mmHg. Mereka yang memiliki tekanan darah dibawah rata-rata seringkali mengalami gejala-gejala seperti mual-mual, pandangan menjadi buram, kepala menjadi pusing dan bahkan bisa mengalami pingsan.

Ada banyak penyebab yang bisa membuat seseorang terkena tekanan darah rendah mulai dari kurangnya cairan dalam tubuh, gula darah terlalu rendah, efek samping obat-obatan tertentu, kehilangan darah yang cukup banyak, diet, kehamilan kembar, dan masih banyak lagi. Bagi anda yang terkena penyakit tekanan darah rendah, sangat disarankan untuk memperbanyak minum air putih. Hal ini karena dehidrasi bisa memperburuk kondisi tekanan darah rendah. Selain meminum air putih yang cukup, anda juga disarankan untuk mengonsumsi jenis-jenis makanan untuk tekanan darah rendah berikut ini.

1. Makanan dengan Asam Folat

Dengan mencukupi kebutuhan asam folat pada tubuh, maka kemungkinan terkena darah rendah akan semakin mengecil. Hal ini disebabkan karena kurangnya asupan asam folat pada tubuh dapat membuat tekanan darah menjadi rendah. Konsumsi makanan yang kaya akan asam folat seperti hati, asparagus, kacang-kacangan dan masih banyak lagi.

2. Makanan Dengan Kandungan Vitamin B-12

Selain mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan asam folat, penderita tekanan darah rendah juga sangat disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin B-12. Hal ini karena vitamin B-12 dapat menstabilkan produksi darah sehingga tekanan darahpun bisa terjaga dengan baik. Untuk mendapatkan sumber vitamin B-12 yang berkualitas, anda bisa mendapatkannya dari daging sapi maupun dari telur.

3. Garam

Hal ini merupakan kebalikan dari penderita tekanan darah tinggi. Ya, penderita tekanan darah rendah bisa menambahkan beberapa garam kedalam makanannya. Hal ini karena garam bisa menaikkan tekanan darah rendah menjadi normal secara alami. Namun, jangan sampai terlalu banyak mengonsumsi makanan asin dan bergaram, karena bisa berbahaya juga.

4. Kafein

Meskipun masih banyak diperdebatkan, namun kafein bisa menjadi salah satu alternatif untuk menambah tekanan pada darah. Hal ini karena kafein yang biasa terdapat pada kopi dan teh bisa merangsang sistem pada kardiovaskular sehingga bisa meningkatkan tekanan darah anda.

Nah itulah beberapa makanan yang bisa digunakan untuk membantu menaikkan tekanan darah anda. Namun jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter anda sebelum memutuskan untuk memperbanyak konsumsi makanan tersebut.

Inilah Deretan Makanan Untuk Tekanan Darah Rendah Inilah Deretan Makanan Untuk Tekanan Darah Rendah
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Pada umumnya, masyarakat biasanya lebih waspada terhadap kondisi tekanan darah tinggi atau hipertensi daripada hipotensi atau tekanan darah rendah. Memang, kondisi darah tinggi pada seseorang bisa mengakibatkan banyak komplikasi dari mulai penyakit jantung, stroke,...
Gaya Hidup Informasi Kesehatan Makanan Sehat - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *