Makanan Yang Baik Untuk Penderita Penyakit Ginjal

Seseorang yang menderita penyakit ginjal harus lebih selektif dalam memilih makanan yang akan masuk kedalam tubuhnya. Makanan sehat sangatlah dianjurkan bagi para penderita penyakit ginjal. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang beberapa makanan yang sangat direkomendasikan untuk para penderita penyakit ginjal. Beberapa makanan yang mengandung antioksidan pada dasarnya baik untuk penderita penyakit ginjal, terutama makanan yang mengandung senyawa anti inflamasi. Berikut ini beberapa makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit ginjal.

Makanan Yang Baik Untuk Penderita Penyakit Ginjal

1. Kubis

Makanan kubis merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat mudah ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia. Kubis diketahui memiliki senyawa fitokimia yang dapat menangkal radikal bebas. Sayuran ini juga sangat baik untuk dikonsumsi penderita penyakit ginjal dan mereka yang menderita penyakit kardiovaskular lainnya. Sayuran ini memiliki kandungan serat yang tinggi. Selain itu, kubis juga mengandung berbagai macam vitamin seperti vitamin K, C, B6 dan juga asam folat. Kandungan tersebut baik untuk dikonsumsi penderita penyakit ginjal.

2. Bawang Putih

Sudah menjadi rahasia umum kalau bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi didalamnya. Bawang putih ini bisa dipadukan dengan kubis dan sayuran lainnya. Untuk proses diet dialisis, bawang putih bisa menjadi pilihan yang baik dalam menambah rasa.

3. Buah Apel

Untuk keperluan diet dialisis, satu buah apel mangandung 0 gram sodium, mengandung 158 mg potasium dan juga 10 gram fosfor. Selain itu, apel juga kaya akan serat dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Buah apel juga diketahui memiliki senyawa anti-inflamasi.

4. Ikan

Makanan superfood yang baik untuk penderita penyakit ginjal diantaranya ialah ikan. Makanan ini memiliki kandungan omega-3 yang cukup tinggi. Kandungan omega-3 sendiri sangat dibutuhkan oleh tubuh. Omega-3 dalam ikan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular lainnya.

5. Minyak Zaitun

Asam oleat merupakan senyawa anti-inflamasi yang bisa didapatkan dalam minyak zaitun. Selain itu, minyak zaitun juga memiliki kandungan polifenol dan antioksidan yang cukup tinggi. Hal ini membuat minyak zaitun sangat berguna untuk membantu melawan radikal bebas.

Adapun makanan lainnya yang dapat dikonsumsi oleh penderita penyakit ginjal diantaranya adalah putih telur, anggur merah, buah cranberry, buah berry dan juga cherry.

Baca Juga3 Obat Tradisional Batu Ginjal Alami Terbaik

Makanan Yang Baik Untuk Penderita Penyakit Ginjal Makanan Yang Baik Untuk Penderita Penyakit Ginjal
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Seseorang yang menderita penyakit ginjal harus lebih selektif dalam memilih makanan yang akan masuk kedalam tubuhnya. Makanan sehat sangatlah dianjurkan bagi para penderita penyakit ginjal. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang beberapa...
Berita - by ,
4 / 5 stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *