Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penyakit Maag dan Pantangannya

Bila anda terkena sakit maag atau gastritis, maka anda wajib menjaga pola makan yang baik untuk meminimalisir kambuhnya penyakit tersebut. Penyakit maag sendiri merupakan suatu peradangan yang terjadi pada lapisan mukosa di lambung. Biasanya penyakit ini muncul saat seseorang tidak memiliki pola makan yang tidak teratur sehingga lama kelamaan fungsi lambungpun terganggu. Penderita maag sangat disarankan untuk menjalani diet lambung dengan mengonsumsi makanan untuk penyakit maag yang bisa membuat fungsi lambung menjadi lebih baik. Selain memakan makanan untuk penyakit maag yang baik, penderita gastritis juga sangat disarankan untuk menjauhi berbagai macam pantangan makanan sakit maag yaitu makanan pedas, makanan asam dan makanan yang dapat memicu kenaikan asam lambung.

Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penyakit Maag dan Pantangannya

Dengan menjalankan pola makan diet lambung, maka penderita maag dapat menetralisir kelebihan asam lambung dalam tubuhnya sekaligus meringankan pekerjaan saluran pencernaanya. Di lain pihak, diet lambung juga bisa menambah asupan gizi yang seimbang dan adekuat. Pada dasarnya, makanan yang baik untuk kesehatan lambung adalah makanan yang mudah untuk dicerna serta memiliki bentuk lunak. Selain itu cara pengolahannya ialah dengan direbus, dikukus, ditumis dan dipanggang. Kurangi makan gorengan apalagi makanan yang terlalu panas atau dingin serta bertekstur keras.

Makanan Untuk Penyakit Maag

Berikut ini beberapa makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita maag serta beberapa yang harus dihindari :

1. Sumber Karbohidrat

Untuk sumber karbohidrat utama, sebenarnya kamu bisa mengonsumsi nasi seperti biasa namun jangan lupa untuk mengunyahnya sampai halus saat memakannya. Selain nasi, kamu juga dapat mengonsumsi sumber karbohidrat lain seperti bubur beras, kentang, jagung, ubi, bubur roti gandum, havermout dan juga sereal. Adapun beberapa sumber karbohidrat yang harus dibatasi oleh penderita maag adalah jenis mie, beras ketan, dan berbagai jenis kue.

2. Sumber Protein

Protein merupakan zat penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Maka dari itu, penderita maag juga harus mencukupi asupan protein hariannya. Untuk sumber protein yang dianjurkan dikonsumsi penderita maag adalah tahu, tempe, daging tanpa lemak, kedelai, ikan, susu low fat, putih telur dan juga kacang hijau. Adapun sumber protein yang harus dibatasi diantaranya ialah sarden serta kuning telur. Untuk pantangan sumber protein bagi penderita maag atau gastritis diantaranya ialah jeroan, lemak/gajih, susu full cream, seafood, daging berlemak, oncom, kacang merah, mete dan keju.

3. Sayur-Sayuran

Sayuran yang dianjurkan dikonsumsi oleh penderita maag ialah sayuran yang tidak menimbulkan gas seperti toge, kacang panjang, kangkung, bayam, tomat, mentimun, selada, wortel, buncis, kecipir dan lain sebagainya. Sedangkan sayuran yang bisa menimbulkan gas harus dihindari. Sayuran tersebut diantaranya ialah sawi, kembang kol, kol, nangka muda, lobak dan sayur yang belum diolah.

4. Buah

Buah-buahan yang bagus untuk dikonsumsi penderita maag diantaranya adalah buah apel, buah pepaya, buah jambu, buah alpukat, buah pisang dll. Adapun pantangannya diantaranya adalah buah yang bisa menimbulkan gas serta memiliki kandungan lemak yang tinggi seperti manisan buah, nangka, durian dan buah nanas.

Selain makanan diatas, ada juga beberapa bumbu yang harus dihindari penderita gastritis seperti santan kental, gorengan, merica, cabe, acar dan cuka.

herbaltv
Diposkan dalam kategori Informasi Kesehatan, Penyakit, tanggal March 21, 2018
  • Baru-baru ini :

    Tips Memilih Bantal Yang Sehat Untuk Tidur

    Tidur merupakan rutinitas alami yang tidak boleh terlewatkan setiap...

    Inilah Mitos dan Fakta Tentang Wasir

    Siapa tidak kenal penyakit wasir atau ambeien. Jenis penyakit...

    Inilah 9 Makanan Sumber Probiotik Untuk Kesehatan

    Dalam tubuh manusia, terdapat dua jenis bakteri yaitu bakteri...

    5 Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

    Darah tinggi atau dikenal sebagai hipertensi merupakan penyakit yang...

    Wajib Tahu Minuman Sehat Penangkal Flu dan Demam

    Minuman Sehat Penangkal Flu dan Demam  – www.herbaltv.co.id –...