Manfaat Pisang Raja Untuk Penderita Maag

Siapa tidak kenal pisang? Pisang merupakan salah satu jenis buah-buahan yang sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia. Selain kaya gizi dan nutrisi, buah pisang ternyata juga sering dimanfaatkan sebagai obat-obatan. Salah satu jenis penyakit yang diyakini dapat membaik dengan buah pisang adalah penyakit maag. Adapun jenis pisang yang telah terbukti dapat membantu menyembuhkan penyakit maag adalah buah pisang raja. Pisang ini memiliki nama latin Musa Xparadisia AAB yang berdasarkan salah satu penelitian Iis Wahyuningsih di Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan disebutkan bahwa tablet serbuk buah pisang raja mampu mengatasi atau menyembuhkan luka pada lambung tikus percobaannya.

pisang untuk maag

Manfaat Pisang Untuk Maag

Pisang raja merupakan alternatif pengobatan maag atau tukak lambung yang efektif dikarenakan jenis pisang ini memiliki ekstrak etanol didalamnya. Ekstrak etanol pada buah pisang diketahui mampu meningkatkan jumlah eiconosoids. Apa sebenarnya eiconosoids? Ini merupakan salah satu senyawa yang sangat mirip dengan salah satu obat maag populer yaitu prostaglandin. Senyawa ini bersifat anti tukak yang dapat menetralkan asam lambung dan juga mempercepat penyembuhan luka yang ada pada lambung. Selain memiliki senyawa etanol yang dapat meningkatkan jumlah eiconosoids, pisang raja juga diketahui dapat melapisi lambung yang sedang terluka sehingga akan melindungi lambung dari kerusakan yang lebih jauh.

Diketahui, daging pisang raja dapat membantu mempertebal permukaan saluran pencernaan. Hal ini karena daging pisang dapat merangsang adanya pembentukan lendir perlindungan pada lambung sehingga erosi lambung akibat asam akan terhindari. Hebatnya lagi, buah pisang raja juga dapat membantu mempercepat pemulihan luka lambung. Hal ini terjadi karena senyawa dalam pisang raja mampu memengaruhi proses pada pembelahan sel jaringan luka.

Kemampuan daging buah pisang dalam hal melindungi luka lambung dan mempercepat proses penyembuhan lukanya sangatlah luar biasa. Kedepannya ini bisa dikembangkan menjadi obat alami tukak lambung dan bisa diolah hingga diambil ekstraknya saja. Berdasarkan penelitian diatas, kemampuan buah pisang melapisi dan melindungi luka lambung hampir sama baiknya dengan obat jenis sulfakrat. Jadi bagi anda yang sedang menderita maag atau tukak lambung, anda bisa menjadikan buah pisang raja sebagai pertolongan pertama anda. Selain aman untuk dikonsumsi, buah pisang raja juga memiliki rasa yang nikmat.

herbaltv
Diposkan dalam kategori Informasi Kesehatan, Penyakit, tanggal April 12, 2018
  • Baru-baru ini :

    Beberapa Penyebab Demam Berulang Pada Anak Dan Cara Mengatasinya

    Herbal TV –¬†Beberapa Penyebab Demam Berulang Pada Anak Dan...

    Penyebab Menstruasi Nyeri yang Tidak Tertahankan

    Penyebab Menstruasi Nyeri yang Tidak Tertahankan¬† – www.herbaltv.co.id –...

    Awas Ini Penyebab Jamur Kuku Pada Kaki dan Cara Mengobatinya

    Penyebab Jamur Kuku Pada Kaki dan Cara Mengobatinya –...

    Pertolongan Pertama Pada Ambeien Yang Harus Kamu Ketahui!

    Saat pertama kali menyadari bahwa telah terkena penyakit ambeien,...

    Mengenal Anatomi dan Fisiologi Mata Secara Lengkap

    Anatomi dan fisiologi mata merupakan hal yang penting untuk...